4 Tips Terbaik Menguasai Bahasa Inggris Secara Cepat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

4 Tips Terbaik Menguasai Bahasa Inggris Secara Cepat

4 tips menguasai bahasa Inggris secara cepat ini diharapkan akan membuka wawasan kalian untuk lebih semangat lagi dalam belajar bahasa Inggris. Dikarenakan di era ini, memiliki kemampuan bahasa Inggris bukan lagi sebuah pilihan, namun bisa jadi sebuah keharusan. Di berbagai segi kehidupan kita dituntut untuk mampu berbahasa Inggris, mulai dari lingkungan kerja, aktifitas bisnis, kegiatan akademis, dunia hiburan hingga dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak cara yang dapat dikerjakan supaya dapat berbahasa Inggris dengan baik dan lancar. Bisa dengan membaca buku, menonton video berbahasa Inggris, mempelajari video/e-course bahasa Inggris hingga mengikuti kursus bahasa Inggris.
Banyak yang berhasil dengan cara-cara tersebut, namun tak sedikit juga yang sudah mencoba dengan totalitas, ujung-ujungnya tak kunjung berhasil.
Apa saja kira-kira yang perlu dilakukan agar dapat berbahasa Inggris dengan baik dan lancar? Baca tulisan ini hingga tuntas, ya!

Massive input

Mendengarkan adalah awal mula seseorang mampu mengucapkan kata sampai kalimat. Dengan mendengarkan berarti kita sedang melakukan proses input. Proses input (listening) inilah yang memungkinkan seseorang untuk mulai melakukan output (speaking). Begitulah kurang lebih proses pembentukan skill berbahasa pada seseorang. Pada dasarnya, tehnik massive input ini telah digunakan oleh para pakar bahasa sejak jaman dahulu hingga sekarang ini. Tehnik ini tidak lekang oleh jaman karena kefektifannya yang sudah terbukti. Oleh sebab itu, hal pertama yang sebaiknya dilakukan oleh seseorang yang ingin menguasai sebuah bahasa asing adalah massive input. Mendengarkan kata, frasa hingga kalimat secara berulang-ulang. Jika seseorang tak kunjung mampu berbahasa Inggris walaupun sudah mencoba berbagai cara, cobalah mulai gunakan cara sederhana ini, dengarkan audio conversation bahasa Inggris dengan text, atau bisa juga mendengarkan podcast berbahasa Inggris kesukaanmu.

A Mentor

Mentor memiliki peran untuk membimbing dan mengarahkan agar skill berbahasa Inggris kita semakin meningkat. Mentor profesional dapat mengetahui weakness dan kelebihan kita, sehingga seorang mentor akan menyusun program belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan kita. Bukan hanya melakukan pengarahan dan pendampingan, seorang mentor juga dapat menjadi “English conversation partner” bagi muridnya.

Active English Environment

Salah satu hal yang membuat kita susah menguasai bahasa Inggris secara cepat adalah faktor lingkungan. Lingkungan yang aktif berbahasa Inggris pastinya dapat membantu mempercepat penguasaan bahasa Inggris kita. Bagaimana tidak, kita “dipaksa” untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris, mulanya memang “dipaksa”, tapi lama-lama pasti akan terbiasa. Bukti dari pentingnya lingkungan adalah diri kita sendiri, kenapa kita bisa berbahasa Indonesia dengan begitu lancar? Tentu karena kita berada di lingkungan orang-orang yang memakai bahasa Indonesia. Kita dibiasakan untuk mendengarkan kalimat-kalimat bahasa Indonesia dengan intensif (massive input). Perhatikan juga orang-orang yang memutuskan tinggal di luar negeri, sebelum berangkat kemampuan bahasa Inggris mereka mungkin hanya sampai di level B2, namun setelah menetap sekian lama, kemampuan bahasa Inggrisnya bisa meningkat dengan drastis hingga C2.
Apakah kita harus menetap diluar negeri terlebih dulu untuk lancar berbahasa Inggris? Tentu tidak harus.
Salah 1 jalan yang dapat dilakukan adalah membuat lingkungan berbahasa Inggris, Anda bisa lakukan 3 tips ini:

  • Smartphone
    Well, Anda bisa mulai dari benda yang paling sering Anda gunakan, yaitu smartphone. Mulai sekarang, Anda bisa ubah pengaturan bahasa untuk smartphone Anda menggunakan bahasa Inggris. Mulai dari sosial media, pengaturan umum, games, notes, dll menggunakan bahasa Inggris.
  • English Community English community adalah kumpulan orang-orang yang mengadakan pertemuan dengan tujuan yang sama, yaitu untuk mendapatkan “English speaking partner”. Dengan bergabung di English community, Anda tidak hanya bisa untuk mengasah skill bahasa Inggris, tapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan memperluas jaringan pertemanan.
  • English Course
    Mendaftar di kursus bahasa Inggris online atau pun offline bisa memberikan pengalaman lebih banyak dari English community, karena English course, sebagai lembaga profesional akan memberikan pelayanan-pelayanan terbaiknya untuk mendukung peserta kursusnya menguasai bahasa Inggris, seperti: placement test, module, counselling, final test, sertifikat, speaking forum dan lain sebagainya.

Massive Intensity

Salah 1 hal yang kudu dilakukan untuk menguasai bahasa Inggris adalah repetation atau pengulangan. Dengan pengulangan yang dilakukan secara terus menerus, maka akan terbentuk pembiasaan. Pembiasaan ini yang diharapkan dapat menjadi awal mula seseorang berbahasa Inggris dengan aktif dan natural. Jangan berharap bahwa kita dapat menguasai bahasa Inggris hanya dengan menghadiri kelas 1-2 kali dalam seminggu, pengulangan wajib dilakukan secara intensif dan terus-menerus. Seorang guru bahasa Inggris dari Perancis pernah mengatakan “praktikkan bahasa Inggris setiap waktu, bahkan saat kamu bermimpi sekalipun, bermimpilah dengan bahasa Inggris”. Jadi, untuk mencapai impian menguasai bahasa Inggris, lakukan pembiasaan dengan massif, mulai dari menonton tayangan berbahasa Inggris, membaca tulisan berbahasa Inggris, mencari komunitas orang-orang yang menyukai bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Penggunaan Question Words Dalam Bahasa Inggris

Itu dia, 4 trik yang dapat Anda lakukan agar dapat menguasai bahasa Inggris dengan baik dan lancar. Ke-4 cara ini telah berhasil membawa jutaan orang kepada impiannya untuk mampu berbahasa Inggris dengan baik dan lancar, apakah Anda yang berikutnya?

Jika Anda memerlukan pendampingan untuk menjalankan ke 4 cara diatas, Fluentz akan menjadi partner terbaik Anda untuk menguasai bahasa Inggris.

Fluetz akan mendampingi Anda untuk aktif berbahasa Inggris menggunakan 4 cara yang sudah teruji, yaitu Massive Input, Active English Environment, A mentor dan Massive Intensity.

Fluentz adalah lembaga pelatihan bahasa asing yang berkantor di Jakarta Pusat. Fluentz menerapkan metode NFP (Natural, Fast and Powerful), metode yang dikembangkan dari teori language acquisition-nya Stephen Krashen, seorang fakar Bahasa yang buku-bukunya menjadi referensi dalam studi-studi tentang bahasa. Beliau menyatakan dalam mempelajari Bahasa baru harus fokus pada comprehensible input yaitu fokus pada pertukaran meaningful messages, practice and repetition. Dan Itu menjadi satu-satunya cara untuk menjadi fasih berbahasa.

Klik link ini untuk info detail.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎