Asking and Giving Direction dalam Bahasa Inggris

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
asking and giving direction
What’s the right way to get there?

Hai english learners! Kamu pernah ngalamin nggak sih, ketika kamu sedang berjalan-jalan tapi kamu tersesat dan bingung jalan mana yang harus dilalui untuk sampai ke tujuan? Ini sudah pasti umum kita rasakan, apalagi kalau kita bepergian ke tempat baru yang belum pernah kita jumpai.

Zaman sekarang semua memang sudah serba online, begitu pun dengan teknologi google maps atau peta. Pasalnya google maps merupakan mesin yang tidak bisa selalu kita percayai secara 100%, dan terkadang kita perlu bertanya soal petunjuk arah kepada orang yang ada di sekitar lokasi.

Nah, pada kali ini kita akan membahas bagaimana sih cara bertanya dan memberi petunjuk arah dalam bahasa Inggris beserta contoh percakapan bahasa Inggris asking and giving direction. Simak ya penjelasan dibawah ini sampai habis!

Apa Itu Direction?

Direction atau arah dalam bahasa Indonesia adalah petunjuk atau arahan untuk menuju lokasi tujuan. Direction bisa berupa bentuk tulisan, peta, atau pun lisan yang diucapkan secara langsung oleh seseorang. Tujuan dari direction adalah membantu orang mencapai tujuan mereka dengan tepat dan mudah.

Menanyakan petunjuk arah penting untuk kita pelajari supaya kamu tidak kesulitan bertanya jika kamu dalam situasi tersesat. Tidak hanya bertanya petunjuk arah, memberikan petunjuk arah juga suatu hal yang penting, who knows? Kalau kamu sedang bepergian keluar negeri dan tiba-tiba ada seseorang yang menanyakan petunjuk arah pada kamu.

Asking Direction

Asking direction adalah meminta arahan atau petunjuk atau petunjuk untuk menuju lokasi yang diinginkan atau dituju. Hal ini dilakukan ketika seseorang tidak tahu jalur mana yang harus diambil untuk mencapai tempat tujuan. Nah, sebelum mengucapkan kalimat asking direction, ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Salam

Dalam memulai perbincangan dengan orang asing, sebaiknya memberi salam sebagai bentuk sopan santun terhadap orang yang baru kita jumpai. Contoh salam yang dapat kamu gunakan:

  • Excuse me, can you help me please? (Permisi, bisakah kamu membantuku?)
  • Hello sir/ma’am (Halo pak/bu)
  • Good morning, I’m sorry to bother you (Selamat pagi, Maaf saya memganggu kamu)
  • Hi, I’m sorry to disturb you, but… (Hai, Maaf saya mengganggu kamu, tapi…)
  • Pardon me, can I ask for your help? (Maaf. bisakah aku meminta bantuanmu?)

2. Menjelaskan Situasi

Setelah mengucapkan salam, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah menjelaskan situasi kamu saat ini atau menggambarkan keadaanmu. Contohnya:

  • I’m not very familiar with this city (Saya nggak terlalu akrab dengan kota ini)
  • I’m sorry, I don’t know the way (Maaf, saya nggak tahu jalan)
  • I am new here, could you give me a clear direction? (Saya baru disini, bisakah kamu memberi tahu aku jalan yang benar?)
  • I’m not from here (Saya bukan dari sini)

3. Menggunakan Kata-Kata yang Mudah Dipahami

Dalam asking direction, menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dapat memudahkan kamu untuk meminta petunjuk arah pada orang lain dengan cara yang sopan dan mudah dimengerti. Berikut contohnya:

  • Which direction should I take? (Mana arah yang seharusnya saya ambil)
  • I’m looking for… (Aku mencari untuk…)
  • I want to go to… (Aku mau pergi ke…)
  • Is this the way to…? (Apakah ini jalan untuk…)
  • Can you please show me the way to…? (Bisakah kamu menunjukkan ku jalan ke…?)

Grammar dalam Asking Direction

Asking direction juga menggunakan grammar agar kalimat yang diutarakan terdengar tepat dan jelas. Kamu dapat gunakan grammar dibawah ini.

1. Question Words

Question words seperti what, where, when, why, dan how digunakan untuk meminta informasi tentang arah dan lokasi.

2. Modal Verb

Modal verb seperti can, could, may, might, dan would digunakan untuk meminta izin, saran, atau permintaan.

3. Tenses

Tense yang digunakan tergantung konteks dan waktu saat berbicara. Contohnya, present simple digunakan untuk menggambarkan pada saat ini, past simple untuk menggambarkan peristiwa yang sudah terjadi di masa lalu, dan future tense digunakan untuk merencankan perjalanan di masa depan.

4. Prepositions

Preposition seperti In, On, At digunakan untuk memberikan informasi tentang lokasi dan arah.

5. Imperatives

Imperatives seperti turn left, go straight, and cross the street digunakan untuk memberikan instruksi tentang arah yang harus diambil.

Baca Juga: Pengertian Simple Present Tense, Fungsi, Rumus, Contoh Kalimatnya 

Kalimat Asking Direction yang Sering Digunakan

  • Where is the place? (Dimana tempatnya?)
  • What’s the right way to get there? (Bagaimana cara yang benar untuk sampai ke sana?)
  • Is it close? (Apakah sudah dekat?)
  • Can you help me to find this place? (Bisakah kamu membantu aku untuk menemukan tempat ini?)

Giving Direction

Giving direction adalah memberikan petunjuk atau arahan kepada seseorang tentang cara mencapai suatu lokasi atau arah yang diminta. Dalam giving direction, seseorang memberikan informasi tentang arah, jalan, dan tanda-tanda yang harus diikuti untuk mencapai tujuan yang dimaksud.

Tujuan dari giving direction adalah membantu orang lain menemukan tujuan mereka dengan mudah dan aman.

Nggak hanya asking direction, giving direction pun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, nah simak ya penjelasan di bawah ini!

1. Berikan Petunjuk yang Akurat dan Terperinci

Ketika seseorang bertanya kepada kita menanyakan petunjuk arah, so guys kita harus memberikan informasi yang spesifik dan jelas mengenai arah dan jalan yang harus diambil untuk mencapai tujuan.

Dengan memberikan petunjuk yang terperinci dan sistematis, kita dapat membantu orang yang meminta arahan untuk mnemukan tujuannya lebih mudah.

2. Mengucapkan Kata Maaf Jika Tidak Tahu Arah yang Ditanyakan

Jika ada seseorang datang dan bertanya petunjuk arah, namun kamu nggak bisa membantu sebaiknya mengucapkan kata maaf, seperti contoh ini:

  • I’m sorry, I’m not sure about the correct direction. (Maaf, Saya tidak yakin dengan arah yang benar.)
  • Sorry, I’m not very familiar with this area. However, I will try to help you find the right way. (Maaf, Saya tidak terlalu kenal dengan area ini. Bagaimana pun, saya akan mencoba bantu kamu menemukan jalan yang benar.)
  • I’m sorry, I find it difficult to give accurate directions as I just moved to this city. (Maaf, saya agak kesulitan untuk memberikan petunjuk yang akurat karena saya baru saja pindah ke kota ini.)

Grammar dalam Giving Direction

Untuk memberikan petunjuk atau arahaan, terdapat beberapa tata bahasa atau grammar yang umum digunakan dalam bahasa Inggris, berikut grammar yang dapat kamu gunakan.

1. Menggunakan Imperative Verb

Kata kerja imperatif digunakan untuk memberikan perintah, begitu pun dengan giving direction yang bertujuan untuk memberikan arahan serta perintah jalan mana yang harus diambil. Contoh:

  • Turn left at the traffic light. (Belok kiri di lampu lalu lintas.)
  • Walk straight for two blocks. (Jalan terus selama dua blok.)
  • Cross the bridge and turn right. (Menyebrangi jembatan dan belok kanan.)

2. Mengggunakan Preposition

Preposition dalam giving direction juga digunakan untuk memberikan arah, menggambarkan hubungan spesial antara dua objek atau lokasi yang dibicarakan dalam kalimat. Contoh:

  • Go straight until you reach the traffic light. (Lurus terus sampai kamu sampai di lalu lintas.)
  • Turn left at the intersection. (Belok kiri di persimpangan.)
  • The restaurant is located next to the bank. (Restoran berada di sebelah bank.)

Kalimat Giving Direction yang Sering Digunakan

asking and giving direction

  • Go straight ahead. (Jalan lurus ke depan.
  • Cross the bridge. (Sebrangi jembatan.)
  • Turn left/turn right. (Belok kiri/belok kanan.)
  • Cross the road. (Sebrangi jalan.)
  • Follow this road. (Ikuti jalan ini.)

Contoh Percakapan Asking and Giving Direction

Berikut adalah 2 contoh dialog asking and giving directions in english beserta artinya :

Dialog 1

Asking direction to the traditional market.

(Bertanya petunjuk arah untuk ke pasar tradisional.)

A : “Excuse me, sorry to bother you. I’m looking for the way to traditional market, could you please tell me the direction?”

B : “Sure, if you go straight to the north from here about 500 meters, you’ll arrive at T-junction. Turn left, and the traditional market is on your right-hand side.”

A : “Oh alright, thank you so much. Sorry, is there a shorter or easier route?”

B : “Actually, there’s shortcut that is closer. but the road is quiet winding and not very wide. If you want an easier route, it’s better take the main road.”

A : “Alright, thank you for the information. Sorry, is the traditional market busy and easy to find?”

B : “Yes, the traditional market is quiet busy and well-known in this area, so it should be easy to find. But if you’re still having trouble, you can ask the people around or the security guards near the market.”

A : “Ok thank you very much for your help”

B : “Your welcome, take care on the road.”

Translate

A : “Permisi, maaf mengganggu anda. Saya sedang mencari jalan untuk ke pasar tradisional. Bisa tolong kasih tau arahnya?”

B : “Tentu, kalau dari sini bisa langsung jalan terus ke arah utara sekitar 500 meter, nanti akan sampai di pertigaan. Belok kiri, dan pasar tradisional ada di samping kanan jalan.”

A : “Oh baik, terima kasih banyak. Maaf apakah ada jalan yang lebih pendek atau lebih mudah?”

B : “Sebenarnya ada jalan pintas yang lebih cepat, tapi jalannya berliku dan tidak terlalu lebar. Kalau ingin lebih mudah, lebih baik ikut jalan besar saja.”

A : “Baik, terima kasih atas informasinya. Maaf, apakah pasar tradisional cukup ramai dan mudah ditemukan?”

B : “Ya, pasar tradisional ini cukup ramai dan terkenal di daerah sini, jadi seharusnya mudah ditemukan. Tapi kalau masih kesulitan, kamu bisa bertanya pada orang sekitar atau pada petugas keamanan sekitar pasar.”

A : “Oke, terima kasih atas bantuannya.”

B : “Sama-sama, hati-hati di jalan ya.”

Dialog 2

Asking direction to the post office.

(Bertanya petunjuk arah ke kantor pos)

A : “Excuse me sir, can you help me?”

B : “Oh yes of course, how I can help?”

A : “I’m new here, and I’m looking for post office, but I can find it. Can you give me directions to post office?”

B : “Sure, from here you can go straight ahead about 200 meters. Until you find a crossroad, take a right turn. And go straight about 500 meters, and the post office will be on yout left-hand road.”

A : “Oh I see, if I want to take public transportation to get there, what should I do?”

B : “Um, you can take bus number 10 or 15. The bus will stop in front of the supermarket, and the post office is located right next to it.”

A : “Okay, thanks a lot sir, have a nice day!

Translate

A : “Permisi pak, bisakah anda membantu saya.”

B : “Oh ya tentu saja, apa yang bisa saya bantu?”

A : “Saya baru disini, dan saya mencari kantor pos, tapi saya tidak menemukannya. Bisakah anda memberi saya petunjuk arah ke kantor pos?.”

B : “Tentu, dari sini anda bisa langsung jalan sekitar 200 meter. Sampai menemukan perempatan jalan, ambil jalan ke kanan. Dan jalan lurus sekitar 500 meter. Dan kantor pos ada di sebelah kiri jalan.”

A : “Oh begitu, kalau saya mau naik transportasi umum untuk ke sana, apa yang harus saya lakukan.”

B : “Um, anda bisa naik bus nomor 10 atau 15. Busnya akan berhenti di depan supermarket, dan kantor pos berada di sebelahnya.”

A : “Oke, terima kasih banyak pak, semoga harimu menyenangkan.”

Dialog 3

Asking for the way to seven eleven store.

(Menanyakan jalan ke toko seven eleven.)

A : “Pardon me, can I ask you for help? I’m lost!”

B : “Yes, where do you want to go?”

A : I want to go to seven eleven store, the google maps said the store is on Ahmad Yani street. I’ve been looking for about an hour, but I can’t find it.”

B : “Oh my god, I’m sorry to hear that. Okay, from here turn right and follow the street. And then in Y-junction, take a right turn and you will find seven eleven there is on the right in between the coffe shop and the bank.

A : “I thought it was far from here, but it’s pretty close.”

B : “Yes, you just need to follow my direction.”

A : “Thank you so much for your help, good bye”

B : “Your welcome, be careful on the way.”

Translate

A : “Maaf, bisakah saya meminta bantuan anda? Saya tersesat!”

B : “Ya, ke mana anda mau pergi?”

A : “Saya mau pergi ke toko seven eleven, google maps bilang toko itu ada di jalan Ahmad Yani. Saya sudah mencari sekitar 1 jam, tapi saya tidak dapat menemukannnya.”

B : “Ya tuhan, saya menyesal mendengarnya. Oke dari sini belok kanan dan ikuti jalannya. Dan kemudian di persimpangan Y, ambil jalan ke kanan dan anda akan menemukan toko seven eleven di sebelah kanan diantaranya toko kopi dan bank.”

A : “Saya kira itu jauh dari sini, tapi ternyata cukup deket”

B : “Ya, anda hanya perlu mengikuti arahan saya.”

A : “Terima kasih banyak atas bantuan anda, selamat tinggal!”

B : “Sama-sama. Hati-hati ya di jalan.”

Nah, itu dia guys cara nya untuk menanyakan petunjuk dan juga memberikan petunjuk arah lengkap dengan contoh dialog asking and giving direction beserta artinya. Kamu sudah mengerti kan? Oh yaa, jangan lupa untuk selalu di praktikkan supaya kamu nggak kagok waktu ketemu bule hihi.

Anyway guys, kamu bisa lho melatih bahasa Inggris kamu dengan mencoba berbicara sama native speaker. Gimana caranya sih? Kamu boleh join kelas di Fluentz, kelas ini diadakan secara online guys. Fluentz merupakan lembaga kursus bahasa Inggris online terbaik, jadi kamu nggak mungkin menyia-nyiakan kesempatan ini, bukan? Kami tunggu kehadiran kamu di kelas online kami ya.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎