13 Jenis-jenis Adjective dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimatnya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tipe-tipe Adjective

Kalau kamu ingin menguasai bahasa Inggris ada banyak materi yang harus kamu pelajari terlebih dahulu. Misalnya seperti grammar, vocabulary, part of speech dan lain sebagainya. Hal ini adalah materi dasar untuk memahami bahasa Inggris.

Part of speech misalnya adalah klasifikasi kata-kata yang terdapat pada kalimat bahasa Inggris. Jika kamu memahami part of speech maka mempelajari materi bahasa Inggris lainnya akan semakin mudah.

Salah satu part of speech yang sebaiknya kamu pelajari adalah adjectives. Adjectives adalah salah satu klasifikasi kata yang dapat membuatmu mudah untuk mendeskripsikan suatu hal. Misalnya benda-benda di sekitar, pengalaman, orang dan lain sebagainya.

Oleh karena itu penting untuk memahami materi adjectives. Ingin pelajari lebih lanjut? Yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Pengertian Adjective atau Kata Sifat Bahasa Inggris

Adjective adalah kata sifat dalam bahasa Inggris yang berguna untuk memodifikasi sebuah kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun). Maksudnya memodifikasi adalah memberitahu informasi lebih detail tentang noun atau pronoun.

Nah, dalam bahasa Inggris, adjectives memiliki beberapa jenis. Umumnya terdapat 13 jenis adjectives yang sebaiknya kamu ketahui dan pahami. Yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Adverb of Manner: Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Jenis-jenis Kata Sifat Bahasa Inggris (Adjective)

Berikut ini adalah penjelasan dan contoh tentang jenis-jenis adjectives dalam bahasa Inggris. Yuk pelajari semua jenis-jenisnya dan penggunaannya dalam kalimat!

1. Comparative adjective

Jenis pertama dari adjectives adalah comparative adjectives. Yang dimaksud dengan comparative adjectives adalah kata sifat yang digunakan untuk membandingkan dua orang yang berbeda atau dua hal yang berbeda.

Mungkin kamu pernah membaca atau mendengar kata-kata seperti smaller, faster, more expensive, less reasonable dan hal-hal yang serupa. Nah, kata-kata tersebut biasanya digunakan untuk membandingkan dua hal. Berikut ini adalah contoh comparative adjective:

  • Whales are larger animals than dolphins.
  • We moved to a cheaper
  • The sequel was even more incredible than the first movie.

2. Superlative adjective

Nah, masih dalam konteks perbandingan, terdapat yang namanya superlative adjectives. Sedikit berbeda dengan sebelumnya, superlative adjectives memang digunakan untuk membandingkan dua atau lebih hal dan orang-orang yang berbeda.

Namun superlative adjectives digunakan untuk menggambarkan salah satu hal memiliki kualitas yang paling ekstrim atau paling supreme di antara hal-hal yang dibandingkannya. Indikasi dari adjective ini adalah memiliki akhiran –est atau menggunakan kata most atau least dan lain sebagainya.

Berikut adalah contoh kalimat superlative adjectives:

  • Adrian is the fastest member of our team.
  • Out of all of my books, this one is the oldest.
  • We are trying to figure out the least confusing way to explain the lesson to the new students.

3. Predicate adjective

Selanjutnya adalah predicate adjectives. Jenis kata sifat ini muncul pada predikat sebuah kalimat. Predicate adjectives berfungsi sebagai subject complement atau pelengkap subjek. Biasanya predicate adjectives mengikuti linking verb dan klausa daripada berada di sebelah noun atau pronoun.

Berikut adalah predicate adjectives dalam kalimat bahasa Inggris:

  • Andrea is tall.
  • Freddy became angry.
  • The steak looks delicious.

4. Compound adjective

Jenis adjectives selanjutnya adalah compound adjectives. Biasanya compound adjectives adalah kata sifat yang terbentuk dari beberapa kata. Beberapa kata tersebut kemudian dihubungi menggunakan tanda hubung (-). Berikut ini adalah contohnya dalam kalimat compound adjectives:

  • She had enough of the double-dealing
  • My happy-go-lucky daughter loved our trip to Disneyland.
  • The better-off members of the city live by the river.

5. Possessive adjective

Seperti yang kamu ketahui sebelumnya, adjectives atau kata sifat adalah kata yang memodifikasi noun atau pronoun. Nah, kali ini adalah jenis possessive adjectives yang menerangkan atau menunjukkan kepemilikan terhadap sesuatu. Kamu mengenalnya dengan “my”, “your”, “its”, “her”, “his”, “our”, “their” dan “whose”.

Berikut ini adalah contoh adjective dalam possessive adjectives pada kalimat bahasa Inggris:

  • My favorite food is pizza.
  • Sydney spent the day with her
  • Canadians celebrated their team’s victory at the Olympics.

6. Demonstrative adjective

Jenis demonstrative adjectives adalah mengekspresikan atau mengungkapkan posisi relatif dari tempat atau waktu. Demonstrative adjectives yang paling sering digunakan adalah “this”, “that”, “these” dan “those”. Perhatikan contoh kalimat demonstrative adjectives berikut ini:

  • This watch is cheaper than that one.
  • This weekend is going to be really fun.
  • Watch out for those prickly rose bushes next to you.

7. Proper adjective

Selanjutnya adalah proper adjectives yaitu kata sifat yang dibentuk dari proper noun. Pada umumnya, proper adjectives adalah kata sifat yang berhubungan dengan orang atau tempat spesifik. Misalnya seperti “African”, “Napoleonic”, dan “Shakespearian”.

Perhatikanlah contoh proper adjectives berikut ini:

  • He was reading a Russian
  • I think Haitian food is tasty.
  • We studied the history of Victorian England in school today.

8. Participial adjective

Kata sifat yang satu ini merupakan kata sifat yang berdasarkan participle. Karena namanya participial adjectives, maka bentuknya diambil dari kata kerja participle atau verb participle yang biasanya berakhiran dengan –ed atau –ing. Misalnya seperti “amazing”, “impressed”, “fascinating”.

Berikut adalah contoh kalimat participial adjectives dalam bahasa Inggris:

  • Travis was late for his swimming
  • Please hand me my reading
  • The silly clown cheered up the bored

9. Limiting adjective

Limiting adjectives adalah kata sifat yang membatasi kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) dan tidak menggambarkan karakteristik atau kualitasnya. Limiting adjectives misalnya seperti kata “these”, “your” dan “some”. Limiting adjectives juga bisa menunjukkan jumlah.

  • I bought some eggs at the store.
  • She found three pennies under the couch cushions.
  • Take a look at that house over there.

10. Descriptive adjective

Kata sifat umum yang biasanya kamu ketahui adalah descriptive adjectives. Yaitu kata sifat yang menggambarkan karakteristik atau kualitas dari noun atau pronoun. Kebanyakan adjectives adalah descriptive adjectives. Misalnya seperti “purple”, “friendly”, “attractive” dalah contoh descriptive adjectives.

Perhatikan contoh descriptive adjectives pada kalimat-kalimat berikut ini:

  • A lot of interesting people visit this park.
  • She told a scary
  • The leaves turned orange and red.

11. Interrogative adjective

Salah satu jenis adjectives yang mungkin sulit dipahami oleh banyak orang adalah interrogative adjectives, yaitu kata sifat yang digunakan untuk menanyakan suatu pertanyaan. Misalnya seperti “what”, “which” dan “whose”.

Perhatikan contoh kalimat berikut yang mengandung interrogative adjectives:

  • What color is your favorite?
  • Which button turns off the lights?
  • Whose turn is it to wash the cat?

12. Attributive adjective

Attributive adjectives adalah kata sifat yang berada pada sebelah noun atau pronoun yang mereka modifikasi. Biasanya attributive adjectives berada tepat sebelum nouns atau pronouns. Tapi terkadang juga bisa terletak setelah nouns atau pronouns.

Berikut adalah contoh attributive adjectives yang terdapat pada kalimat bahasa Inggris:

  • She has beautiful
  • The hungry gorilla ate the fresh
  • Keith gave his dad something special for his birthday.

13. Distributive adjective

Distributive adjectives adalah kata sifat yang digunakan untuk merujuk beberapa anggota dari suatu kelompok secara individu. Kata-kata yang terdapat pada distributive adjectives adalah “each”, “every”, “either” dan “neither”. Berikut adalah contoh kalimat distributive adjectives:

  • Each puppy got their own little doghouse.
  • Every member of the team scored a goal.
  • I’ll be happy if either candidate wins the election.

Demikianlah penjelasan tentang jenis-jenis adjectives dan penggunaannya pada kalimat bahasa Inggris. Adjectives adalah salah satu dari part of speech yang berarti salah satu klasifikasi kata dalam kalimat bahasa Inggris.

Fungsi dari adjectives adalah untuk menggambarkan, memodifikasi atau memberikan informasi lebih tentang karakteristik atau kualitas dari suatu nouns atau pronouns. Namun terdapat salah satu jenis adjectives yang tidak menggambarkan karakteristik atau kualitas dari nouns atau pronouns.

Jenis adjectives yang dimaksud adalah limiting adjectives yang fungsinya membatasi noun atau pronoun. Tujuan jenis adjectives tersebut adalah memberitahu suatu noun atau pronoun sehingga terlihat lebih spesifik dibandingkan dengan hal yang lain.

Nah, dengan memahami part of speech dan juga adjectives serta penggunaannya, kamu telah mempelajari materi dasar bahasa Inggris. Dengan begitu kamu akan lebih mudah mempelajari materi bahasa Inggris lainnya.

Tapi kamu tidak boleh lupa bahwa setelah mempelajari suatu materi bahasa Inggris, kamu perlu mempraktekkannya. Karena hanya dengan mempraktekkannya, materi tersebut bisa kamu hapalkan dan semakin kamu kuasai.

Hingga akhirnya kamu akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris dan menguasai bahasa tersebut. Kamu bisa mempraktekkannya dengan temanmu, rekanmu, guru atau bahkan native speaker. Jadi jangan lupa untuk belajar terus dan mempraktekkannya ya!

Kalau pun kamu merasa ingin tahu lebih lanjut tentang bahasa Inggris dan membutuhkan tutor yang akan membimbingmu, kamu bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan guru-guru yang asik. Di sana juga ada banyak pilihan program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Referensi:

Thesaurus. 2021. 13 Types Of Adjectives And How To Use Them (online at) https://www.thesaurus.com/e/grammar/what-are-the-types-of-adjectives/ [accessed on 10 July 2023]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎