Tips Mengerjakan Soal Writing Production Test

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

 

Apakah kamu sedang mengikuti tes TOEFL atau tes IELTS? Kira-kira sudah persiapan apa saja ya untuk menghadapinya? Apakah kamu sudah tahu kira-kira apa saja yang akan dites di sana?

Nah untuk tes kemampuan berbahasa kamu akan diuji empat kemampuan bahasa Inggris. Yaitu reading, writing, listening dan speaking. Masing-masing uji kemampuan tersebut memiliki kriteria penilaian tersendiri dan tantangan tersendiri juga.

Buat kamu yang merasa kesulitan atau bingung mengerjakan uji kemampuan menulis di tes TOEFL atau tes IELTS, hal ini adalah lumrah. Pasalnya banyak orang merasakan kesulitan ketika diminta untuk menulis beberapa kata tertentu yang terstruktur dalam waktu yang singkat.

Kamu harus memperhatikan banyak hal, seperti penggunaan grammar, penggunaan vocabulary, dan lain-lain untuk mendapatkan hasil tes yang maksimal. Nah, kalau kamu merasa kesulitan, jangan khawatir. Di sini kamu akan mendapatkan tips dan trik dalam mengerjakan uji kemampuan menulis. Yuk simak artikel berikut ini!

Tipe Soal dan Kriteria Penilaian Tes Writing

Sebelum ke tips dan trik mengerjakan ujian kemampuan writing dalam tes semacam TOEFL dan IELTS, ada baiknya kamu memahami tipe-tipe soal dan kriteria penilaiannya. Agar kamu bisa mempersiapkan apa yang kamu butuhkan ketika mengerjakan soal dan mengetahui apa yang harus kamu tulis.

Tipe-tipe soal bahasa Inggris ada beragam dan biasanya tergantung pada tingkatan atau level pesertanya. Pada tingkat pemula atau level beginner, biasanya soal writing akan berupa menulis sesuatu yang pendek. Misalnya menulis pesan pendek, kartu pos atau email.

Untuk tingkat menengah atau level intermediate biasanya kamu akan diminta untuk menulis sesuatu yang lebih panjang daripada level beginner. Misalnya seperti menggambarkan informasi yang diberikan secara visual. Informasi visual yang diberikan bisa berupa grafik, bagan, diagram, tabel dan lain-lain.

Kemudian pada tingkat mahir atau level advance kamu akan diminta untuk menulis sesuatu yang panjang. Biasanya pada soal akan memberikan suatu tema atau situasi. Lalu kamu akan diminta untuk menulis artikel, review, opini, argumen, laporan, essay dan lain-lain berdasarkan topik yang ditentukan.

Selain itu kamu juga akan diminta untuk menulis sebuah surat yang panjang, yang memiliki situasi spesifik, bisa berupa surat formal, informal atau surat netral.

Terdapat beberapa kriteria penilaian pada ujian kemampuan writing. Penilaian terhadap kriteria-kriteria tersebut akan menentukan sub-skill yang kami miliki pada kemampuan menulis daam bahasa Inggris. Beberapa kriteria penilaian tersebut adalah sebagai berikut:

Pencapaian tugas

Pada kriteria penilaian ini kamu akan dinilai bagaimana kamu bisa menyelesaikan pertanyaan atau tugas yang diminta. Kemudian apakah tulisanmu berkaitan dengan tugasnya? Ataukah hasil tulisanmu tidak berhubungan dengan topik yang diminta.

Penggunaan Grammar

Di sini kamu akan dinilai bagaimana penggunaan dan pengetahuanmu tentang grammar bahasa Inggris. Apakah grammar atau tata bahasa Inggris yang kamu gunakan beragam? Apakah bentuk grammar yang kamu gunakan sesuai dengan topik yang diminta?

Penggunaan Kosakata

Pada kriteria ini kamu akan dinilai seberapa luas kamu kosakatamu. Kemudian apakah kamu menggunakan berbagai macam kosakata, seperti sinonim dan antonim? Apakah penggunaan kosakatamu sesuai dengan topik yang diminta? Apakah kamu memilih kata atau frasa yang beragam?

Koherensi dan Kohesi

Kemudian di kriteria ini, kamu akan dinilai apakah tulisanmu memuat struktur logika penulisan, seperti misalnya penggunaan paragraph pengenalan, paragraph isi dan paragraf penutup? Seberapa tepatkah kamu menghubungkan ide dan informasi ke dalam tulisanmu?

 

Baca Juga: Tips dan Trik Menghadapi Soal Reading Comprehension Test

Tips dan Trik Mengerjakan Tes Writing

Setelah kamu memahami berbagai macam tipe soal dan mengetahui kriteria penilaian tes writing, terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam mengerjakan soal ujian kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, yaitu sebagai berikut:

1.       Latihan dengan Mencari Soal di Internet

Sebelumnya karena kamu sudah memahami tipe-tipe soal dan kriteria penilaian, sebelum kamu mengikuti tes, kamu bisa latihan terlebih dahulu. Untuk latihannya, kamu bisa mencari di internet. Misalnya, “IELTS writing test for intermediate level.” Dengan begitu, kamu akan menemukan contoh-contoh soal ujian writing yang sesuai dengan tingkatanmu.

2.       Tulis dengan Jelas

Ketika kamu mengerjakan ujian kemampuan writing, pastikan tulisanmu dapat dengan mudah dibaca oleh penguji. Hal ini dikarenakan penguji akan menilai berbagai macam hasil ujian peserta. Agar memudahkan penguji, buat tulisanmu mudah dibaca.

3.       Perhatikan waktu

Karena kamu sudah latihan sebelumnya, kamu akan mulai terbiasa dengan batasan waktu dari setiap soal yang kamu kerjakan. Misalnya untuk soal intermediate, kamu diminta untuk menulis sebanyak 150 kata selama 20 menit. Penting untuk terbiasa akan batasan waktu yang diberikan ketika mengerjakan soal dan kamu tentunya harus perhatikan waktu yang tersedia.

4.       Buat Rencana

Menulis sesuatu dibutuhkan sebuah rencana, terlebih ketika waktu pengerjaannya terbatas. Maka dari itu, kamu harus berpikir terlebih dahulu sebelum langsung menulis. Dari waktu yang tersedia, alokasikan untuk membuat kerangka tulisan, lalu menulis dan waktu untuk revisi. Dengan demikian kamu bisa mengerjakan soalnya sesuai dengan waktu yang diberikan.

5.       Pikirkan Target Pembaca untuk Menentukan Gaya Penulisan

Setiap soal memiliki topik masing-masing, dan dengan topik yang berbeda-beda tersebut, tentu target pemabacanya akan berbeda juga. Misalnya di sebuah soal kamu diminta untuk membuat surat yang akan dikirimkan ke temanmu. Maka kamu bisa menggunakan gaya bahasa informal. Di soal yang lain, kamu diminta untuk membuat surat keluhan terkait produk yang kamu beli, yang dikirimkan ke sebuah perusahaan. Dengan demikian, kamu harus membuat gaya penulisanmu formal.

6.       Gunakan Grammar yang Beragam

Dalam bahasa Inggris terdapat berbagai macam grammar, mulai dari tenses, if conditional, modals, dan lain-lain. Jika kamu menggunakan berbagai macam grammar kamu akan dinilai memahami beragam grammar dan dapat menyesuaikan dengan konteks soal yang diberikan.

7.       Gunakan Beragam Kosakata Bahasa Inggris

Jika kamu menulis sesuatu yang cukup panjang, hindari penggunaan kata yang sama secara berulang-ulang. Hal ini akan membuat penguji dan pembaca merasa bosan. Variasikan tulisanmu dengan menggunakan berbagai macam kosakata bahasa Inggris, misalnya sinonim, antonim, atau idioms jika cocok.

8.       Gunakan Logika Penulisan

Menulis tentunya membutuhkan struktur atau structure yang baik. Hal ini ditujukan agar tulisanmu mudah dan nyaman untuk dibaca. Struktur yang biasanya digunakan adalah pembuka, isi dan penutup. Selain itu kamu bisa menggunakan berbagai macam kata hubung, agar masing-masing kalimat memiliki ketersinambungan.

Misalnya kamu diminta untuk menulis sebuah opini, hal yang dapat kamu lakukan adalah membuat paragraf pengenalan. Pada paragraf ini kamu bisa menyebutkan hal-hal yang ingin kamu bahas yang terdapat pada soal. Jelaskan juga tujuan esai opinimu di bagian paragraf pengenalan.

Kemudian di paragraf isi, tulis dua sampai tiga paragraf yang akan mendukung opinimu. Berikan ide utama di setiap awalan paragraf isi. Beri dukungan berupa contoh dan penkelasan terkait opinimu. Lalu akhiri paragraf tersebut dengan opinimu sendiri. Pastikan untuk menggunakan satu paragraf untuk menyampaikan satu opini agar terlihat lebih jelas.

Terakhir, pada bagian kesimpulan, kamu bisa menyampaikan informasi baru. Yaitu dengan membuat kesimpulan dari beberapa poin utama yang kamu buat di paragraf isi. Kemudian berikan opini secara keseluruhan yang menyimpulkan isi dari tulisanmu.

Itulah penjelasan mengenai tipe-tipe soal, kriteria penilaian dan tips juga trik dalam mengerjakan soal writing bahasa Inggris. Ingat, kamu harus memahami berbagai macam tipe soal dan kriteria penilaiannya. Jangan lupa juga untuk sering latihan agar kamu semakin siap menghadapi ujian tersebut agar kamu bisa mendapatkan skor yang kamu inginkan, sehingga bisa melanjutkan studi atau mendaftar kerja.

Kalau pun kamu merasa ingin tahu lebih lanjut tentang bahasa Inggris dan membutuhkan tutor yang akan membimbingmu, kamu bisa belajar bahasa Inggris khusus kelas IELTS di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan guru-guru yang asik. Di sana juga ada banyak pilihan program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Referensi:

English Radar. ND. Writing tips for English proficiency exams. (online) https://www.englishradar.com/english-exams/writing-tips-for-english-proficiency-exams/ [diakses pada 28 April 2023]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎