Asking and Giving Suggestion dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimat (Advice)

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Asking and Giving

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah luput dari meminta saran atau memberi saran kepada orang lain. Bahkan meminta dan memberi saran dilakukan dalam hal yang sederhana. Misalnya saja ketika mengenakan pakaian.

Memberi atau meminta saran tentu saja tidak perlu berkaitan dengan sesuatu yang sifatnya mendalam. Kamu bisa melakukannya untuk hal-hal sederhana seperti mengenai pakaian tadi.

Misalnya apakah hari ini kamu harus mengenakan pakaian yang bernuansa apa. Apakah hari ini kamu ingin mengenakan pakaian yang formal atau kasual, dan lain sebagainya.

Dengan meminta dan memberi saran kamu bisa jadi lebih nyaman dalam menjalankan keseharianmu. Karena kamu bisa mendapatkan atau memberikan sudut pandang lebih luas terkait hal apapun itu.

Nah, kalau kamu sering melakukannya dalam bahasa Indonesia, kamu juga bisa melakukannya dalam bahasa Inggris. Hal tersebut bisa kamu lakukan sebagai ajang latihan menggunakan bahasa Inggris.

Tentu saja menguasai bahasa Inggris memang harus mempelajari materi dasar seperti mempelajari grammar dan vocabulary. Tapi kamu juga harus tahu bahwa mempraktekkan apa yang sudah kamu pelajari juga menjadi kunci menguasai materi bahasa Inggris.

Kamu bisa melakukannya kepada orang lain di media sosial, kepada temanmu atau kepada siapa pun yang ingin kamu jadikan partner latihan bahasa Inggris.

Dengan begitu kemampuanmu berkomunikasi dalam bahasa Inggris akan semakin meningkat. Tertarik untuk mempelajarinya? Yuk simak penjelasan tentang asking and giving suggestions or advice di artikel berikut ini!

Pengertian Asking Suggestion

Suggestion memiliki arti saran, rekomendasi atau usulan. Dengan begitu, asking suggestion or advice adalah ungkapan dalam bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk meminta nasihat, saran atau masukan terkait suatu hal dari orang lain.

Nah perbedaan suggestion dengan advice adalah maknanya. Suggestion merupakan saran, sedangkan advice artinya nasihat. Dalam konteks penggunaannya pun berbeda.

Jika suggestion bisa kamu gunakan untuk meminta saran terkait hal yang bersifat pilihan atau keputusan sehari-hari, sedangkan advice mengacu pada sesuatu yang lebih serius dan formal.

Seringkali nasihat berkaitan dengan meminta pendapat dari seseorang yang memiliki pengalaman atau pengetahuan lebih dalam bidang tertentu. Misalnya dokter, guru, penasihat, dan lain sebagainya.

Tujuan Asking Suggestion (Advice)

Asking suggestion or advice bisa dilakukan saat kamu tidak yakin dengan diri sendiri mengenai suatu hal. Karena tujuan asking suggestion or advice adalah untuk membantumu mengambil suatu keputusan atau memecahkan masalah.

Jika kamu mendapat saran dari orang lain kamu akan mendapatkan berbagai pandangan, pendapat atau pertimbangan yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh dirimu sendiri.

Contoh Ungkapan (Expressions) Kalimat Asking for Suggestion or Advice

Meminta saran atau nasehat dalam bahasa Inggris bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu cara formal dan cara informal.

Cara formal bisa kamu lakukan ketika kamu sedang berada di lingkungan profesional. Misalnya seperti lingkungan kerja, lingkungan sekolah atau lingkungan kampus, atau lingkungan bisnis.

Sedangkan ungkapan atau ekspresi asking for suggestion or advice dengan cara informal dapat dilakukan ketika ingin meminta saran kepada teman, keluarga atau kerabat dekat.

Berikut ini adalah contoh asking suggestion or advice dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan.

Formal

Informal

Pengertian Giving a Suggestion or Advice

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, suggestion memiliki arti saran, rekomendasi atau usulan. Sehingga giving suggestion adalah ekspresi atau ungkapan memberi saran atau usulan kepada orang lain mengenai suatu hal.

Sedangkan advice adalah nasihat. Sehingga giving advice memiliki arti memberi nasihat, yang biasanya merupakan suatu hal yang bersifat lebih serius atau formal.

Selain itu memberi nasihat juga berkaitan erat dengan pengetahuan atau pengalaman lebih suatu bidang. Jadi ketika memberikan nasihat atau giving advice, pastikan kamu memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam hal yang sedang didiskusikan.

Tujuan Giving Suggestion (Advice)

Giving suggestion or advice biasanya memiliki tujuan untuk memberi ide atau perspektif (sudut pandang) yang berbeda kepada orang lain. Sehingga orang lain tersebut dapat membuat keputusan dan solusi yang lebih baik daripada yang ia miliki saat itu.

Namun hal penting yang harus kamu ingat adalah ketika memberi saran atau nasihat kepada siapa pun, baik orang yang sudah kamu kenal baik atau belum, sampaikanlah dengan gaya bahasa yang baik. Jangan lupa juga untuk menghindari sikap yang membuat kesan menghakimi lawan bicaramu.

Kalau kamu bisa memberikan saran dan nasihat, berikanlah saran dan nasihat yang membangun. Namun kalau orang yang bersangkutan tidak meminta saran atau nasihat, kamu sebaiknya tidak perlu memberikan saran atau nasihat.

Contoh Ungkapan (Expression) Kalimat Giving Suggestion

Giving suggestion or advice dalam bahasa Inggris dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara yang formal dan cara informal.

Sebagaimana yang sudah kamu pahami, cara formal dilakukan ketika kamu sedang berada di lingkungan profesional. Seperti lingkungan kerja, lingkungan sekolah atau kampus atau lingkungan bisnis.

Sedangkan giving suggestion or advice dengan cara informal dapat dilakukan kepada teman, keluarga atau kerabat dekat. Berikut ini adalah contoh giving suggestion or advice yang bisa kamu gunakan.

Formal

Informal

Accepting and Refusing Suggestion or Advice (Menerima dan Menolak Saran atau Nasihat)

Saat kamu mendapat saran atau nasihat dari orang lain, kamu memiliki pilihan untuk menerima atau menolak saran atau nasihat tersebut. Nah, berikut ini adalah contoh ungkapan yang bisa kamu gunakan ketika menerima atau menolak saran atau nasihat:

Accepting Suggestion (Menerima Saran)

Kalau orang lain memberikanmu saran dan nasihat, kemudian kamu setuju dengan saran tersebut, kamu bisa memberikan ungkapan terima kasih dan apresiasi kepada mereka. Berikut adalah beberapa contoh ungkapan yang bisa kamu gunakan:

Formal

Informal

Baca Juga: Past Perfect Tense: Pengertian, Penggunaan, Fungsi, Rumus dan Contoh Kalimat

Refusing Suggestion (Menolak Saran)

Namun kalau kamu merasa kurang cocok atau tidak sesuai dengan saran dan nasihat yang diberikan oleh orang lain kepadamu, kamu bisa menolak atau mengatakan tidak. Sampaikanlah secara halus penolakanmu tersebut dengan ekspresi-ekspresi berikut:

Formal

Informal

Contoh Dialog Asking and Giving Suggestion (Advice) tentang Liburan

Ben: I’m planning a holiday but I’m not sure where to go. Do you have any suggestions, Jack?

Jack: How about visiting Yogyakarta? It has beautiful beaches and rich culture. You might enjoy it.

Ben: I’ve heard it’s quite crowded there. I’m looking for something more serene.

Jack: In that case, how about Raja Ampat in Papua? It’s peaceful and the scenery is breathtaking. You might love it!

Ben: That sounds great. I will look into it. Thanks for the suggestion, Jack!

Contoh Percakapan Asking and Giving Suggestion 2 Orang Singkat tentang Belajar

Susan: I can’t focus on studying. Any advice, Daniel?

Daniel: Try studying in the library. It helps me focus.

Susan: I’ve tried, but it didn’t work.

Daniel: Then, how about forming a study group? I hear people studying together makes you more focus.

Susan: Good idea. I’ll try that.

Demikianlah penjelasan tentang asking and giving suggestion or advice dalam bahasa Inggris. Dengan mempelajarinya kamu akan mengetahui cara meminta dan memberikan saran atau nasihat dalam bahasa Inggris.

Hal ini akan membantumu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Tapi kamu harus ingat bahwa kamu harus mengaplikasikan apa yang sudah kamu pelajari. Dengan begitu kamu bisa semakin menguasai materi yang sudah kamu dapatkan.

Kalau pun kamu merasa ingin tahu lebih lanjut tentang bahasa Inggris dan membutuhkan tutor yang akan membimbingmu, kamu bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan guru-guru yang asik. Di sana juga ada banyak pilihan program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selengkapnya: https://bit.ly/KursusInggrisJakartaPusat

Referensi:

Basic English Speaking. ND. Making Suggestions and Giving Advice in English (online at) https://basicenglishspeaking.com/making-suggestions-giving-advice-english/ [accessed on 2 August 2023]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎