Yuk Simak 5 Tips Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris Online Private!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

kursus bahasa Inggris online private

Banyak orang kini sudah ingin bisa menguasai bahasa Inggris. Pasalnya, belajar bahasa Inggris kini sudah dapat membuka banyak peluang. Kalau kamu mahir dalam berbahasa Inggris, kamu tidak hanya bisa menggunakannya untuk berkomunikasi saja lho.

Tapi kamu juga bisa bekerja atau berkuliah di negara berbahasa Inggris. Dengan begitu peluang karir dan akademikmu akan semakin berkembang luas. Terlebih kini bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional.

Adanya hal-hal ini membuat orang-orang semakin bersemangat dalam mempelajari bahasa Inggris. Banyak orang belajar bahasa Inggris dengan caranya masing-masing. Ada yang belajar secara otodidak melalui aplikasi belajar bahasa Inggris, ada juga yang membutuhkan bimbingan dari guru bahasa Inggris.

Orang-orang yang membutuhkan bimbingan dari para guru ini biasanya akan mengambil pembelajaran bahasa Inggris tambahan di tempat les atau di tempat kursus. Ditambah, orang-orang ini dapat memilih program pembelajaran yang sesuai dengan keinginan mereka.

Terdapat beberapa orang yang nyaman belajar bahasa Inggris tambahan dan datang ke tempat kursus. Ada juga yang lebih menyukai pembelajaran berbasis online, sehingga tidak perlu pergi ke tempat kursus. Selain itu, ada juga orang yang ingin belajar secara one-on-one bersama tutor bahasa Inggris secara online.

Nah, kalau kamu termasuk ke yang mana? Apakah kamu lebih nyaman belajar dengan bimbingan tutor bahasa Inggris dan tidak ingin pergi ke tempat les tapi ingin belajar secara one-on-one? Kalau kamu memiliki tipe belajar demikian, kursus bahasa Inggris online private pasti cocok untukmu.

Kursus Bahasa Inggris Online Private

Seperti namanya, kursus bahasa Inggris online private adalah kursus bahasa Inggris yang dilakukan secara online dan interaktif, yang di dalam kelasnya hanya terdiri dari dua orang saja, yaitu peserta kursus dan tutor bahasa Inggris.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari mengikuti kursus bahasa Inggris online private ini lho.

Kamu bisa lebih fokus belajar karena kelasnya terdiri dari dua orang saja. Terdapat beragam multimedia yang digunakan untuk menjadi bahan pembelajaran bahasa Inggris, baik itu menggunakan teknologi dan sumber pembelajaran dan kurikulum yang kekinian atau up to date.

Kamu juga bisa menghemat banyak uang, karena kamu hanya perlu akses internet dan teknologi yang memadai. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi baik untukmu atau untuk tutor bahasa Inggris. Karena kamu dan tutormu tidak perlu berpindah lokasi.

Namun tentunya kamu harus memastikan beberapa hal juga. Misalnya lokasimu dan lokasi tutormu mendukung KBM. Karena jika tidak, misalnya di lingkunganmu atau tutormu berisik, maka pembelajaran akan terganggu.

Selain itu baik kamu atau tutormu juga harus memiliki akses internet yang memadai dan teknologi yang mendukung. Jika saja akses internet sedang tidak stabil, maka pembelajaran tidak akan menjadi kondusif.

Nah, jika hal tersebut terjadi, ada baiknya kamu dan tutormu mengganti jadwal pembelajaran. Karena salah satu keuntungan lain kursus bahasa Inggris online private adalah memiliki jadwal yang fleksibel.

Tentunya program ini ada dikarenakan salah satu faktor dari peserta kursus yang memiliki waktu belajar tambahan yang terbatas. Misalnya kamu merupakan seorang mahasiswa yang tengah sibuk dengan perkuliahan. Atau kamu mungkin adalah seorang pekerja yang bekerja dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore, dan bahkan mungkin sering mendapatkan kerja lembur.

Sehingga program kursus bahasa Inggris online private bisa menjadi pilihanmu. Di tengah-tengah kesibukan yang sedang kamu jalani, kamu tetap bisa mendapatkan pelajaran tambahan dengan bimbingan seorang tutor dan mendapatkan keuntungan waktu belajar yang fleksibel.

Kamu bisa menyesuaikan jadwal belajarmu dengan tutor bahasa Inggris di waktu yang sesuai.

Namun perlu kamu garis bawahi juga. Kursus bahasa Inggris online private memang memberikanmu keleluasaan dalam mempelajari bahasa Inggris secara maksimal dengan fitur pembelajaran one-on-one. Sehingga kamu bisa belajar dengan tentang dan fokus.

Tapi di samping itu, kamu akan kekurangan interaksi sosial. Biasanya di kelas-kelas tradisional atau umum yang terdiri dari beberapa murid, kamu akan bisa berdiskusi atau membahas tentang pembelajaran yang sudah kamu terima. Dengan demikian kamu akan mendapatkan beragam pandangan tentang materi bahasa Inggris.

Di kelas one-on-one, kamu tidak bisa mendapatkan hal yang serupa dengan di kelas tradisional. Namun kamu bisa menanggulanginya dengan berdiskusi bersama tutor. Kamu juga harus mengetahui bahwa penggunaan teknologi bisa menjadi tantangan juga.

Kamu mungkin bisa tergoda untuk membuka media sosial atau aplikasi lainnya yang tidak menunjang pembelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu kamu harus berkomitmen pada dirimu sendiri untuk tetap bisa fokus dalam kegiatan belajar mengajar.

5 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris Online Private

Nah, karena kamu sudah tahu gambaran umum tentang kursus bahasa Inggris online private, mungkin kamu tertarik untuk mencoba daftar ke salah satu lembaga kursus yang menyediakan program tersebut. Tapi apakah kamu sudah tahu tips memilih program tersebut? Kalau belum, yuk simak tips-tips dalam memilih kursus bahasa Inggris online private berikut ini!

1.       Ketahui Kelebihan dan Kekuranganmu dalam Kemampuan Bahasa Inggris

Mengikuti kursus bahasa Inggris online private tentunya dimulai dari mempelajari apa yang kamu butuhkan dan inginkan. Oleh sebab itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekuranganmu dalam bahasa Inggris.

Misalnya kamu kekurangan di materi berbicara bahasa Inggris dan English grammar. Sedangkan kelebihanmu ada pada membaca dalam bahasa Inggris dan menyimak dalam bahasa Inggris. Kemampuanmu menulis dalam bahasa Inggris berada di tingkat rata-rata.

Maka ketika kamu memilih kursus bahasa Inggris private online kamu bisa meminta topik-topik apa saja yang ingin dipelajari. Pengajar bahasa Inggrismu tentu akan lebih mudah membimbingmu juga. Karena ia akan mengetahui kelebihan dan kekuranganmu. Jadi pembelajaran yang dilakukan akan terfokus pada kekuranganmu.

Kamu juga bisa mendiskusikan kekuranganmu dalam mengaplikasikan bahasa Inggris. Misalnya kamu bisa menjelaskan apa yang menjadi kekuranganmu ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Mungkin kamu bingung harus berbicara seperti apa, bagaimana memulai percakapan, dan lain-lain.

Nanti kamu akan diberikan berbagai macam materi tentang percakapan bahasa Inggris. Misalnya percakapan sehari-hari, percakapan ketika berbelanja dalam bahasa Inggris, percakapan ketika menanyakan arah jalan dan lain-lain.

Dengan begitu kamu akan lebih jelas dalam mengatasi kekuranganmu saat berbicara dalam bahasa Inggris, dan tutormu akan membantumu sehingga kamu dapat semakin mahir dalam berbahasa Inggris.

Kamu juga bisa mengetahui kemampuanmu melalui placement test yang terdapat pada lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris online private. Pada umumnya placement test yang disediakan oleh lembaga ini merupakan fasilitas gratis.

Dengan mengikuti placement test kamu akan tahu sejauh mana kemampuan bahasa Inggrismu dan hal ini akan membantu tutormu dalam mengajar bahasa Inggris.

2.       Ketahui Gaya Belajarmu

Setiap orang memiliki gaya belajar masing-masing. Umumnya, gaya belajar dibagi menjadi empat bagian, yaitu visual, auditory, reading and writing, dan kinestetik.

Orang dengan gaya belajar visual akan nyaman belajar jika diberi berbagai macam gambar, grafik, dan lain-lain yang menyediakan informasi terkait materi yang sedang dipelajari. Orang dengan gaya belajar auditory nyaman belajar jika diberi rekaman audio terkait informasi tentang apa yang sedang dipelajarinya.

Nah, orang yang belajar dengan gaya reading and writing nyaman membuat catatan terkait apa yang sedang dipelajarinya. Selain itu ia juga mungkin akan meminta salinan dari bahan ajar. Sedangkan orang dengan gaya belajar kinestetik membutuhkan berbagai macam gerakan tubuh untuk menerima informasi tentang materi pembelajaran.

Jika kamu mengetahui gaya belajarmu seperti apa, dan kamu bisa menyampaikannya kepada tutormu, maka pembelajaran dapat berlangsung efektif. Bayangkan kalau kamu tidak mengetahui gaya belajarmu apa, atau mungkin kamu tidak menyapaikan kepada tutormu bagaimana gaya belajarmu.

Kemudian guru bahasa Inggris itu memberikan pembelajaran dengan gaya yang berbeda dengan gaya belajarmu. Alhasil pembelajaran tidak akan kondusif dan kamu mungkin tidak akan menerima materi dengan baik. Jadi ketahui gaya belajarmu ya!

3.       Ketahui Pengalaman dan Kualifikasi Tutor

Setiap lembaga kursus bahasa Inggris online private tentu ingin memberikan fasilitas yang terbaik kepada pelanggannya. Berbagai macam fasilitas akan diberikan dan salah satunya adalah pengajar bahasa Inggris.

Tentu kamu ingin mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris yang terstruktur dan efektif. Oleh karena itu, pengajar yang kamu pilih harus memiliki pengalaman yang baik. Semakin berpengalaman tutor bahasa Inggrisnya, maka pembelajaran bahasa Inggrismu akan berjalan semakin baik.

Kamu bisa memilih berbagai macam tutor yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin belajar dengan native speaker supaya kamu bisa berinteraksi dengan bahasa Inggris. Meskipun kamu memilih native speaker, kamu harus melihat apakah tutor tersebut memiliki sertifikasi mengajar bahasa Inggris. Penutur bahasa Inggris yang tidak memiliki sertifikat mengajar bahasa Inggris tentunya tidak akan bisa memberikan pembelajaran yang baik.

Nah kamu juga bisa memilih pengajar lokal. Mungkin kamu merasa kemampuan bahasa Inggrismu masih di tingkat pemula, sehingga kamu masih perlu berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia. Dengan begitu pilihlah pengajar lokal yang memiliki sertifikat mengajar dan sudah berpengalaman mengajar bahasa Inggris.

4.       Pilih Tempat Kursus yang Menyediakan Pre-Assessment dan Post-Assessment

Seperti pada placement test, pre-assessment memberitahukanmu apa saja materi yang belum kamu kuasai. Dengan begitu, pengajar bahasa Inggrismu akan memberikan pengajaran atau fokus pada materi apa yang belum kamu kuasai.

Selanjutnya setelah sesi les selesai, kamu bisa meminta post-assessment, dengan demikian, kamu akan mengetahui progress-mu dalam mempelajari bahasa Inggris selama kursus bahasa Inggris online private.

Jangan pilih tempat kursus bahasa Inggris online private yang tidak menyediakan fasilitas pre-assessment dan post-assessment. Karena kamu tidak akan mengetahui sejauh mana perkembanganmu. Kamu juga tidak akan mengetahui kemampuanmu sudah berada di tingkat apa. Maka dari itu, pilihlah kursus bahasa Inggris yang menawarkan pre-assessment dan post-assessment.

5.       Ketahui Review dan Feedback dari Peserta Lain

Hal-hal di atas tentunya bisa menjadi pertimbanganmu dalam memilih tempat kursus bahasa Inggris online private. Namun mungkin kamu bisa jadi melupakan pertimbangan-pertimbangan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa membaca review dan feedback dari peserta lain yang mengikuti kursus bahasa Inggris online private.

Nantinya kamu akan mengetahui berbagai pengalaman peserta mengikuti kursus tersebut. Kamu juga bisa bertanya-tanya kepada mereka, terkait apa saja yang akan dipelajari, harganya apakah sesuai dengan fasilitas yang diberikan, apakah waktu belajarnya banyak, sedikit atau rata-rata dan lain sebagainya.

Dengan membaca berbagai macam review dan feedback peserta lain, kamu bisa mengetahui bahwa tempat kursus bahasa Inggris online private tersebut apakah merupakan lembaga kursus berkualitas atau tidak. Semakin baik review-nya maka semakin berkualitas tempat kursus tersebut. Jika tidak, maka kamu bisa mencari pilihan tempat kursus bahasa Inggris online private yang lain.

Nah itulah 5 tips memilih tempat kursus bahasa Inggris online private. Dengan mengetahui tips-tips di atas, kamu bisa memilih lembaga kursus yang baik sehingga kamu tidak akan membuang-buang uang dan waktumu.

Oh iya, kamu tentunya harus memiliki berbagai macam pilihan terkait lembaga kursus bahasa Inggris online private. Dengan begitu kamu bisa membandingkan lembaga yang satu dengan lembaga yang lainnya. Jangan hanya memiliki satu lembaga saja.

Kalau pun kamu merasa ingin tahu lebih lanjut tentang bahasa Inggris dan membutuhkan tutor yang akan membimbingmu, kamu bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan guru-guru yang asik. Di sana juga ada banyak pilihan program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Referensi :

Benjamine, Candice. 2019. How to pick a good tutor in any language (online at) https://preply.com/en/blog/how-to-pick-a-good-tutor/ [16 June 2023]

Wyman, Pat. 2019. 15 Best Tips to Choose a Tutor (online at) https://www.howtolearn.com/2019/11/15-best-tips-to-choose-a-tutor/ [16 June 2023]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎