Memiliki Kesusahan Dalam Belajar Bahasa Inggris? Ini Dia Solusinya!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Memiliki Kesusahan Dalam Belajar Bahasa Inggris? Ini Dia Solusinya!

Memiliki Kesusahan Dalam Belajar Bahasa Inggris? Ini Dia Solusinya! – Halo teman-teman semua! Pasti ada beberapa diantara kalian yang bingung bagaimana sih caranya supaya sukses? Bagaimana sih caranya supaya kaya? Ada satu hal yang lumayan membantu kalian untuk mencapai kedua hal tersebut yaitu skill dalam berbahasa inggris. Di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana bahasa Inggris bisa membuat kalian terlihat lebih pintar.

Hal pertama yang akan kita bahas adalah kenapa sih kita harus bisa berbahasa inggris? Sepenting apa sih belajar bahasa inggris? Jawabannya adalah kalau misalnya kalian tidak bisa berbahasa Inggris kalian akan melewati banyak sekali kesempatan, banyak sekali cara-cara untuk kalian menjadi sukses.

Oke kami akan membahas hal ini, ada beberapa alasan kenapa harus belajar bahasa Inggris, yaitu:

1. Aksesibilitas

Kalau kita lihat sekarang mulai dari buku, film, berita, pengetahuan dalam bentuk apapun termasuk salah satunya penelitian itu banyak yang berkualitas. Tapi sayangnya kebanyakan hanya tersedia dalam bahasa Inggris, bagaimana dengan bahasa Indonesia memang tidak ada yang berkualitas? Tentunya ada tetapi karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional jadinya semua orang sepakat kalau mau melakukan penelitian atau ingin melakukan hal lain agar dikenal seluruh dunia sudah pasti menggunakan bahasa Inggris. Di zaman sekarang memang kalau kita mau menikmati karya yang bagus kemungkinan besar kita masih harus belajar bahasa Inggris misalnya buku-buku yang seperti  Atomic Habits, Grid dan lain sebagainya, buku-buku tersebut adalah buku best seller di Tahun 2022.

2. Social Capital

Social capital yaitu dengan kalian berbahasa Inggris kalian juga akan lebih mudah untuk bergaul dengan orang-orang yang juga menggunakan bahasa itu. Terkait dengan bahasa Inggris, jika kalian bisa berbahasa Inggris kalau kalian mencari investment kalian bisa menjadi lebih luas, kalau kalian mengikuti lomba atau mungkin perusahaan startup kalian bisa mengikuti lomba yang mancanegara. Dalam hal itu kalian bisa mendapatkan social capital dari kemampuan bahasa inggris tersebut.

Nah, tetapi meskipun keuntungannya sangat banyak, dalam belajar bahasa Inggris itu bisa dibilang tidak mudah atau bahkan bisa dibilang susah dan ini terbukti oleh banyak riset sebetulnya. Kenapa bisa susah? Karena bahasa Inggris itu secara struktur dan pengucapan itu sangat berbeda dengan bahasa Indonesia dan bahkan orang yang tidak berbahasa Inggris dari kecil itu menganggap bahasa Inggris seperti bahasa yang aneh karena bahasa itu adalah “Non-phonetic Language”, apa itu non-phonetic language? Jadi ada beberapa kalimat yang kata-katanya sama tetapi cara pengucapan atau pronounciationnya berbeda.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa salah satu kesulitan utama yang bikin orang susah belajar bahasa Inggris adalah karena masalah pronunciation atau masalah penyebutan. Belum lagi jika ada beberapa kata yang pengucapannya sama. Jadi kalau mendengar kata-kata yang sama dan tidak ada konteksnya bisa jadi bingung dengan percakapannya.

3. Homographs

Homographs yaitu ada kata-kata yang sebenarnya secara ejaan sama dan dari pengucapan mirip tapi artinya berbeda. Seperti contoh:

  • “Tear”(nangis) = “Tear”(merobek)

Nah, kedua kata diatas ini mirip, pengucapannya juga mirip, tetapi artinya berbeda.

4. Aturan yang terkadang tidak konsisten

Seperti contoh ada aturan yang membicarakan tentang jenis kelamin atau gender yaitu he dan she kan sementara kalau di bahasa Indonesia tidak ada aturan dalam penyebutan kata dia dalam beda gender.

Contoh lainnya yaitu kalau misalnya ‘banyak’ dalam bahasa Inggris tuh pakai ada aturannya sendiri, seperti contoh:

  • Apple = apples
  • Book = books
  • Child = children
  • Person = people

4. Accent

Ada beberapa negara yang menggunakan bahasa Inggris seperti Irlandia, Inggris Australia dll. Jadi belajar bahasa Inggris tuh banyak banget tantangannya yang memang kita harus teliti dalam belajar bahasa Inggris. Nah, tapi jangan khawatir dan kita harus tetap PD juga kenapa karena kita punya solusinya dan kita bakal share ke kalian tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar.

 

Bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif dan efisien?

Sebelum kita menjelaskan lebih lanju, kita ingin memberi tau bahwa salah satu hambatan utama kenapa orang tidak bisa belajar bahasa Inggris atau susah adalah karena Language anxiety karena orang cemas dan takut dalam memakai bahasa asing. Terutama Orang Indonesia itu banyak banget yang masih takut, ragu, dan cemas dalam berbicara dalam bahasa asing.

Bagaimana solusinya?

Ini dia beberapa solusi agar kamu melawan rasa takut dan cemas dalam berbicara bahasa asing, antara lain:

1. Harus menjadi mindfulness

Apa itu mindful? Mindfulness adalah sadar. Sadar disini bermakna seperti sadar jika pronounciation yang kita gunakan kurang bagus dll. Dan tidak judge diri sendiri bahwa “Oh kita tidak akan bisa”. Dan ingat juga jika kalian adalah pemula kalian pasti akan mengacau atau akan berbuat kesalahan dan pasti orang lain akan menertawakan kalian. Ini adalah hal yang wajar, karena semua orang yang memang baru belajar mengalami hal ini.

2. Mulailah latihan dari hal kecil

Mungkin kalian bisa mulai dari hal kecil seperti menonton film menggunakan subtitle bahasa inggris, mendengarkan lagu dalam bahasa inggris, Latihan berbicara dalam bahasa inggris di depan cermin dll.

Setelah semuanya sudah terlaksana, kalian bisa melakukan beberapa hal ini;

  • Motivasi dan goal setting

Kalian harus tau dulu tujuan kalian itu apa untuk belajar bahasa Inggris.   Karena bisa jadi akan beda juga nanti implementasi beda juga cara belajarnya dan lain sebagainya. Apakah untuk belajar di luar negeri, apakah untuk kerja apakah untuk bisa nonton film tanpa subtitle dan sebagainya. Jadi kalau kalian tahu tujuan kalian itu apa, hal ini akan membentuk motivation dan goal setting.

  • Exposure

Expose diri kalian dengan berbagai macam hal yang berbau bahasa Inggris. Mulai dari film, bisa juga dari buku, dan juga ada lagu. Hal ini bisa membantu kalian nanti kalau ada kata-kata yang tidak dimengerti. Dan dari hal tersebut kalian juga bisa tau cara-cara pengucapannya dan exposure ini pun sebetulnya kalau secara riset ini efektif untuk meningkatkan kemampuan seseorang terutama dalam belajar bahasa Inggris.

  • Memanfaatkan berbagai macam media

Seperti yang kalian tau, di zaman sekarang sangat banyak aplikasi bahasa inggris gratis yang bisa kalian gunakan untuk melatih kemampuan kalian dalam bahasa inggris. Aplikasi-aplikasi ini biasanya dipakai juga oleh lembaga kursus bahasa Inggris online terbaik.

Kesimpulan

Jadi, bahasa itu penting dan bukan hanya penting justru itu adalah kebutuhan apalagi kalau kita ingin Indonesia ini menjadi negara yang maju, jadi kita harus bisa mengenalkan produk-produk lokal ke seluruh dunia dan itu salah satu caranya adalah dengan lu belajar bahasa Inggris.

Nah semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua, dan kalian harus terus semangat belajar bahasa inggris. Di zaman sekarang ini, kamu bisa belajar bahasa Inggris sendiri dikarenakan kamu bisa menggunakan banyak media, dan bahkan itu gratis! Tapi memang kalau kamu ingin ada yang membimbing atau mengarahkan, kamu harus punya tutor atau guru yang berpengalaman. Ini akan membantu kamu untuk belajar di trek yang benar.

Hal ini bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Coba untuk mencari kursus bahasa Inggris online terbaik di kotamu. Kenapa online? Karena hal ini akan memudahkan kamu dalam proses belajar. Kamu bisa belajar di mana pun dan kapan pun. Salah satu lembaga bahasa asing yang mempunyai metode bagus adalah Fluentz. Lembaga kursus ini berkantor pusat di STC Senayan, Jakarta Pusat. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi CS nya di nomor +62 813-7645-4665.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎