Preference Bahasa Inggris: Pengertian, Jenis dan Contoh Kalimat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
apa itu preference
I would prefer cupcake to apple

Hallo English Learners! Preference dalam bahasa Inggris merupakan ungkapan yang lebih di sukai, preference adalah salah satu hal yang sangat personal dari sekian banyak kosakata bahasa Inggris yang cukup populer dalam banyak penggunanya. Kamu sudah pernah mendengar tentang kata preference sebelumnya? Atau kamu pernah mendengar kata “prefer” saja? Memahami materi preference kita sendiri dapat membantu kita membuat keputusan yang lebih tepat dan membuat hidup lebih nyaman. Lalu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan preference? Preference sendiri memiliki arti yang berbeda, pahami artikel dibawah ini. Pengertian preference beserta jenis-jenis, dan contoh kalimat dalam bahasa Inggris. Yuk, pahami artikel di bawah ini.

Pengertian Preference

Preference adalah suatu ungkapan seseorang terhadap sesuatu ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan pendapat atau pilihan yang disukai. Preference dapat berkaitan dengan berbagai hal, seperti makanan, minuman, hobi, gaya fashion, musik, film, buku, dan bahkan pilihan karier.

Meskipun preference bersifat subjektif dan personal, namun penerapannya dalam kalimat preference diri sendiri dapat membantu keputusan aktivitas yang lebih baik dan memilih pilihan yang lebih tepat dalam berbagai situasi, termasuk dalam memilih hobi, karier, atau bahkan dalam memilih pasangan hidup. Kalau kalian tahu, penggunaan preference sering ditemukan sehari-hari. Bahkan mungkin secara tidak sadar, kamu sering menggunakannya.

Jenis Preference dalam bahasa Inggris

Jenis-jenis dalam preference ada 6 jenis yang umum ditemukan dalam percakapan, yaitu: Prefer, would prefer, would rather, like, had better, instead of. Langsung simak penjelasan nya.

apa itu preference

1. Prefer

Prefer adalah kata kerja (verb) dalam bahasa Inggris yang berarti memilih atau lebih suka. Kamu bisa menerapkan beberapa rumus, yaitu:

Subject + prefer + to-infinitive (+ object)

Contoh: She prefers to drink coffee in the morning. (Dia lebih suka minum kopi di pagi hari)

Subject + prefer + -ing (+ object)

Contoh: He prefers reading novels to watching movies. (Dia lebih suka membaca novel daripada menonton film)

Subject + prefer + noun (+ to + noun)

Contoh: They prefer pizza to hamburgers. (Mereka lebih suka pizza daripada hamburger.)

2. Would prefer

Would prefer adalah frasa yang menunjukkan preferensi bersyarat. Artinya seseorang akan memilih satu hal daripada yang lain jika diberi pilihan atau jika kondisi tertentu terpenuhi. Would prefer memiliki rumus yang bisa kamu gunakan untuk membentuk kalimat preference sebagai berikut:

Subject + would prefer + object + (to) + verb

Contoh: I would prefer to stay home tonight instead of going out. (Saya lebih suka tinggal di rumah malam ini daripada pergi keluar)

3. Would rather

Would rather adalah frasa dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan preferensi seseorang terhadap satu hal atau situasi dibandingkan dengan yang lain. Frasa ini sering digunakan ketika seseorang memilih satu opsi daripada yang lain. Berikut rumus yang harus di perhatikan:

Subject + would rather + infinitive verb + object

Contoh: I would rather stay at home tonight. (Saya lebih suka tinggal di rumah malam ini.)

4. Like

Like adalah kata kerja dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan suka terhadap suatu hal atau situasi. Berikut rumus-rumusnya:

Subject + like + noun/gerund + (better/than) + noun/gerund

Contoh: I like coffee better than tea. (Saya lebih suka kopi daripada teh.)

5. Had Better

Had better adalah frasa dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk memberikan saran atau perintah pada orang lain agar melakukan sesuatu. Frasa ini biasanya digunakan untuk menyatakan preferensi atau saran agar seseorang melakukan sesuatu daripada yang lain. Berikut rumus tentang had better:

Subject + had better + base form of verb + (object)

Contoh: You had better take an umbrella with you. (Kamu sebaiknya membawa payung.)

Baca Juga: Mengenal Phrase dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Fungsi, Jenis beserta Contoh Kalimat

6. Instead Of

Instead of adalah makna dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang memilih satu pilihan atau tindakan daripada yang lain. Berikut rumusnya:

Subject + verb + noun/gerund + instead of + noun/gerund

Contoh: I will have a glass of water instead of a can of soda. (Saya akan minum segelas air daripada kaleng minuman bersoda.)

Contoh Kalimatnya dalam bahasa Inggris

Di bawah ini akan di sajikan contoh kalimat preference, simak contohnya dibawah ini agar kalian lebih paham:

  • I prefer to exercise in the morning rather than in the evening. (Saya lebih suka berolahraga di pagi hari daripada di malam hari.)
  • Would you prefer to travel by train or by car? ( Apakah kamu lebih suka bepergian dengan kereta atau mobil?)
  • She would rather watch a romantic movie than an action movie. (Dia lebih suka menonton film romantis daripada film aksi)
  • I like to eat spicy foof for lunch. (Saya suka makan makanan pedas untuk makan siang)
  • You had better study for the exam, it’s very important. (Kamu sebaiknya belajar untuk ujian, itu sangat penting)
  • Instead of going to the gym, I prefer to exercise at home. (Daripada pergi ke gym, saya lebih suka berolahraga di rumah)
  • He prefers to drink tea with milk and sugar. (Di lebih suka minum teh dengan susu dan gula)
  • I would prefer to live in a small town rather than a big city. (Saya lebih memilih tinggal di kota kecil daripada kota besar)
  • Would you rather go for a walk or go for a bike ride? (Apakah kamu lebih suka pergi jalan-jalan atau naik sepeda?)
  • Instead of watching TV, I like to listen to music. (Daripada menonton TV, saya suka mendengarkan musik.)
  • She would rather go shopping than watch a movie. (Dia lebih suka pergi berbelanja daripada menonton film.)
  • I like to drink green tea in the afternoon. (Saya suka minum teh hjau pada siang hari.)
  • You had better eat your vegetables, they’re good for you. (Kamu sebaiknya makan sayuran, mereka baik untukmu)
  • I prefer to read books in the park rather than at home. (Saya lebih suka membaca buku di taman daripada dirumah)
  • Would you prefer to go to the beach or the mountains for vacation? (Apakah kamu lebih suka pergi ke pantai atau ke pegununagan untuk liburan.)

Demikianlah penjelasan mengenai preference lengkap dengan jenis-jenis yang digunakan. Jika kamu merasa kurang paham sama pengertiannya, kamu tanyakan kepada gurumu. Yuk, baca artikel lainnya yang ada di grammar & vocabulary section.

Oh iya, kalau kamu merasa kurang pede dengan kemampuan bahasa Inggrismu, dan ingin meningkatkan English skill, dan membutuhkan tutor yang akan membimbingmu, kamu bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan guru-guru yang asik. Di sana juga ada banyak pilihan program yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎