Perbedaan Penggunaan Either dan Neither dalam Bahasa Inggris

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Hello English learners! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata either dan neither, bukan? Kedua kata ini memang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, tapi seringkali membuat kita bingung karena penggunaannya yang tidak selalu sama dalam setiap konteks.

Tapi teman-teman nggak perlu khawatir lagi sekarang. Di akhir artikel ini kamu akan memahami cara menggunakannya dengan benar secara grammar. Karena dalam artikel kali ini kita akan membahas tuntas materi ini dari perbedaan penggunaan “either” dan “neither”, fungsi dalam kalimat sampai masing-masing contoh dari keduanya.

Jadi, yuk simak penjelasan materi ini dengan baik ya!

 

Apa itu Either?

Either digunakan ketika kita memilih salah satu dari dua pilihan yang ada. Jadi, kalau kita mau mengeskpresikan sesuatu ketika kita setuju atau memilih antara dua pilihan, gunakanlah kata either. Dengan kata lain either bersifat positif dan tidak menciptakan negasi dalam kedua pilihan.

Perhatikan contohnya ini.

  • Do you want to have lunch at the caffe or at the park? Either one sounds good to me. (Mau makan siang di kafe atau di taman? Keduanya enak buat aku.)

Dalam contoh kalimat di atas, si pembicara memberikan dua pilihan, yaitu makan di kafe atau di taman. Si pendengar memilih untuk memilih salah satunya, namun tidak memberikan negasi pada pilihan yang tidak dipilih.

 

Apa itu Neither?

Sementara itu, Neither memiliki arti kata yang biasanya digunakan dalam situasi ketika ada dua pilihan, tetapi kita tidak memilih salah satunya. Dalam arti lain, “neither” digunakan ketika kita tidak setuju atau tidak memilih antara dua pilihan yang diberikan. Misalnya seperti dalam kalimat contohnya di bawah ini.

  • I asked her whether she preferred tea or coffee, but she said neither. “(Aku nanya dia mau minum teh atau kopi, tapi dia bilang nggak suka keduanya.)

Dalam contoh kalimat di atas, si pembicara memberikan dua pilihan, yaitu teh atau kopi. Namun, si pendengar tidak setuju dengan kedua pilihan tersebut dan memilih untuk tidak memilih salah satunya. Dalam hal ini, kata

digunakan untuk menciptakan negasi dalam kedua pilihan yang ada.

Perbedaan either dan neither

 

Fungsi Either dan Neither dalam Kalimat

Either dan neither memiliki fungsi tersendiri dalam kalimat bahasa Inggris sesuai dengan kaidah dalam penggunaan grammar.

1. Either dan Neither Sebagai Pronoun

Pronoun merupakan kata ganti dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menggantikan kata benda atau nama. Either dan neither dapat digunakan sebagai pronoun untuk menggantikan dua kata benda atau nama. Misalnya seperti contoh berikut.

  •  Do you want either of these two cakes? (Apakah kamu ingin salah satu dari dua kue ini?)
  •  Neither of them is suitable for me. (Tidak ada satu pun yang cocok untuk saya.)
  • Do you want to go to the beach or the mountains? Either sounds good to me! (Kamu ingin pergi ke pantai atau gunung? Keduanya terdengar baik untuk saya!)

2. Either dan Neither Sebagai Adjective

Adjective merupakan kata sifat dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menjelaskan atau memberikan keterangan pada kata benda. Either dan neither dapat digunakan sebagai adjective untuk menjelaskan dua hal atau lebih. Bisa kita lihat dari contoh kalimat di bawah ini.

  • You can take either book from the shelf. (Kamu bisa mengambil salah satu dari dua buku yang ada di rak.)
  • Neither option is good for me. (Tidak ada satu pun pilihan yang baik untuk saya.)
  • You can take either route to get there, but one is shorter than the other. (Kamu bisa memilih jalur mana pun untuk sampai ke sana, tapi salah satu lebih pendek dari yang lain.)

3. Either dan Neither Sebagai Conjunction

Conjunction merupakan kata penghubung dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menghubungkan dua klausa atau lebih dalam satu kalimat. Either dan neither dapat digunakan sebagai conjunction untuk menghubungkan dua pilihan atau opsi. Simak contohnya berikut ini.

  • You can either come with me or stay here. (Kamu bisa ikut bersama saya atau tinggal di sini.)
  • Neither John nor Jane can attend the party. (Tidak ada John ataupun Jane yang bisa datang ke pesta.)
  • Neither the coffee nor the tea is hot enough for me. (Baik kopi maupun teh tidak cukup panas untuk saya.)

4. Either dan Neither Sebagai Determiner

Determiner merupakan kata penentu dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menentukan kata benda yang diikuti. Either dan neither dapat juga digunakan sebagai determiner untuk menunjukkan dua pilihan atau opsi. Berikut contohnya dalam kalimat.

  • You can choose either book to read. (Kamu bisa memilih salah satu dari dua buku untuk dibaca.)
  • Neither option is good for you. (Tidak ada satu pun pilihan yang baik untuk kamu.)
  • You can choose either sandwich for your lunch. (Kamu bisa memilih salah satu dari dua sandwich untuk makan siangmu.)

5. Either dan Neither Sebagai Adverb

Adverb merupakan kata keterangan dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada kata kerja atau kata sifat. Either dan neither dapat digunakan sebagai adverb untuk memberikan keterangan pada kata kerja. Yuk, kita lihat contohnya berikut ini.

  • I can’t decide either. (Saya juga tidak bisa memutuskan.)
  • He doesn’t like neither of the options. (Dia tidak suka dengan kedua pilihan tersebut.)
  • He can’t decide which shirt to wear, neither of them seems to fit well. (Dia tidak bisa memutuskan baju mana yang akan dipakai, keduanya sepertinya tidak pas.)

Jadi, setelah kita membaca penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa kata neither dan either memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada bagaimana dan di mana kata-kata tersebut digunakan dalam kalimat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami dan mengerti betul penggunaannya dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, kita bisa menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat dan efektif dalam percakapan sehari-hari atau pun dalam komunikasi bisnis.

Baca Juga: Pengertian Dan Fungsi Conjunction

 

Perbedaan Either Or dan Neither Nor

Selain either dan either ada lagi ekpresi either or dan neither nor. Bingung juga antara penggunaan either or dan neither nor? Kedua konstruksi ini memang sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk menyatakan pilihan atau pembatalan. Namun, tahukah kamu bahwa keduanya memiliki arti yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang berbeda? Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut perbedaan antara “Either Or” dan “Neither Nor”.

Penggunaan “Either Or”

“Either Or” digunakan untuk menyatakan pilihan dari dua hal atau lebih. Ini menunjukkan bahwa pilihan-pilihan tersebut sama-sama mungkin dan memiliki hasil yang sama. Penggunaan “Either Or” seringkali digunakan dalam kalimat tanya atau kalimat pernyataan.

Contoh penggunaan “Either Or” dalam kalimat tanya:

  • Do you prefer pizza or burgers for dinner tonight? (Apakah Kamu lebih suka pizza atau burger untuk makan malam?)
  •  (Apakah kamu ingin pergi ke bioskop atau tinggal di rumah?)

Contoh penggunaan “Either Or” dalam kalimat pernyataan:

  • She can either drive or take the train to visit her grandparents. (Dia bisa mengemudi atau naik kereta untuk mengunjungi kakek-neneknya)
  • You can either choose the red shirt or the blue one. (Kamu bisa memilih kemeja merah atau biru.)

Penggunaan “Neither Nor”

“Neither Nor” digunakan untuk menyatakan bahwa dua hal atau lebih tidak terjadi atau tidak benar. Ini memiliki arti negatif dan menunjukkan bahwa kedua pilihan tersebut sama-sama tidak mungkin atau tidak benar. “Neither Nor” juga sering digunakan dalam kalimat tanya atau kalimat pernyataan.

Contoh penggunaan “Neither Nor” dalam kalimat tanya:

  • Would you like to eat sushi or seafood? – Neither, I am a vegetarian. (Apakah kamu ingin makan sushi atau seafood? – Tidak, saya seorang vegetarian.)
  • Did you go to the party last night? – Neither the party nor the after-party. (Apakah kamu pergi ke pesta semalam? – Tidak, baik pesta maupun after-party.)

Contoh penggunaan “Neither Nor” dalam kalimat pernyataan:

  • Neither the rain nor the snow will stop us from going on a hike. (Baik hujan maupun salju tidak akan menghentikan kami untuk mendaki.)
  • I have neither the time nor the patience for this kind of behavior. (Saya tidak punya waktu atau kesabaran untuk perilaku seperti ini.)

Dalam bahasa Inggris, “Either Or” dan “Neither Nor” memiliki arti yang berbeda dan digunakan dalam situasi yang berbeda. “Either Or” digunakan untuk menyatakan pilihan dari dua hal atau lebih, sedangkan “Neither Nor” digunakan untuk menyatakan bahwa dua hal atau lebih tidak terjadi atau tidak benar. Oleh karena itu, penting untuk memahami perbedaan antara keduanya agar dapat menggunakan konstruksi tersebut dengan tepat dan efektif dalam percakapan bahasa Inggris.

 

Contoh Kalimat Either dan Neither

Setelah kamu tahu dan mengerti pengertian, penggunaan dan perbedaan either dan neither.  Agar kamu semakin paham lagi dengan materi ini. Simak lagi beberapa contohnya lengkap dengan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia di bawah ini.

Contoh kalimat Either

  • Either Alice or Bob will come to the party tonight. (Entah Alice atau Bob yang akan datang ke pesta malam ini.)
  • We can either go to the beach or the park for a picnic. (Kita bisa pergi ke pantai atau taman untuk piknik.)
  • You can either take the bus or walk to the station. (Kamu bisa naik bus atau jalan kaki ke stasiun.)
  • I don’t know either of them. (Saya tidak mengenal keduanya.)
  • Either you finish the task or I will find someone else to do it. (Entah kamu menyelesaikan tugas atau saya akan mencari orang lain untuk melakukannya.)
  • Either the red or blue shirt will match with your pants. (Entah kemeja merah atau biru yang akan cocok dengan celanamu.)
  • You can either eat pizza or pasta for dinner. (Kamu bisa makan pizza atau pasta untuk makan malam.)
  • Either the book or the movie will tell you the whole story. (Entah buku atau film yang akan memberitahumu cerita selengkapnya.)
  • You can either stay at home or go out with your friends tonight. (Kamu bisa tinggal di rumah atau pergi bersama temanmu malam ini.)
  • Either we take action to address climate change now or we will suffer the consequences in the future – in my opinion, there’s no other choice. (Entah kita mengambil tindakan untuk mengatasi perubahan iklim sekarang atau kita akan menderita konsekuensinya di masa depan – menurut pendapat saya, tidak ada pilihan lain.)

Contoh kalimat Neither

  • Neither of the options is appealing to me. (Tidak ada satu pun pilihan yang menarik bagi saya.)
  • Neither of us can swim well. (Tidak satupun dari kita yang bisa berenang dengan baik.)
  • Neither the blue nor the green dress suits her. (Tidak satupun dari gaun biru atau hijau yang cocok untuknya.)
  • Neither my father nor my mother likes spicy food. (Tidak satupun dari ayah atau ibuku menyukai makanan pedas.)
  • Neither the first nor the second solution solves the problem. (Tidak satupun dari solusi pertama atau kedua yang dapat menyelesaikan masalah.)
  • Neither the book nor the movie impressed me. (Tidak satupun dari buku atau film yang membuat saya terkesan.)
  • Neither John nor Mary can come to the meeting. (Tidak satupun dari John atau Mary yang bisa datang ke pertemuan.)
  • Neither of the sources provided reliable information about the cause of the fire, leaving investigators puzzled. (Tidak satu pun dari sumber yang memberikan informasi yang dapat diandalkan tentang penyebab kebakaran, membuat penyelidik bingung.)
  • Neither the black nor the white car is available at the moment. (Tidak satupun dari mobil hitam atau putih yang tersedia saat ini.)
  • Neither of the parties could come to an agreement on the terms of the contract, leading to a deadlock in negotiations. (Tidak ada pihak yang mencapai persetujuan mengenai persyaratan kontrak, yang menyebabkan kebuntuan dalam negosiasi.)

Pada dasarnya either and neither memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Either digunakan untuk menunjukkan pilihan antara dua hal yang berbeda, sedangkan neither digunakan untuk menunjukkan ketidaksetujuan atau ketidakmungkinan antara dua hal. Keduanya dapat digunakan dalam beberapa bentuk kalimat seperti kalimat negatif, positif, dan tanya. Namun, perlu diingat bahwa kesalahan penggunaan either dan neither dapat menyebabkan kesalahpahaman dalam komunikasi bahasa Inggris.

Untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, Fluentz menawarkan program kursus belajar bahasa Inggris yang dapat membantu kamu untuk lebih pede dalam berbahasa Inggris. Dengan metode NFP yang hanya menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas akan membuatmu praktik dengan maksimal. Karena praktik adalh kunci dalam belajar sebuah bahasa. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan kursus bahasa Inggris Fluentz sekarang.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎