Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Tanpa Lupa

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris Tanpa Lupa

Cara menghafal kosakata bahasa Inggris tanpa lupa merupakan cara yang terdengar sedikit naif. Banyak orang yang memandang skeptis terhadap hal ini, karena banyak orang sering lupa walaupun sudah menghafal kata dengan berbagai cara. Dan di tulisan kali ini, aku ingin membahas bagaimana cara menghafal kosakata atau bagaimana cara mengingat kosakata tanpa lupa. Hal ini juga yang sudah menjadi masalah paling umum yang paling sering dialami semua pelajar bahasa Inggris atau pelajar bahasa apa pun. Tapi, ini aku tegaskan sekali lagi, ini bukan tips bagaimana kamu bisa mengingat kosakata dengan cepat, tapi ini lebih bagaimana cara mengingat kosakata, bagaimana cara mempelajari kosakata secara dalam supaya ini bisa melekat di memori jangka panjang kalian.

Ada perbedaan antara mempelajari dan menghafal kosakata, dan itu berbeda sekali sejujurnya. Aku sendiri jarang menghafal karena setiap kali aku merasa harus menghafal sebuah kosakata itu rasanya seperti nostalgia ketika SMA atau ketika kuliah yang mengharuskan aku menghafal, seperti menghafal tulang-tulang di tubuh manusia, rumus-rumus fisika, menghafal ini, menghafal itu dan lain sebagainya. Jadi, kalau misalnya aku dikasih daftar kata-kata yang harus dihafal, itu rasanya sudah enek sekali. Sekarang cara aku dalam mempelajari kosakata itu secara natural saja. Apa yang dimaksud dengan menghafal kosakata secara natural?

Menghafal kosakata secara natural adalah yang melintas melalui eksposur. Kalau misalnya aku menemukan kata itu berkali-kali itu otomatis akan melekat di otak. Jadi, kalau menghafal itu aktivitas yang cukup melelahkan tapi hasilnya tidak maksimal. Contohnya, kamu mendapatkan sebuah kosakata baru terus kamu benar-benar menghafal apa arti bahasa Indonesianya. Tapi kalau misalnya learning itu kamu mendapatkan sebuah kosakata baru dan kamu pelajari dan mendalami arti itu supaya itu bisa lebih melekat di memorinya panjang kamu dan kamu tahu juga cara penggunaannya dalam kalimat. Namun menghafal itu kamu rentan akan lupa, dan biasanya kamu tahu artinya tapi tidak tahu cara menggunakannya dalam kalimat.

Dan aku ingin kalian tahu, untuk mempelajari kosakata sampai kamu benar-benar mengingatnya, prosesnya cukup lama dan sering lupa dan ingat lagi dan lupa lagi. Jadi misalnya kamu pelajari sesuatu terus sepertinya lupa itu artinya apa, kemudian kamu ingat lagi terus besok-besoknya lupa lagi ingat lagi itu adalah proses untuk mengingat.

Bagaimana sebenernya kita mempelajari kosakata?

Sebenarnya, untuk menghafal kosakata itu triknya banyak tapi di artikel kali ini aku ingin membahas dua hal yang paling penting untuk memori jangka panjang kamu. Yaitu “2 R”, relevant and repetition.

1. Relevant

Untuk mendalami pengertian sebuah kata kamu itu harus mendalami dengan membuat kata itu relevan dengan hidup kamu. Kamu juga harus banyak mengulang kata tersebut. Tentu saja kalau relevan, kosakata itu akan selalu diulang-ulang dan itulah kunci untuk benar-benar mengingat kosakata tersebut.

Otak kita itu sebenarnya akan memfilter sesuatu yang sebenarnya itu tidak penting untuk kita. Aku pernah ingat, pada tahun pertama kuliah, aku ingin mempelajari semua hal. Aku pelajari tentang solar system atau sejarah Mesir, sejarah Turki dan lain-lain. Walaupun sejujurnya aku kurang tertarik dengan sejarahnya Turki, atau tentang hal-hal yang disebutkan tadi. Dan aku pelajari, kalau tidak salah semalaman gitu aku pelajari semuanya. Tapi setelah seminggu itu sama sekali tidak melekat. Karena kalau aku tidak tertarik itu, kosakata itu tidak akan bisa masuk ke otak. Maka semenjak itu aku lebih berhati-hati kalau misalnya belajar sesuatu. Ini hal yang aku pelajari apakah aku akan pakai ilmu ini atau hanya ilmu lain yang nantinya tidak terpakai.

Dan itu juga sama dengan saat mempelajari kosakata. Kalau aku pelajari kosakata, contohnya saat belajar bahasa Spanyol atau bahasa Belanda dan aku menemukan kata yang sepertinya asing sekali. Aku benar-benar memikirkan apakah akan aku pakai sehari-hari atau tidak. Karena pengalaman aku saat setiap hari aku pelajari sebuah kosakata yang tidak akan aku pakai kata-kata atau tidak aku temukan sehari-harinya, pasti nantinya lupa dengan sendirinya. Dan itu tidak apa-apa, karena itu tidak nyambung dengan hidup aku. Jadi, jangan asal sekedar mempelajari kata yang random saja.

Tapi misalnya kamu sudah ingin sekali mengingat sebuah kata untuk bisa mengingat itu kamu harus mencoba mencari relevansinya dengan ke hidup kamu. Misalnya kamu ingin mengingat kata rival, dan coba hal apa yang bisa kamu kaitkan. Kalau kamu suka sepak bola, kamu bisa kaitkan itu dengan rival team favorit kamu. Intinya, kaitkan dengan kehidupan kamu, dengan hal yang kamu kuasai, dan itu akan lebih mudah untuk mengingatnya.

2. Repetition

Agar kamu bisa mengingat kosakata, kamu harus sering dalam mengulang kosakata tersebut. Kamu pasti sekarang hafal jalan ke kampus atau jalan ke kantor karena kamu setiap hari lewat jalan itu. Sama kalanya dengan menghafal kata, kamu harus sering melihat kata ini di berbagai media, seperti konten video, film, buku, koran dan lain-lain.

Dalam proses menghafal kosakata juga ada trik sendiri. Jadi jangan terus-terusan seriap hari. Melainkan harus ada jeda, contoh hari senin kamu review, hari selasa jeda, hari rabu review kembali sampai benar-benar hafal. Dan harus konsisten, jangan sampai sekali menghafal, kemudian tidak pernah mereview lagi.

Demikian tips menghafal kosakata dari aku. Semoga kalian suka dengan artikel ini dan terus semangat dalam meningkatkan kemampuan skill bahasa kamu, bahasa apa pun itu. Tapi kalau kamu ingin lebih fokus belajar bahasa Inggris, kamu bisa mulai dengan mencari teman yang nantinya kamu mengajak mereka untuk mengobrol atau supaya pembelajaran kamu lebih terarah dan ada yang membimbing. Kamu bisa mulai kursus bahasa Inggris online. Kenapa online? Karena hal ini akan memudahkanmu untuk belajar di mana dan kapan saja. Carilah lembaga kursus yang menyediakan flexible schedule hingga materinya yang memfokuskan kamu untuk praktik.

JIka saat ini kamu membutuhkan lembaga kursus dengan kriteria seperti yang telah aku sebutkan diatas, Fluentz adalah solusi tepat.

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Inggris Ala Psikologi

Fluentz adalah lembaga pelatihan bahasa asing yang berkantor di Jakarta Pusat dan melayani kelas offline dan online di seluruh Indonesia. Fluentz menerapkan metode NFP (Natural, Fast and Powerful), kami mengembangkan metode ini berdasarkan dari teori language acquisition-nya Stephen Krashen, seorang pakar Bahasa yang buku-bukunya menjadi acuan dalam studi-studi tentang bahasa. Beliau menyatakan dalam mempelajari Bahasa baru harus fokus pada comprehensible input yaitu fokus pada pertukaran meaningful messages, practice and repetition. Dan Itu menjadi satu-satunya cara untuk menjadi fasih berbahasa.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program kursus Fluentz, kamu bisa menghubungi CS kami di nomor +62 813-7645-4665.

 

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎