Perbedaan Slang dan Idiom Bahasa Inggris

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

perbedaan slang dan idiom

Bahasa di belahan dunia manapun pasti setiap tahunnya ada saja kosakata baru yang muncul. Tak terluput dari bahasa Inggris itu sendiri. Biasanya kata-kata slang dalam bahasa Inggris sering kali muncul. Dan ini seringkali diperkenalkan oleh pop culture seperti film dan lagu. Tak hanya itu, ada juga idiom yang kadang-kadang membuat bingung para English learners. Seperti contoh kata-kata ini, lit, lowkey, salty. Pasti kalian pernah mendengar kata-kata seperti itu, dan mungkin dengan frasa ini “squirrelly nuteriffic!” Ternyata kedua kata tersebut ternyata berbeda loh, apakah kamu memahami perbedaannya?

Nah, di artikel kali ini kami ingin membahas perbedaan antara slang words dan idiom. Hal ini sangat penting sekali untuk dipelajari bagi kamu yang sedang ingin meningkatkan kemampuan speakingnya. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Perbedaan Utama Slang Word vs Idiom

Slang words dan idiom adalah dua jenis ekspresi bahasa yang memiliki perbedaan utama. Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara slang words dan idiom:

  • Asal: Slang words biasanya berasal dari bahasa populer yang digunakan oleh kelompok tertentu, sementara idiom biasanya berasal dari bahasa resmi dan memiliki sejarah yang panjang.
  • Penggunaan: Slang words biasanya digunakan dalam situasi informal dan dalam lingkaran tertentu, sementara idiom digunakan dalam bahasa resmi dan dalam konteks yang lebih luas.
  • Arti: Slang words seringkali memiliki arti yang berbeda dari arti kata asli, sementara idiom memiliki arti yang tidak dapat diterjemahkan secara langsung dan harus dipahami dalam konteksnya.
  • Akseptabilitas: Slang words seringkali tidak diterima secara formal dan tidak sesuai dengan bahasa resmi, sementara idiom diterima dan dipahami oleh kebanyakan orang.

Secara umum, slang words lebih merupakan bagian dari bahasa gaul dan digunakan dalam lingkaran sosial tertentu, sedangkan idiom merupakan bagian dari bahasa resmi dan memiliki sejarah yang panjang dan dipahami oleh kebanyakan orang.

Pengertian Slang Word dan Contohnya

Pertama-tama, slang word itu tuh apa sih? Apa bedanya dengan idiom? Slang word itu kita sering gunakan dalam percakapan kita sehari-hari. Slang word adalah kata-kata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari dan biasanya tidak formal. Biasanya digunakan oleh sekelompok orang tertentu dalam suatu lingkaran sosial tertentu. Slang words seringkali menjadi bagian dari argo atau bahasa gaul, dan umumnya tidak diterima secara formal. Seperti contohnya berikut ini:

1. I know that was a bummer

A bummer dapat diartikan bahwa ada sesuatu yang mengecewakan atau sebuah ungkapan kekecewaan. Dan kamu bisa lihat cara penggunaannya dalam kalimat di bawah ini.

“I know that was a bummer that she left you.” (Aku tau kamu kecewa banget karena dia ninggalin kamu.)

2. I get it now

Kamu bisa memakai kalimat ini ketika kalian mengerti akan sesuatu. Arti dari I get it now sama dengan I understand. Berikut adalah contoh lengkapnya.

“I get it now. Thanks for explaining to me” (aku mengerti sekarang. Terima kasih sudah menjelaskan kepada saya.)

3. I just crashed, I had a long day

Arti dari crash adalah to fall asleep quickly (tidur cepat). Untuk kalimat lengkapnya akan menjadi seperti ini:

“I am so sorry I didn’t reply your message last night, I just crashed, I had a long day.” (Maaf ya, aku tidak balas pesan kamu tadi malam, aku langsung tidur, aku capek banget.)

4. You really need to chill

Pasti kalian sering mendengar atau mungkin sering memakai kata chill dalam percakapan sehari-hari. Chill memiliki arti menyuruh orang lain untuk tenang. Berikut adalah kalimat lengkapnya:

“Hey man, you really need to chill.” (“Ya ampun cuy, tenang aja. Santai.”)

5. That’s sweet!

Ungkapan ini biasa digunakan ketika kamu melihat sesuatu yang keren atau fantastis. Untuk lebih jelasnya silahkan simak contohnya di bawah ini.

A: “You know what, I passed the test!”

B: “Sweet!”

6. Lame

Kata ini memiliki arti kebalikan dari sweet tadi, yaitu nggak keren. Berikut cara penggunaannya dalam sebuah kalimat.

“Oh man, that is so lame that you can’t join us on this trip!” (Yah nggak asik banget, kamu nggak bisa ikut kita di perjalanan sekarang.)

7. This is a bomb!

Kalimat ini untuk mengeksperikan bahwa sesuatu yang keren. Atau bisa juga ketika kamu makan makanan yang enak. Kalimat lengkapnya bisa jadi seperti ini:

“Boy, this sandwich is bomb!” (Sandwich ini enak banget.)

8. She looks shady

Kamu bisa menggunakan kalimat ini ketika kamu rasa ada sesuatu atau seseorang yang mencurigakan. Berikut contoh kalimat lengkapnya.

“I don’t believe your new friend. For some reasons I found him shady.” (Aku tidak percaya dengan teman barumu. Entah kenapa, menurutku dia mencurigakan.)

Baca Juga: 20 Idiom Yang Bisa Membuat Bahasa Inggrismu Lebih Keren, Nomor 16 Bikin Kamu Meleleh!

9. Slay

Kata “Slay” adalah singkatan dari “slaying it” atau “slaying the game“, yang berarti berhasil dan menakjubkan dalam hal apa pun. Kata ini sering digunakan untuk menunjukkan kesuksesan dan kemampuan yang luar biasa dalam bidang tertentu. Contoh kalimatnya:

“She slayed her presentation, everyone was impressed.” (Dia berhasil dan menakjubkan dalam presentasinya, semua orang terkesan.)

10. Lowkey

Kata “Lowkey” adalah singkatan dari “low key” atau “low profile”, yang berarti diam-diam atau rahasia. Kata ini sering digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang tidak diketahui banyak orang atau dilakukan dengan sengaja diam-diam. Lihat contoh kalimatnya di bawah ini:

“I lowkey want some ice cream, but I don’t want to ask anyone for it.” (Aku diam-diam ingin es krim, tetapi aku tidak ingin memintanya kepada siapapun.)

Perbedaan slang dan idiom
Perbedaan slang dan idiom

Pengertian Idiom dan Contohnya

Lain halnya dengan idiom, idiom dalam bahasa Indonesia adalah sebuah peribahasa. Logikanya seperti jika kita ingin mengartikan kata satu persatu pasti tidak akan make sense jadi kita memerlukan idiom itu sebagai satu kesatuan idiom tersebut. Idiom memiliki makna yang berbeda dari kata-kata individual yang membentuk ungkapan tersebut dan harus dipahami dalam konteks tertentu. Idiom umumnya digunakan dalam bahasa resmi dan diterima oleh kebanyakan orang, dan seringkali memiliki sejarah yang panjang. Berikut beberapa contoh idiom yang kamu bisa gunakan sehari-hari.

1. But in my opinion you just dodged a bullet there

Maksud dari to dodge the bullet itu berarti berhasil menghindari suatu situasi yang tidak menyenangkan atau menghadapi suatu masalah yang serius.

Konteks di atas bisa jadi mungkin orang yang meninggalkan teman kamu ini bukan orang yang baik, jadi waktu dia meninggalkan teman kamu itu justru temen kamu menghindari situasi yang sulit nantinya.

2. It’s not rocket science

Kalimat ini memiliki arti, it’s not complicated. Berikut adalah contoh penggunaanya dalam percakapan.

“Don’t worry, I will show you how it’s done. It’s not rocket science.” (Nggak usah khawatir, aku kasih tau caranya. Ini tuh enggak ribet kok.)

3. Let someone off the hook

Idiom ini memiliki arti membiarkan orang bebas dari tanggung jawab atas apa yang sudah dilakukannya. Berikut contoh kalimatnya:

“ I can’t believe she just let him off the hook after what he did!” (aku ga percaya dia dibiarkan pergi gitu aja setelah apa yang dia lakukan.)

4. That’s the last straw

That’s the last straw memiliki arti seperti kalimat when your patience has run out, yaitu ungkapan ketika kamu kehabisan kesabaran. Kalau dalam contoh percakapan, kamu bisa lihat contohnya di bawah ini.

“I know he often forgets about our appointment, but forgetting a meeting with our VP is the last straw.” (Aku tahu dia sering lupa sama janji kita, cuma ini lupa dengan pertemuan penting dengan wakil presiden, kesabaranku sudah habis.)

5. Bite off more than one can chew

Makna yang tersirat dari idiom ini adalah mengambil terlalu banyak tanggung jawab yang tidak mampu diterima atau dikuasai. Bisa kita lihat dari contoh kalimat ini:

She’s trying to run her own business and take care of her family, but she’s biting off more than she can chew.” (Dia mencoba menjalankan bisnis sendiri dan merawat keluarganya, tapi dia terlalu ambisius dan tidak mampu menangani semuanya.)

6. Burn the midnight oil

Idiom ini digunakan untuk mengekspresikan bagi orang yang bekerja keras hingga larut malam. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat contoh kalimat berikut:

We have to burn the midnight oil if we want to finish this project on time.” (Kami harus bekerja keras hingga malam jika ingin menyelesaikan proyek ini tepat waktu.)

7. Cost an arm and a leg

Arti dari idiom ini adalah untuk mengekspresikan sesuatu yang memiliki harga yang sangat mahal. Contoh Kalimat:

“This new car will cost you an arm and a leg.” (Mobil baru ini akan memakan biaya yang sangat mahal.)

8. Bite the bullet

Bite the bullet memiliki arti melakukan sesuatu yang sulit atau tidak menyenangkan. Lihat contoh kalimatnya di bawah ini:

“She finally decided to bite the bullet and ask for a raise.” Dia akhirnya memutuskan untuk mengatakan hal yang sulit dan meminta kenaikan gaji.

9. Hit the nail on the head

Idiom ini memiliki arti mengejar atau mengatakan sesuatu dengan tepat. Berikut contoh kalimatnya.

“His analysis of the situation hit the nail on the head.” (Analisanya terhadap situasi sangat tepat.)

10. Cry over spilt milk

Ketika kamu mengeluh atas sesuatu yang sudah terjadi dan tidak bisa diubah, kamu bisa pakai idiom ini. Contoh kalimatnya:

“There’s no use crying over spilt milk, let’s just focus on fixing the problem.” (Tidak ada gunanya mengeluh atas keadaan yang sudah terjadi, fokuslah pada solusi masalah.)

Kesimpulan

Demikianlah tadi beberapa contoh kata-kata slang dan idiom yang bisa kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi kalian yang sedang belajar bahasa Inggris, teruslah semangat belajar. Di era sekarang ini sudah banyak sekali media yang bisa pakai untuk mengupdate *English skill-*mu. Tapi, kalau kalian ingin lebih terfokus, akan lebih baik lagi jika kalian memiliki tutor yang nantinya akan membimbing kamu dalam mencapai goal kamu. Untuk bisa mendapatkan tutor yang nantinya akan menjadi language partner kamu, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online terbaik. Cari tahu dan teliti lembaga kursus yang memakai metode terbaik, metode yang terfokus terhadap comprehensible input.

Hal itu semua bisa kalian dapatkan dari lembaga kursus bahasa asing Fluentz. Lembaga ini berkantor di Jakarta Pusat. Fluentz melayani kelas offline dan online di seluruh Indonesia. Fluentz menerapkan metode NFP (Natural, Fast and Powerful). Kami mengembangkan metode ini berdasarkan teori language acquisition-nya Stephen Krashen, seorang pakar bahasa yang buku-bukunya menjadi acuan dalam studi-studi tentang bahasa di seluruh dunia. Beliau menyatakan dalam mempelajari Bahasa baru harus fokus pada comprehensible input yaitu fokus pada pertukaran meaningful messages, practice and repetition. Dan itu menjadi satu-satunya cara yang mudah dan praktis untuk menjadi fasih berbahasa. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan cek website-nya Fluentz.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎