20 Idiom Yang Bisa Membuat Bahasa Inggrismu Lebih Keren, Nomor 16 Bikin Kamu Meleleh!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

20 Idiom Yang Bisa Membuat Bahasa Inggrismu Lebih Keren, Nomor 16 Bikin Kamu Meleleh!

20 Idiom Yang Bisa Membuat Bahasa Inggrismu Lebih Keren, Nomor 16 Bikin Kamu Meleleh! – Dalam bahasa Inggris banyak sekali ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, kita kadang-kadang menemukan ungkapan yang kalau diartikan secara langsung dengan kamus ternyati artinya tidak sesuai dengan konteks percakapan, bahkan cenderung tidak masuk akal! Hal ini membuat English learners kebingungan. Ternyata, itu adalah idiom. Secara harfiah, idiom adalah sebuah ungkapan yang tidak memiliki arti secara harfiah tetapi merepresentasikan ekspresi tertentu secara tersirat. Native speaker banyak sekali menggunakan idiom dalam kesehariannya. Kamu juga akan banyak menemukan idiom dalam film-film atau TV series. Jadi, kalau kamu hanya belajar vocabulary yang artinya langsung dari kamus, tanpa mempelajari idiom. Hal ini bisa jadi akan menimbulkan kesalahpahaman.

Jadi, pada artikel kali ini aku akan memberikan kamu beberapa idiom yang akan bisa membuat bahasa Inggris kamu menjadi lebih keren. Apa saja idiom tersebut? Simak artikel berikut ini

1. Sleep on it

Maksud dari idiom Sleep on it adalah untuk memikirkan sesuatu sementara waktu sebelum membuat keputusan
Contoh: Maybe you should sleep on it first? (Mungkin kamu harus memikirkannya terlebih dahulu?)

2. Go down the drain

Go down the drain artinya adalah sesuatu yang terbuang atau tersia-siakan.
Contoh: All of our efforts went down the drain because he was late (Semua usaha kita sia-sia karena dia terlambat)

3. Under the weather

Under the weather artinya adalah merasa tidak enak badan atau sedang merasa kurang sehat. Misalnya kamu sedang sakit atau mendadak sakit.
Contoh: I don’t think I can come to your party tomorrow, I feel under the weather (Aku tidak berpikir saya akan bisa datang ke pesta kamu besok, aku merasa tidak enak badan)

4. Once in a blue moon

Maksud idiom dari Once in a blue moon adalah sesuatu yang jarang kali terjadi.
Contoh: He called her only once in a blue moon (Dia memanggilnya jarang sekali)

Baca Juga: 24 Frasa Untuk Percakapan Bahasa Inggris Umum Beserta Artinya

5. Pull yourself together!

Pull yourself together maksudnya adalah untuk mencoba tetap tenang dan bersikap normal
Contoh: Pull yourself together! She doesn’t deserve you! (Tenanglah! Dia tidak pantas untukmu)

6. Easier said than done

Easier said than done itu maksudnya adalah sesuatu tidak semudah seperti yang dibicarakan.
Contoh: I know I said we need to be patient, but some things are easier said than done (Aku tahu aku mengatakan kita harus bersabar, tetapi beberapa hal lebih mudah diucapkan daripada dilakukan)

7. Hang in there

Yang pertama adalah Hang in there, maksud dari Hang in there adalah bersabarlah menunggu sesuatu yang buruk berlalu, singkatnya adalah kamu harus sabar.
Contoh: I know you are sad because your dog died, but hang in there okay? (Aku tahu kamu sedih karena anjingmu mati, tapi bertahanlah, oke?)

8. 24/7

24/7 memiliki arti constantly atau all the time, sesuatu yang selalu ada.
Contoh: He annoys me 24/7 (Dia menggangguku setiap saat)

9. Cut someone some slack

Cut someone some slack artinya adalah untuk tidak menilai seseorang terlalu keras. Jadi, jangan terlalu menghakimi seseorang terlalu keras.
Contoh: Cut me some slack! I have been busy since last week! (Beri aku sedikit kelonggaran! Saya sudah sibuk sejak minggu lalu!)

10. Up in the air

Up in the air memiliki arti yaitu sesuatu atau hal yang tidak pasti. Jadi, kalau ada sesuatu dibilang Up in the air maksudnya adalah itu hal yang tidak pasti.
Contoh: I am not sure if I can get my visa soon, things are just so up in the air now (Aku tidak yakin apakah saya bisa mendapatkan visa saya dalam waktu dekat, semuanya sedang tidak pasti sekarang)

11. See eye to eye

Arti dari See eye to eye adalah kamu setuju dengan sesuatu atau seseorang.
Contoh: I know we didn’t really see eye to eye back then, but can we forget that? (Aku tahu kita saling tidak setuju pada saat itu, tapi bisakah kita melupakannya?)

12. Plain as day

Arti dari Plain as day adalah sesuatu yang sangat jelas
Contoh: it is plain as day that she got the promotion because she was close to boss (Jelas sekali dia mendapatkan promosi karena dia dekat dengan bos)

13. Draw the line

Draw the line itu artinya adalah tahu batasan, seperti batasan yang kamu bisa saat melakukan sesuatu.
Contoh: You can’t just say things like that to people, you have to draw the line somewhere (Kamu tidak bisa mengatakan hal-hal seperti itu kepada orang-orang, kamu harus membatasinya)

14. Beat around the bush

Beat around the bush maksudnya adalah to avoid speaking about something, jadi seperti tidak mau berbicara to the point atau berbelit-belit.
Contoh: Just tell me what happened, stop beating around the bush! (Katakan saja apa yang terjadi, berhenti berbelit-belit)

15. Fish out of water

Fish out of water maksudnya adalah keluar dari tempatnya. Seperti kamu seperti merasa ini bukan seharusnya kamu berada.
Contoh: I felt like I was a fish out of water when he invited me to his soccer game (Saya merasa seperti bukan seharusnya saya disini, ketika dia mengundang saya ke pertandingan sepak bolanya.

16. Through thick and thin

Through thick and thin itu maksudnya adalah setia kepada satu orang apapun keadaannya. Kalau kamu setia kepada satu orang dan tidak meninggalkannya meskipun dalam keadaan yang berat, itu artinya Through thick and thin
Contoh: I promise to be by your side, through thick and thin (Aku berjanji untuk berada di sisimu, melalui suka dan duka)

17. Every cloud has a silver lining

Maksud dari idiom ini adalah pasti ada hal positif dalam situasi yang buruk.
Contoh: I know you didn’t pass the test, but remember every cloud has a silver lining (Aku tahu kamu tidak lolos ujian, tapi ingat di setiap hal buruk pasti ada sisi positifnya)

18. Hit the sack

Hit the sack artinya adalah tidur atau ingin tidur.
Contoh: You guys can go, I will just hit the sack after this (Kalian bisa pergi, aku akan pergi tidur setelah ini)

19. Spill the beans

Spill the beans itu untuk memberikan rahasia. Kalau kamu memberitahu rahasia itu namanya spill the beans.
Contoh: What about him? Spill the beans! (Bagaimana dengan dia? Beri tahu aku!)

20. Give it a go/ whirl/shot

Maksudnya adalah untuk mencoba sesuatu.
Contoh: I know you are afraid of height, but I think you should give it a shot (Aku tahu kamu takut ketinggian, tapi aku pikir kamu harus mencobanya)

Kesimpulan

Demikian 20 idiom yang bisa kamu terapkan dalam percakapan bahasa Inggris. Aku jamin kalau kamu bisa benar-benar menggunakannya, bahasa Inggri kamu akan lebih keren. Tapi untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris lebih fokus lagi, kamu bisa mulai dengan mencari teman yang bisa diajak ngobrol. Atau supaya pembelajaran kamu lebih terarah dan ada yang membimbing. Kamu bisa mulai mencari kursus bahasa Inggris online terbaik. Kenapa online? Karena hal ini akan memudahkanmu untuk belajar di mana dan kapan saja. Carilah lembaga kursus yang menyediakan flexible schedule hingga materinya yang memfokuskan kamu untuk praktik.

Fluentz adalah pilihan yang tepat. Lembaga pelatihan bahasa asing yang berkantor di Jakarta Pusat ini melayani kelas offline dan online di seluruh Indonesia. Fluentz menerapkan metode NFP (Natural, Fast and Powerful), metode yang dikembangkan dari teori language acquisition-nya Stephen Krashen, seorang pakar Bahasa yang buku-bukunya menjadi acuan dalam studi-studi tentang bahasa. Beliau menyatakan dalam mempelajari Bahasa baru harus fokus pada comprehensible input yaitu fokus pada pertukaran meaningful messages, practice and repetition. Dan Itu menjadi satu-satunya cara untuk menjadi fasih berbahasa.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program kursus Fluentz, kamu bisa menghubungi +62 813-7645-4665.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎