Perbedaan Will dan Going To dalam Future Tense

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Perbedaan will dan going to
You need to bring umbrella, I think it will rain later.

Ketika kita belajar bahasa Inggris, ada beberapa hal penting yang harus kita kuasai terlebih dahulu untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik. Salah satunya adalah grammar. Tata bahasa dalam bahasa Inggris berbeda dengan tata bahasa dalam bahasa Indonesia. English grammar terasosiasi dengan waktu. Misalnya ketika kita mau membicarakan tentang masa lampau, simple past tense yang digunakan. Ketika kita mau menjelaskan kegiatan sehari-hari kita, tentu simple present tense yang digunakan. Nah, kalau kita mau menjelaskan aksi yang akan terjadi masa yang akan datang, future tense lah yang dipakai.

Future tense sendiri terbagi 4 tenses yang akan dijelaskan lebih detail di bawah ini. Di dalamnya ada pembahasan yang sering membingungkan orang terkait penggunaanya. Yaitu tentang penggunaan dan perbedaan will dan going to. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membedah hal tersebut agar nanti kalian paham dan bisa menggunakannya dalam conversation dengan baik. Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian dan Penggunaan Future Tense

Future tense atau bentuk waktu masa depan adalah suatu bentuk tata bahasa yang digunakan untuk menyatakan tindakan, keadaan, atau peristiwa yang akan terjadi di masa depan. Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa bentuk future tense yang digunakan, dan semuanya memiliki makna yang sama, namun disamping persamaan maknanya, ada sedikit perbedaan penggunaan ke empat tenses future tense tersebut, tergantung konteks dan situasi percakapannya. yaitu:

1. Simple future tense:

Simple future tense ini mungkin yang paling sering digunakan dari pada future tense yang lain. Dan tenses ini digunakan untuk menyatakan tindakan yang akan terjadi di masa depan tanpa ada pengaruh dari tindakan yang sedang berlangsung atau telah berlalu.

Contoh penggunaannya:

  • I will go to the beach tomorrow. (Saya akan pergi ke pantai besok.)
  • She will learn how to type properly later. (Dia akan belajar mengetik dengan benar nanti.)
  • They will camp next week. (Mereka akan berkemah minggu depan.)

2. Future continuous tense

Ketika sebuah tenses ada kata continuous-nya sudah pasti untuk menyatakan tindakan yang sedang berlangusng. Namun future continuous tense ini digunakan untuk menyatakan tindakan yang akan sedang berlangsung di waktu tertentu di masa depan.

Contoh penggunaannya:

  • I will be studying for my exam tomorrow evening. (Saya akan sedang belajar untuk ujian besok malam.)
  • They will be traveling to Japan this time next week. (Mereka akan sedang melakukan perjalanan ke Jepang pada waktu ini minggu depan.)
  • She will be taking a yoga class at 7 am tomorrow. (Dia akan sedang mengikuti kelas yoga jam 7 pagi besok.)

3. Future perfect tense

Future perfect tense digunakan untuk menyatakan tindakan yang akan sudah selesai di waktu tertentu di masa depan.

Contoh penggunaannya:

  • By next year, I will have graduated from university. (Pada tahun depan, saya akan sudah lulus dari universitas.)
  • They will have been married for 10 years by the end of this month. (Mereka akan sudah menikah selama 10 tahun pada akhir bulan ini.)
  • He will have completed the project by the end of the week. (Dia akan sudah menyelesaikan proyek tersebut pada akhir minggu.)

4. Future perfect continuous tense

Tenses ini digunakan untuk menjelaskan suatu kegiatan yang akan sudah berlangsung dalam jangka waktu tertentu dan akan selesai pada suatu waktu tertentu di masa depan.

Contoh penggunaannya:

  • They will have been living in the same house for a decade by the end of this year. (Mereka akan sudah tinggal di rumah yang sama selama satu dekade pada akhir tahun ini.)
  • By the time the party starts, we will have been cooking for 3 hours. (Saat pesta dimulai, kami akan sudah memasak selama 3 jam.)
  • I will have been learning Spanish for 2 years by the time I visit Spain next summer. (Saya akan sudah belajar bahasa Spanyol selama 2 tahun pada saat saya mengunjungi Spanyol musim panas depan.)

5. Present contiunous tense

Present continuous tense pada dasarnya digunakan untuk menyatakan tindakan yang sedang berlangsung pada waktu sekarang, namun dapat juga digunakan untuk menunjukkan suatu hal yang direncanakan atau kegiatan yang sudah diatur untuk dilakukan pada waktu dekat di masa depan. Dan rencana tersebut realistis dan lebih pasti.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan makna pada kalimat di bawah ini:

  • I am having dinner with my parents tonight. (Saya akan makan malam dengan orangtua saya malam ini.)
  • We are meeting at the airport at 10am tomorrow. (Kita akan bertemu di bandara jam 10 pagi besok.)
  • I am flying to Bali next week. (Saya akan terbang ke Bali minggu depan.)

Penggunaan future tense sangat penting dalam bahasa Inggris karena digunakan untuk menyatakan rencana, janji, atau prediksi tentang masa depan. Selain itu, future tense juga digunakan dalam penulisan resmi seperti surat atau dokumen bisnis, serta dalam wawancara kerja atau percakapan sehari-hari.

Baca Juga: Definisi Compound Sentence Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat

 

Penggunaan Will dan Going To

Kita menggunakan will dan be going to sama-sama memiliki arti untuk mengekspresikan waktu yang akan datang. Future tense biasa dilengkapi dengan modal auxiliary verb will, alias kata kerja bantu dalam bahasa Indonesia yang memiliki fungsi membantu kata kerja. Will juga bisa digantikan dengan be going to. Dalam konteks percakapan going to sering diucapankan gonna.

Struktur kalimat simple future tense adalah subject + will + base of a verb. Jika kalimatnya negatif maka subject + will not/ won’t + base of a verb. Dan kata bantu will bisa dibuat pendek dengan memakai apostrophe alias tanda petik tunggal, menjadi ‘ll.

Berikut contoh kalimatnya:

  • I’ll travel to Europe next summer. (Saya akan pergi ke Eropa musim panas depan.)
  • She won’t start her new job on Monday. (Dia tidak akan memulai pekerjaan barunya pada hari Senin.)
  • They will attend the concert next month. (Mereka akan menghadiri konser bulan depan.)

Sedangkan untuk simple future tense dengan going to, simplenya will diganti dengan be going to ditambah verb 1, dengan to be yang disesuaikan dengan subjeknya. Yaitu, subject + be going to+ base of a verb. Kalimatnya negatif maka subject + be + not + going to + base of a verb. Dan perlu ditekankan sekali lagi, kalau be going to diikuti dengan kata kerja kerja dasar (verb 1), selalu!

Berikut contoh kalimatnya:

  • I am going to study abroad next year. (Saya akan kuliah di luar negeri tahun depan.)
  • They are going to have a party this weekend. (Mereka akan mengadakan pesta akhir pekan ini.)
  • She is going to buy a new car next month. (Dia akan membeli mobil baru bulan depan.)

Kata will juga bisa diganti dengan shall, namun penggunaan shall dalam subjek I dan we masih biasa digunakan tapi tidak umum dalam American English. Kata shall lebih sering digunakan dalam British English.

Secara umum will dan going to memiliki tujuan yang sama dan kamu bisa menggunakan antara wiill dan going to dalam satu kalimat tanpa merubah arti. Yang paling penting adalah kamu harus tahu dulu apa yang mau katakan. Karena kadang penggunaan di salah satu lebih disarankan.

Nah, sekarang kamu harus perhartikan perbedaan beberapa situasi di bawah ini, sehingga kamu akan lebih paham yang mana (antara will dan going to) yang merupakan opsi terbaik untuk mengekspresikan tindakan di masa akan datang.

Penggunaan will dalam future tense

Kapan Kita Memakai Will?

Secara umum, will memiliki arti dan fungsi untuk mengekspresikan keputusan yang sifatnya spontan, sebuah prediksi, sebuah janji, memberikan ancaman dan memberikan penolakan. Untuk bisa membedakan penggunaannya, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membuat keputusan yang spontan

Ketika kita membuat keputusan yang sifatnya spontan atau tidak direncanakan, kamu bisa menggunakan simple future tense dengan will. Berikut beberapa contohnya.

  • I think I’ll listen to podcast that you told me yesteday. (Aku pikir aku akan mendengarkan podcast yang kamu bilang kemarin)
  • I’ll bring the book for you. (Aku akan membawakan bukunya untuk kamu.)

2. Membuat sebuah prediksi

Ketika kita pikir atau percaya suatu hal akan terjadi, kita bisa pakai future tense dengan will untuk mengekspresikannya.

  • Arsenal will win the league this season. (Arsenal akan memenangkan liga musim ini.)
  • You need to bring umbrella, I think it will rain later. (Kamu perlu membawa payung, aku pikir akan hujan nanti.)

3. Membuat sebuah janji, ancaman dan tawaran.

Kamu juga bisa menggunakan future tense dengan will ini untuk menawarkan sesuatu kepada seseorang, memberikan ancaman dan membuat sebuah janji. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat contoh di bawah ini.

  • I will buy you dinner tonight if you help me finish this project on time. (Saya akan membelikanmu makan malam hari ini jika kamu membantuku menyelesaikan proyek ini tepat waktu.) -Tawaran
  • I will always love and support you no matter what happens in our lives. (Saya akan selalu mencintaimu dan mendukungmu tidak peduli apa yang terjadi dalam hidup kita.) -Janji
  • If you continue to ignore my messages, I will have to take legal action against you. Jika kamu terus mengabaikan pesan-pesanku, saya akan harus mengambil tindakan hukum terhadapmu. -Ancaman
  • I will lend you my car for the weekend if you promise to drive safely and return it in good condition. (Saya akan meminjamkan mobilku padamu untuk akhir pekan jika kamu berjanji untuk berkendara dengan aman dan mengembalikannya dalam kondisi baik.) -Tawaran
  • I will make sure that your birthday celebration will be unforgettable and amazing. (Saya akan memastikan bahwa perayaan ulang tahunmu akan tak terlupakan dan luar biasa.) -Janji
  • If you don’t stop spreading rumors about me, I will expose your secrets to everyone. (Jika kamu tidak berhenti menyebarkan rumor tentangku, saya akan membuka rahasiamu kepada semua orang.) -Ancaman

4. Membuat sebuah penolakan

Kamu juga bisa menggunakan will dalam bentuk negatif dengan hanya menambahkan not, untuk menjelaskan kalau seseorang menolak melakukan suatu hal. Suapaya lebih simple, kamu bisa gunakan will not dalam bentuk yang singkat, yaitu won’t.

  • I won’t go to the party tonight because I have too much work to do. (Saya tidak akan pergi ke pesta malam ini karena saya memiliki terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan.)
  • She won’t lend me her car for the weekend, even though I really need it. (Dia tidak akan meminjamkan mobilnya untuk saya selama akhir pekan, meskipun saya sangat membutuhkannya.)
  • They won’t accept my proposal, no matter how much I try to persuade them. (Mereka tidak akan menerima proposal saya, apa pun yang saya lakukan untuk meyakinkan mereka.)
Penggunaan going to dalam future tense

Kapan Kita Memakai Going To?

Salah satu poin penting tentang going to adalah penggunaanya yang seringkali untuk membicarakan suatu hal yang akan terjadi dalam waktu dekat. Detailnya, kamu bisa lihat penggunaan bentuk going to dalam situasi-situasi berikut.

1. Ketika kita sudah membuat rencana

Saat kamu sudah membuat keputusan sebelum kamu mengatakannya, maka bentuk going to lah yang tepat untuk situasi seperti itu. Berikut contohya.

  • I am going to study hard for my final exam next week. (Saya akan belajar keras untuk ujian akhir minggu depan.)
  • They are going to watch a movie at the cinema tonight. (Mereka akan menonton film di bioskop malam ini.)
  • They are going to move to a new house next month. (Mereka akan pindah ke rumah baru bulan depan.)

2. Ketika sudah ada tanda yang jelas sesuatu akan terjadi

Dalam hal ini, sebuah tanda atau bukti akan suatu hal, maka kamu bisa menggunakan going to. Seperti hujan yang akan turun karena sudah mendung dan sedikit gerimis. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat dari beberapa contoh di bawah ini.

  • She’s going to quit his job and become an artist. (Dia akan mengundurkan diri dari pekerjaannya dan menjadi seorang seniman.)
  • I don’t feel well. I think I’m going to throw up. (Aku tidak enak badan. Sepertinya aku akan muntah.)
  • I think it’s going to rain cats and dogs. The sky is really dark. (Aku pikir akan turun hujan deras. Langitnya begitu gelap.)

3. Ketika suatu hal akan segera terjadi

Saat kamu ingin mengekspresikan sesuatu hal yang akan segera terjadi, maka kamu bisa menggunakan bentuk going to ini.

  • Watch out! The train is going to run. (Hati-hati! Keretanya mau jalan.)
  • Wait, I’m going to help you with your cooking. (Aku akan membantu kamu masak.)
  • Come on. The concert is going to start. (Ayo. Konsernya mau mulai.)

Demikianlah penjelasan tentang perbedaan dalam penggunaan will dan going to. Semoga kamu tidak akan bingung lagi ya ketika mau menggunakan will dan going to dalam bahasa Inggris. Yang terpenting kamu harus perbanyak pembendaharaan kosa kata dan praktik tentunya, baik dalam membuat kalimat, menulis artikel atau berbicara langsung dengan teman atau native speaker.

Namun, kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris lebih fokus dan ada yang membimbing sehingga progres belajarmu lebih terarah, maka kamu bisa mendaftar kursus bersama Fluentz. Dengan metode NFP, yang hanya dimiliki kami, hanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya akan membuatmu lebih lancar. Kalau misalnya kamu masih basic, jangan khawatir tutor kami akan menyesuaikan level-nya serta penggunaan kata-kata di dalam lesson. Nantinya secara bertahap namun pasti tingkat kesulitannya ditambah seiring dengan skill bahasa Inggrismu nantinya. Selain itu kamu bisa bebas memilih jadwal dan program belajar.

Kamu juga bisa cari tau level bahasa Inggrismu dan coba kelas gratis-nya sekarang.

Referensi:

Azar, Betty Schrampfer. (2002). Understanding and Using English Grammar. New York: Pearson Education
Grammar.cl. ND. (online at) https://www.grammar.cl/Notes/Future_Will_vs_Going.htm [Accessed at 14 February 2023]
Gonaturalenglish.com. (online at) https://gonaturalenglish.com/expressing-a-future-action-will-and-going-to/ [Accessed at 15 February 2023]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎