Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Adjective Bahasa Inggris

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Apa itu adjective
“I feel that learning English is quite exciting”
“Halo English learners! Dalam komunikasi sehari-hari, pasti kamu pernah ditanyakan atau menanyakan tentang opini terhadap seseorang atau suatu benda, bukan? Biasanya, saat kita membahas sebuah pendapat, kebanyakan kita akan menjelaskannya menggunakan kata sifat atau dalam bahasa Inggris disebut adjective yang adalah bagian dari materi part of speech. Jenis-jenis kata sifat yang digunakan pun ada beberapa jenis, seperti yang ditunjukkan dalam contoh-contoh di bawah ini.
“This red car is expensive
“Taylor Swift is beautiful singer”
Dari contoh-contoh di atas, apakah kamu sadar bahwa memang kata sifat itu sangat penting? Ya, benar sekali! Tanpa adanya kata sifat, kita akan sangat kesulitan untuk menggambarkan seseorang atau suatu benda menurut pandangan kita.
Selain penting dalam komunikasi sehari-hari, kata sifat juga memiliki berbagai jenis dan cara penggunaannya dalam sebuah kalimat. Itulah sebabnya, dalam artikel ini saya akan membagikan tentang jenis-jenis dan cara penggunaannya dalam kalimat sesuai urutan dalam Bahasa Indonesia.
Jadi, mari kita mulai dengan mengenal apa pengertian kata sifat dan fungsinya terlebih dahulu.”

Pengertian dan Fungsi Adjective

Kita lanjut ke pembahasan pengertian atau definisi dan contoh adjective. Jadi, adjective adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan atau menambah kualitas atau karakteristik suatu noun (kata benda) atau pronoun (kata ganti). Adjective digunakan untuk menjelaskan atau menambah kualitas seperti warna, ukuran, bentuk, jumlah, dan lain-lain.
Dalam kalimat, adjective biasanya diletakkan sebelum noun atau pronoun yang diterangkan. Contohnya: “The red apple is delicious.” (Apel merah itu enak.) Dalam kalimat ini, adjective “red” menjelaskan warna dari noun “apple”.
Fungsi adjective dalam kalimat adalah untuk menambah informasi atau menjelaskan lebih detail tentang noun atau pronoun yang digunakan. Adjective membantu untuk menggambarkan noun atau pronoun dengan lebih detail, sehingga membuat kalimat lebih menarik dan mudah dipahami.
Macam-macam adjective

Jenis-jenis Adjective

Dalam adjectives sendiri terdapat 6 jenis utama, yaitu proper adjective, descriptive adjective, quantitative adjective, numeral adjective, demonstrative adjective, distributive adjectiveNah, untuk pemahaman yang lebih dalam lagi, ayo kita kaji bersama-sama tentang 6 jenis ini berikut contoh kalimatnya.

1. Proper Adjective

Kata sifat ini merupakan hasil turunan dari proper noun yaitu penggolongan kata benda secara spesifik untuk nama orang, tempat, dan benda dengan tambahan huruf di belakangnya. Seperti proper noun, proper adjective umumnya diawali dengan huruf kapital. Kata sifat ini berfungsi untuk mendeskripsikan manusia, tempat, dan benda sesuai dengan namanya.

Contohnya seperti kata “Indonesia” adalah proper noun karena menunjukkan ke nama sebuah negara. Jika dijadikan proper adjective, maka berubah menjadi Indonesian dengan tambahan huruf -ian di belakangnya.

Contoh dalam kalimat:

  • I went to Indonesia a week ago. (Saya pergi ke Indonesia seminggu yang lalu)
  • Indonesians are very friendly. (Orang Indonesia itu sangat ramah)

Kata Indonesia pada kalimat pertama adalah proper noun, sedangkan kata “Indonesian” adalah proper adjective karena menunjukkan untuk mendeskripsikan seseorang.

2. Descriptive Adjective

Kata sifat ini adalah kata sifat yang melukiskan sifat dan keadaan seseorang, hewan maupun benda.

Berikut contoh penggunaanya dalam kalimat:

  • I give you a red rose. (Saya memberimu setangkai bunga mawar merah)
  • I’m a handsome man. (Saya seorang pria tampan)
  • He is a diligent student. (Dia seorang siswa yang rajin)

3. Quantitative Adjective

Quantitative adjective merupakan kata sifat yang menunjukkan berapa banyak suatu benda yang speaker maksudkan. Adjective jenis ini membatasi setiap pemakaian kata benda pada benda serupa seperti kuantitas atau tingkatnya yang ditunjukkan oleh kata sifat. Misalnya: some, much, little, any, dll.

Contoh dalam kalimat:

  • I have some English materials to learn. (Saya mempunyai beberapa materi Bahasa Inggris untuk dipelajari)
  • Joko has little money. (Joko mempunyai uang sedikit)
  • He didn’t give me any chance. (Dia tidak memberi saya kesempatan apapun)

4. Numeral Adjective

Numeral Adjective adalah kata sifat yang menunjukkan berapa banyak benda dan kata sifat ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu definite numeral dan indefinite numeral.

Definite Numeral

Definite Numeral ini menerangkan jumlah yang spesifik atau angka pasti. Angka ini bisa berbentuk cardinal number atau ordinal number. Misalnya: one, two, three, first, second, third, dll.

Contoh dalam kalimat:

  • I buy three books today. (Saya membeli 3 buku hari ini)
  • Joko is the second son of Mr. Gunawan’s. (Joko adalah anak keduanya dari Pak Gunawan)
  • I eat three times every day. (Saya makan 3 kali setiap hari)

Indefinite Numeral

Indefinite Numeral ini menerangkan keterangan jumlah yang tidak spesifik atau bukan angka pasti. Misalnya: all, some, several, no, many, much, any, few, certain, dll.

Contoh dalam kalimat:

  • Marcel has some reasons to leave Sonya from now and forever. (Marcel memiliki beberapa alasan untuk meninggalkan Sonya dari sekarang dan selamanya)
  • The waiter pours much sugar on my tea. (Pelayan itu menuangkan banyak gula di teh saya)
  • Rihana tells me that she has several time to wait. (Rihanna mengatakan bahwa dia sudah beberapa lama menunggu)

Baca Juga: Pengertian Dan Fungsi Conjunction

5. Demonstrative Adjective

Demonstrative Adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu (benda atau orang) yang spesifik. Misalnya: this, that, these, those, such, dll.

Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • This is my suitcase. (Ini koper saya)
  • That is your bag. (Itu tasmu)
  • These are our dolls. (Ini semua boneka-boneka kita)
  • Those are their towels. (Itu semua handuknya)

6. Distributive Adjective

Kata sifat jenis ini bisa kamu gunakan untuk menunjukkan bahwa kata benda itu bermacam-macam atau sendiri-sendiri. Misalnya: each, every, either, dan neither.

Contoh dalam kalimat:

  • Each woman likes a romantic man. (Setiap wanita menyukai seorang lelaki yang romantis)
  • I study English every night. (Saya belajar Bahasa Inggris setiap malam)
  • You cannot drink either coffee or tea. (Kamu tidak boleh minum baik kopi maupun teh)

Adjective Order

Ketika kita ingin memberikan keterangan pada sebuah noun menggunakan lebih dari satu kata sifat bahasa Inggris, apakah kamu pernah kebingungan menentukan urutan menulisnya? Bisa kita lihat dari contoh frasa ini, kira-kira yang mana yang benar? “an expensive red American car” atau “a red expensive American car”?
Nah, ternyata itu semua ada panduan untuk membentuk kalimat atau frasa yang memiliki adjective atau kata sifat yang lebih dari 2. Hal ini biasa disebut dengan adjective order yang artinya adalah urutan dari adjective (kata sifat) dalam kalimat.
Urutan ini ditentukan berdasarkan tipe atau kategori adjective yang digunakan.

 

1. Opinion adjectives

Kata sifat pendapat adalah kata sifat yang mengekspresikan pendapat subjektif, seperti beautiful, ugly, nice, dll. Kata sifat ini harus diletakkan sebagai kata sifat pertama dalam kalimat.

Contoh: “The beautiful red rose”

2. Size adjectives

Size adjective adalah kata sifat yang mengekspresikan ukuran suatu objek, seperti big, small, tall, dll. Kata sifat ini harus diletakkan setelah kata sifat pendapat.

Contoh: “The big red rose”

3. Shape adjectives

Kata sifat bentuk adalah kata sifat yang mengekspresikan bentuk suatu objek, seperti round, square, dll. Kata sifat ini harus diletakkan setelah kata sifat ukuran.

Contoh: “The round red rose”

4. Age adjectives

Age adjectives adalah kata sifat yang mengekspresikan usia suatu objek, seperti old, new, young, dll. Kata sifat ini harus diletakkan setelah kata sifat bentuk.

Contoh: “The old red rose”

5. Color adjectives

Kata sifat warna adalah kata sifat yang mengekspresikan warna suatu objek, seperti red, blue, green, dll. Kata sifat ini harus diletakkan setelah kata sifat usia.

Contoh: “The red big rose”

6. Origin adjectives

Kata sifat asal adalah kata sifat yang mengekspresikan asal suatu objek, seperti American, Chinese, French, dll. Kata sifat ini harus diletakkan setelah kata sifat warna.

Contoh: “The American red big rose”

7. Material adjectives

Kata sifat material adalah kata sifat yang mengekspresikan bahan suatu objek, seperti wooden, plastic, silk, dll. Kata sifat ini harus diletakkan setelah kata sifat asal.

Contoh: “The wooden American red big rose”

Perlu diingat bahwa kata sifat tidak harus digunakan dalam urutan ini, dan tidak semua kata sifat harus digunakan dalam satu kalimat. Namun, mengikuti urutan ini dapat membuat kalimat lebih mudah dipahami. Tetap pelajari macam-macam adjective dan urutan adjective ini. Karena sering kali soal-soal yang terkait hal ini muncul di ujian-ujian bahasa Inggris umum.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang pengertian adjective dan penggunaan adjective dalam bahasa Inggris ini, yang merupakan bagian penting dalam pembentukan kalimat. Dan bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, harus membuat program belajar yang jelas. Di era sekarang kamu bisa belajar secara mandiri di rumah dengan sumber-sumber gratis yang bisa kamu dapatkan di internet. Namun memang kalau kamu ingin belajar dan ada yang mendampingi, kamu harus punya tutor yang akan membantumu di semua hal.

Jadi, kamu bisa mulai mencari kursus bahasa Inggris online terbaik di kotamu. Kenapa online? Karena bagi saya belajar online lebih simple dan flexible. Salah satu Lembaga yang menyediakan hal tersebut adalah Fluentz. Lembaga ini memiliki metode yang membuat kamu aktif di kelas, karena tutor hanya menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas. Intinya kamu fokus pada exposure dan practice untuk mencapai tingkat level “fluent”.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website Fluentz dengan mengklik link ini.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎