Noun: Pengertian, Jenis-jenis dan Fungsi Kata Benda Bahasa Inggris

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Untuk bisa menguasai bahasa Inggris tentunya kamu harus mempelajari hal-hal dasar terlebih dahulu. Mulai dari grammar (tata bahasa Inggris), vocabulary (kosakata bahasa Inggris) dan berbagai macam lainnya. Nah sebelumnya, kamu sudah pernah mempelajari tentang part of speech, masih ingat?

Part of speech adalah klasifikasi atau kelas kata yang terbagi ke dalam beberapa bagian dalam kalimat tergantung dari fungsi masing-masing kata tersebut. Ada banyak jenis part of speech, mulai dari noun, verb, adjective dan berbagai macam lainnya.

Di artikel kali ini kamu akan mempelajari lebih dalam tentang noun atau kata benda dalam bahasa Inggris. Mulai dari pengertian, jenis-jenisnya hingga hubungannya dengan kata yang lain dalam kalimat. Yuk pahami penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini!

Pengertian Noun (Kata Benda) dalam Bahasa Inggris

Noun adalah kata benda yang merujuk pada seseorang, tempat atau sesuatu. Atau, noun digunakan untuk menamai seseorang, tempat atau menamai semua benda dan konsep, baik yang merujuk pada benda yang dapat diamati oleh panca indera atau benda fisik dan konsep abstrak yang ada di dunia. Sesuatu yang dimaksud dapat berupa objek yang tidak bergerak atau benda mati, konsep abstrak atau aktivitas. Frasa dalam kalimat-kalimat juga bisa berfungsi sebagai kata benda, tergantung pada konteks dari kalimat tersebut.

Jenis Noun (Kata Benda) dalam Bahasa Inggris

 

Terdapat beberapa jenis-jenis noun atau kata benda dalam bahasa Inggris, yaitu sebagai berikut:

1.       Common noun

Common nouns adalah kata benda yang merujuk pada orang-orang, tempat atau sesuatu yang sifatnya umum. Misalnya, kata “country” adalah kata benda umum atau common noun karena merujuk pada tempat yang sifatnya umum. Sedangkan kata “Canada” bukanlah common noun, karena merujuk pada tempat yang spesifik. Common nouns hanya menggunakan huruf kapital jika berada di awal kalimat atau digunakan dalam sebuah nama atau gelar, misalnya “Iron Man”.

Contoh-contoh common nouns adalah sebagai berikut:

house, cat, girl, foot, country

2.       Proper noun

Kebalikan dari common nouns, proper nouns merujuk pada kata-kata orang, tempat atau sesuatu yang spesifik. Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, kata “country” merupakan kata benda umum, sedangkan “Canada” merupakan kata benda spesifik atau proper nouns. Nah, kata benda spesifik ini, di mana pun letaknya dalam kalimat harus menggunakan huruf kapital. Misalnya nama seseorang atau nama merk akan selalu merupakan proper nouns, misalnya seperti “Jonathan” atau “Starbucks”. Berikut adalah contoh-contoh proper nouns:

Spain, Fido, Sony

3.       Singular noun

Selanjutnya adalah jenis kata benda yang berhubungan dengan jumlah. Bahasa Inggris memiliki kata benda yang jumlah dari kata benda atau noun menentukan bentuk dan penggunaannya dalam kalimat, yaitu bentuk singular dan plural. Nah, salah satu dari jenis kata benda yang berhubungan dengan jumlah adalah singular nouns. Singular nouns merupakan kata benda dalam bahasa Inggris yang berjumlah satu saja. Misalnya seperti “a cat” merupakan satu hewan, dan “a banana” adalah satu buah. Contoh-contoh singular nouns:

house, cat, girl, foot, country

4.       Plural noun

Jenis kata benda dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan jumlah lainnya adalah plural nouns. Berbeda dengan singular nouns, plural nouns berarti kata benda yang jumlahnya lebih dari satu. Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, bentuk noun akan bergantung pada jumlahnya. Untuk plural nouns, setiap kata benda biasanya memiliki akhiran -s.

Tapi jika kata benda tersebut sudah diakhiri dengan huruf s, maka kamu bisa menambahkan akhiran -es. Terkadang, ejaan dari noun bentuk tunggal juga akan berubah jika jumlahnya menjadi jamak, misalnya kata benda yang huruf akhirnya adalah y, maka bentuk jamaknya akan berakhiran -ies.

Namun terdapat beberapa pengecualian. Terdapat beberapa kata benda dalam bahasa Inggris yang bentuk jamaknya tidak menambahkan akhiran -s, -es, atau -ies. Melainkan memiliki bentuk kata yang berbeda. Seperti misalnya child jika berbentuk jamak maka akan berupa children. Atau bahkan terkadang tidak mengubah bentuknya sama sekali seperti sheep baik jumlah tunggal maupun jamak akan tetap sama.

Berikut adalah contoh-contoh plural nouns:

bees, cats, girls, countries, classes, buses, children, feet, teeth, wolves, men

5.       Concrete noun

Berikutnya adalah nouns atau kata benda dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan panca Indera. Concrete nouns merupakan kata benda yang bisa dilihat, didengar, disentuh, dirasakan atau dicium baunya. Kata benda ini berhubungan dengan benda fisik di sekitar kita. Contohnya adalah

table, apple, rabbit, ear

6.       Abstract noun

Nah terdapat juga kata benda yang sifatnya berkebalikan dengan concrete nouns, yaitu kata benda dalam bahasa Inggris yang tidak bisa dilihat, didengar, disentuh, dirasakan atau dicium baunya. Kata benda yang dimaksud adalah abstract nouns. Yang dimaksud dengan abstract nouns biasanya berhubungan dengan konsep sosial, teori politik, dan karakter, kualitas atau sifat. Misalnya seperti “anger” merujuk pada sebuah emosi dan abstract noun yang merupakan kualitas, sifat atau karakter yang seseorang miliki.

Berikut adalah contoh-contoh abstract nouns:

love, creativity, democracy

7.       Collective noun

Dalam bahasa Inggris, terdapat juga kata benda yang berfungsi sebagai singular noun, tetapi kata benda tersebut merujuk pada sekelompok orang atau sekelompok benda. Kata benda yang dimaksud adalah collective noun. Maksudnya, collective noun merujuk pada kelompok yang berfungsi sebagai satu unit. Misalnya pada kalimat berikut ini, “The team plays in the main gym.” Kata benda “team” merupakan collective noun. Karena dalam kata tersebut berisikan sekumpulan orang. Namun, tetap dianggap sebagai kata benda yang berjumlah tunggal.

Contoh-contoh collective nouns lainnya:

crowd, flocks, committee, a sum of money

8.       Compound noun

Mungkin kamu pernah membaca atau mendengar kata benda yang terdiri dari dua kata atau lebih yang disatukan. Nah, kata benda dalam bahasa Inggris yang dimaksud adalah compound nouns. Compound nouns bisa berupa dua kata atau lebih yang tidak dipisah oleh spasi atau tanda hubung. Tapi compound nouns juga bisa berupa kata benda yang terdiri dari dua kata atau lebih yang dipisah oleh spasi atau menggunakan tanda hubung. Berikut adalah contoh-contoh compound nouns:

dry-cleaning, jack-in-the-box, toothpaste, haircut, output, ice cream, potato chip

9.       Countable noun

Selain singular noun dan plural noun, terdapat juga kata benda yang berhubungan dengan jumlah. Namun hal ini tidak berkaitan dengan penulisan atau pengejaan. Melainkan berkaitan dengan penggunaannya pada konteks kalimat.

Nah, terdapat kata benda yang dapat dihitung jumlahnya, disebut sebagai countable noun. Kamu bisa menuliskan jumlah dari kata benda tersebut menggunakan angka atau kata-kata tertentu seperti many (banyak) dan few (sedikit). Misalnya, “I have many books, but I have a few shelves.” Kata benda yang dapat dihitung misalnya adalah buku, hewan, dan benda-benda pada umumnya. Contoh-contoh countable nouns:

table, apple, rabbit, ear

10.   Uncountable noun

Selanjutnya, berkebalikan dengan countable noun terdapat kata benda yang tidak dapat dihitung jumlahnya atau dalam bahasa Inggrisnya uncountable noun. Kamu tidak bisa menyebutkan angka sebelum uncountable nouns. Misalnya kamu tidak bisa menyebutkan one rain atau one milk. Tapi untuk kata benda tersebut, kamu bisa menggunakan satuan untuk menyebutkan jumlahnya. Misalnya “one carton of milk,” “a tablespoon of sugar” dan lain-lain. Contoh uncountable nouns:

salt, seafood, luggage, advice

Nouns dan possessive case

Setiap kata benda dalam bahasa Inggris bisa menunjukkan sebuah kepemilikan atau hubungan dengan kata lain di sebuah kalimat. Hal ini disebut sebagai possessive case. Terdapat penulisan khusus untuk menunjukkan kepemilikan dari kata benda. Berikut penjelasannya.

The cat’s toy was missing.

Pada kalimat tersebut, kata benda “cat” menunjukkan kepemilikannya atas kata benda “toy”, dan hal tersebut ditunjukkan dengan adanya penggunaan tanda apostrof (‘) dan akhiran –s.

Casey’s sister is a geologist.

Nah pada kalimat di atas, “Casey” menunjukkan hubungannya dengan saudara perempuan yang dimilikinya. Sama seperti contoh sebelumnya, hal ini ditunjukkan dengan adanya penggunaan tanda apostrof (‘) dan akhiran -s.

Dua contoh sebelumnya menggunakan kata benda yang berjumlah tunggal atau hanya satu saja. Jika kata benda yang digunakan merupakan kata benda jamak atau plural nouns yang sudah berakhiran -s dan -es, untuk menunjukkan possessive case kamu cukup menambahkan tanda apostrof (‘) saja di akhir kata benda tersebut. Misalnya pada kalimat berikut ini:

My nieces’ prom outfits were exquisite.

Nah, seperti yang kamu ketahui, plural noun tidak hanya berupa kata benda yang ditambahkan akhiran -s, -es atau -ies saja. Tetapi juga terdapat irregular plural noun yang bentuknya berubah dari bentuk tunggalnya. Seperti child menjadi children. Untuk plural noun seperti ini kamu bisa menambahkan akhiran tanda apostrof (‘) dan akhiran -s.

The children’s drawings were hung on the walls.

Terdapat juga kata benda tunggal atau singular noun yang berakhiran huruf s atau z. Nah, jika kamu ingin menunjukkan possessive case pada kata benda tersebut, kamu bisa menggunakan akhiran tanda apostrof (‘) dan -s. Contohnya:

I have been invited to my boss’s house for dinner.

Ms. Sanchez’s coat is still hanging on the back of her chair.

Namun, hal ini tergantung pada gaya penulisan. Terdapat gaya penulisan lain yang hanya menggunakan tanda apostrof saja (‘) dan tidak menggunakan akhiran -s. Contoh kalimatnya:

Brussels’ cathedrals attract hundreds of thousands of visitors every year.

Fungsi Noun (Kata Benda dalam Bahasa Inggris)

Setiap kata benda dalam kalimat tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada konteks kalimat yang digunakan. Berikut ini adalah penjelasan dari fungsi-fungsi nouns.

Baca Juga: Concrete Noun dan Abstract Noun: Pengertian, Perbedaan beserta Contoh Kalimat

1.       Nouns as subjects

Setiap kalimat pasti memiliki subject dan subject tersebut bisa berupa nouns (kata benda) atau pronouns (kata ganti). Subject yang dimaksud bisa berupa orang, tempat atau benda yang sedang melakukan sesuatu atau sedang mengalami apa yang sedang dideskripsikan oleh verb (kata kerja) dalam sebuah kalimat.

Maria played the piece beautifully.

Kata benda atau noun pada kalimat di atas adalah Maria. Pada kalimat tersebut, Maria merupakan noun atau kata benda yang sedang melakukan aksi yang dideskripsikan dari verbplayed”.

2.       Nouns as objects

Nouns juga bisa berfungsi sebagai object dari transitive verb dalam sebuah kalimat. Object dalam sebuah kalimat bisa berupa direct object (sebuah kata benda yang menerima aksi yang dideskripsikan oleh kata kerja) atau indirect object (sebuah kata benda yang menerima direct object) Berikut contoh kalimatnya:

Cleo passed the salt.

Cleo passed Otto the salt.

Dalam dua kalimat di atas, kata benda “salt” merupakan direct object dari kata kerja “passed”. Secara sederhana, “salt” adalah benda yang diberi oleh Cleo. Nah, pada kalimat kedua terdapat indirect object yaitu Otto. Otto adalah seseorang yang diberi “salt” oleh Cleo. Otto adalah penerima “salt”. Cara mudah untuk menentukan sebuah indirect object dalam sebuah kalimat adalah menanyakan kepada siapa atau kepada apa, atau untuk siapa atau untuk apa sesuatu dilakukan.

3.       Nouns as subject and object complements

Fungsi lain dari noun dalam sebuah kalimat bahasa Inggris bisa sebagai subject complement atau pelengkap subjek. Biasanya subject complement mengikuti linking verb seperti “be”, “become”, “seem” dan lain-lain. Berikut contohnya:

Mary is a teacher.

Selain itu terdapat juga noun yang berfungsi sebagai object complement, yang memberikan informasi lebih terkait direct object dalam sebuah kalimat yang memiliki transitive verb. Misalnya seperti pada kalimat berikut:

Julian named his cat Andrew.”

Andrew adalah kata benda atau noun yang berfungsi sebagai object complement dalam kalimat ini.

4.       Nouns as appositives

Noun juga bisa berfungsi sebagai appositive atau kata benda yang berfungsi untuk memberikan informasi, mengidentifikasi kata benda lainnya. Misalnya seperti pada kalimat berikut ini:

My brother, Michael, is six years old.

Pada kalimat tersebut, Michael adalah kata benda yang mengindentifikasi noun phrase my brother”. Nah, appositive ini bisa bersifat restrictive atau nonrestrictive. Maksudnya adalah restrictive merupakan bagian yang tidak bisa dihilangkan dari kalimat agar makna kalimatnya tidak berubah. Sedangkan nonrestricitve adalah bagian yang bisa dihilangkan dari kalimat tanpa mengubah makna kalimatnya.

Jika penulisannya menggunakan tanda koma (,) seperti pada contoh kalimat di atas, maka Michael adalah kata benda berfungsi sebagai appositive yang nonrestrictive. Artinya, kita tetap bisa mendapatkan informasi bahwa “my brother” berusia enam tahun, dan kata benda Michael hanya menjadi informasi tambahan saja.

Namun kamu juga bisa membuat noun Michael menjadi appositive yang restrictive, yaitu dengan menuliskannya tanpa tanda koma (,) seperti pada kalimat berikut ini:

My brother Michael is six years old.

Pada kalimat di atas, penting bahwa pembaca mendapatkan informasi bahwa “My brother” bernama Michael dan berumur enam tahun. Pada kalimat ini juga pembaca bisa mengetahui bahwa bisa jadi penulis memiliki beberapa saudara, dan saudara yang bernama Michael berusia enam tahun.

5.       Nouns as modifiers

Terkadang, noun bisa digunakan untuk memodifikasi noun yang lainnya, atau berfungsi seperti adjective. Nah, noun yang digunakan untuk memodifikasi noun yang lain disebut juga sebagai attributive noun. Contohnya pada kalimat berikut ini:

Meet me at the railway station.

Pada kalimat tersebut, penulis ingin pembaca bertemu pada sebuah stasiun atau “station”. Nah, kata “railway” memodifikasi kata benda “station” dan berfungsi sebagai adjective.

Demikianlah penjelasan mengenai noun atau kata benda dalam bahasa Inggris. Dengan mempelajarinya, kamu bisa mengenal dasar dan bisa belajar bahasa Inggris secara maksimal. Hingga akhirnya nanti kamu bisa menguasai bahasa Inggris.

Kalau pun kamu merasa ingin tahu lebih lanjut tentang bahasa Inggris dan membutuhkan tutor yang akan membimbingmu, kamu bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan guru-guru yang asik. Di sana juga ada banyak pilihan program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Referensi:

Thesaurus. 2021. 10 Types Of Nouns Used In The English Language (online at) https://www.thesaurus.com/e/grammar/what-are-the-types-of-nouns/ [accessed on 26 June 2023]

Grammarly. 2022. What Is a Noun? Definition, Types, and Examples (online at) https://www.grammarly.com/blog/nouns/ [accessed on 26 June 2023]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎