Kesalahan Dalam Belajar Speaking Bahasa Inggris

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Kesalahan Dalam Belajar Speaking Bahasa Inggris. Nomor 5 Sering Terjadi!

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Belajar Bahasa Inggris

Kesalahan Dalam Belajar Speaking Bahasa Inggris. Nomor 5 Sering Terjadi! – Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional sudah terjadi begitu lama. Di semua sektor, komunikasi adalah hal yang esensial. Sekarang, dengan maraknya social media, memudahkan orang-orang untuk belajar bahasa Inggris. Mereka bisa belajar secara mandiri tanpa pendampingan guru atau English expert. Hal ini memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pembelajarannya, karena dengan tidak adanya pembimbing tadi atau language partner. Nah, di artikel kali ini aku akan membahas kesalahan yang perlu diperhatikan saat belajar speaking English. Kesalahan ini adalah kesalahan yang paling sering kita lakukan tanpa kita sadari saat kita sedang belajar Bahasa Inggris. 

Dari kesalahan ini, dapat dilihat hal yang sering dilakukan adalah dari pengucapannya. Itulah yang membedakan pengucapan bahasa Inggris kita dengan orang lain. Yang paling semua orang alami saat belajar bahasa Inggris adalah pengucapan bahasa Inggris mereka berbeda dari orang. Sebenarnya ada beberapa hal yang akan aku beritahu di artikel ini yang akan membuat kamu sadar, ini hanya beberapa hal dasar namun harus kamu catat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Berikut kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat belajar speaking English.

1. Mengucapkan Bahasa Inggris Tanpa Ekspresi

Kita semua pasti tahu seberapa pentingnya tanda baca, seperti titik dan koma di dalam suatu tulisan. Tanpa adanya tanda baca seperti itu pasti kita tidak tahu mana yang penting, mana yang hanya kata-kata pendukung. Walau sebenarnya intonasi dan ekspresi tergantung dengan orang itu sendiri, kalau kita mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dengan lebih ekspresif, itu akan membuat kesan kita seakan-akan lebih mengerti apa yang kita ucapkan dan lebih terlihat jago dalam speaking bahasa Inggris

Dengan menggunakan ekspresi, kita terdengar tidak seperti orang di berita, tetapi kita terdengar seperti mengerti apa yang sedang kita ucapkan dan terlihat lebih meyakinkan.

2. Terlalu Fokus Pada Grammar

Kesalahan yang paling sering selanjutnya adalah terlalu fokus pada grammar atau pada struktur kata-kata, tapi tidak begitu fokus pada pengertian akhirnya. Jangan terlalu fokus ke grammar atau kata-katanya, tetapi fokus kepada pesan yang ingin kamu sampaikan. Daripada kamu memakai kata-kata yang sulit, lebih baik gunakan kata-kata yang lebih mudah.

Kalau kita ingin mencoba berbicara menggunakan kata-kata yang sulit, tapi malah terdengar kebingungan, itu akan mengurangi speaking skill kita. Contohnya, kamu ingin bicara “the resemblance of you and Tom is uncanny”, daripada seperti itu, kalian bisa menggantinya menjadi “you and Tom really look alike”. Jadi daripada kalian memikirkan kata kata yang sulit, lebih baik menggunakan kata-kata yang lain tetapi masih memiliki arti yang sama. Belajar kata-kata baru atau grammar memang sangat penting. Tetapi, untuk komunikasi sehari-hari, yang lebih penting itu pesan yang ingin disampaikan. 

3. Mempelajari Aksen yang Terlalu Sulit

Kesalahan yang ketiga adalah mempelajari aksen yang aneh-aneh padahal bahasa Inggrisnya belum lancar. Sebenarnya bagus jika kita bisa beberapa aksen, tapi lebih bagus jika kamu sudah mengerti dan lancar bahasa Inggris terlebih dahulu. Baru kamu belajar pada aksen. 

Sebenarnya Bahasa Inggris sama seperti bahasa Indonesia, di setiap daerah aksen atau logatnya beda beda. Seperti logat California, logat New York, logat London dll. Tetapi, buat kamu yang belum bisa berbahasa Inggris dengan lancar, ada satu logat atau aksen yang aku rekomendasikan buat kamu, yaitu American English. Aksen American English adalah aksen paling mudah dimengerti di seluruh dunia, karena mereka memiliki penataan kata lebih jelas dibandingkan aksen lain yang ada di seluruh dunia.

4. Tidak Memiliki Tujuan Yang Jelas

Kesalahan yang dilakukan selanjutnya adalah kamu hanya semangat di awal. Namun perlahan malas alias tidak konsisten. Hal ini terjadi karena kamu tidak memiliki tujuan yang jelas yang nantinya membuat kamu kehilangan arah dalam proses belajarnya. Biasanya orang-orang ingin belajar bahasa Inggris karena ingin meningkatkan karirnya, membuat konten berbahasa Inggris, agar lulus tes TOEFL, IELTS, dll.

Setiap orang tentunya mempunyai tujuan yang berbeda-beda, karena ini sifatnya personal. Jadi, cari terlebih dahulu sebenarnya apa tujuan kamu belajar bahasa Inggris. Setelah kamu punya tujuan tersebut dan pastikan itu relate dengan kehidupan sehari-harimu. Hal ini akan membuatmu lebih terekspos dengan bahasa tersebut. Berbeda jika kamu tiba-tiba belajar bahasa Mongolia, padahal tidak ada sangkut pautnya sama sekali di kehidupan. Dipastikan hal ini akan menurunkan semangatmu. 

5. Tidak Memiliki Metode Latihan yang Konsisten

Menentukan metode belajar apapun yang konsisten dan bisa digunakan sehari-hari sangatlah penting. Kalau kamu sering merubah metode latihanmu, itu akan membuat kamu bingung dan sulit untuk berkembang. Kamu harus menentukan durasi waktu dan intensitas belajarmu. Tidak harus gila-gilaan seperti belajar 8 jam sehari! Kamu bisa memulai dengan 1 jam sehari asalkan dilakukan setiap hari dan konsisten. Fokus pada comprehensible input yaitu kamu bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti menonton film berbahasa Inggris, membaca komik, mendengarkan podcast. Tapi harus yang sesuai dengan levelmu.

Hal kedua yang bisa membuatmu konsisten adalah dengan mencari lalu mengikuti kursus bahasa Inggris online terbaik di kotamu. Kenapa online? Karena hal ini lebih mudah dan simple untuk dilakukan. Kamu tidak harus pergi ke lembaga kursus, terjebak macet dll. Tapi, kamu bisa belajar di rumah dan kapan pun. Fluentz adalah salah satu lembaga yang patut untuk dipertimbangkan. Lembaga ini mempunyai metode khusus yang fokus pada comprehensible input. Mereka mempunyai metode yang bernama NFP yang mereka kembangkan berdasarkan teorinya Stephen Krashen, seorang pakar bahasa dunia. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi CS nya di nomor +62-813-7645-4665.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎