Review Text Bahasa Inggris: Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Review Text bahasa Inggris

Hi everyone! Terakhir kemarin kita sudah berhasil mengajakmu mempelajari tentang spoof text, dll. Sekarang di artikel ini kita akan menyajikan tentang review text bahasa Inggris

Jenis teks satu ini cocok bagi kamu yang detail oriented. Pasalnya, review text adalah sebuah tulisan yang berkaitan dengan bagaimana seseorang menilai sesuatu secara rinci. Tahu bagaimana membuat review text in EnglishYuk, pelajari semuanya dalam artikel ini, pengertian, struktur dan contoh review text bahasa Inggris!

Pengertian Review Text Bahasa Inggris

Review Text adalah sebuah ulasan tertulis dari sebuah karya atau produk yang diulas, jasa atau konten buku atau film dan game. Umumnya, ulasan ini berisi pendapat pribadi, pengalaman, dan observasi dari penulis ulasan. Memiliki tujuan dari ulasan adalah untuk memberikan penilaian yang jujur tentang item yang diulas, dan membantu pembaca memustuskan apakah item tersebut adalah sesuatu yang mereka mungkin tertarik. Ulasan yang baik harus ditulis dengan baik, seimbang, dan memberikan detail yang mungkin cukup untuk memberikan pembaca pemahaman yang baik tentang item yang diulas.

Jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Salah satu jenis teks bahasa Inggris adalah ulasan film. Tinjauan film adalah evaluasi tertulis dari sebuah film, memberikan ikhtisar tentang plot, akting, efek khusus, dan kualitas produksi secara keseluruhan. Ini juga termasuk pendapat pribadi pengulas tentang film tersebut, seperti apakah mereka menikmatinya atau tidak dan mengapa. Ulasan film dapat ditemukan di publikasi cetak, online, atau di situs web dan platform yang khusus didedikasikan untuk ulasan film. Tujuan dari review film adalah untuk menginformasikan pembaca tentang kualitas film dan menyediakannya

Struktur Review Text?

Dalam bahasa Inggris ketika kita ingin membuat teks apa pun itu, pasti ada struktur yang bisa jadi acuan bagi penulis. Review text di artikel tersusun dari:

1. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian pertama dari sebuah review text yang berfungsi untuk untuk mengintroduksikan apa yang akan dibahas dan memberikan gambaran singkat mengenai item yang akan diulas. Pada bagian ini, penulis ulasan biasanya menjelaskan jenis produk/jasa yang akan diulas, seperti misalnya film, buku atau game.

2. Deskripsi Produk / Jasa

Setelah pendahuluan, review text selanjutnya memuat bagian deskripsi produk/jasa yang akan diulas. Pada bagian ini, penulis ulasan biasanya memberikan detail mengenai spesifikasi atau fitur produk/jasa yang diulas, seperti misalnya genre, durasi, harga, atau ukuran.

3. Pengalaman Pribadi

Bagian selanjutnya adalah pengalaman pribadi penulis ulasan. Pada bagian ini, penulis ulasan menceritakan pengalaman mereka saat menggunakan atau menonton produk/jasa yang diulas. Hal ini membantu pembaca memahami bagaimana produk/jasa tersebut bekerja dan bagaimana pengalaman mereka sendiri.

4. Kelebihan dan Kekurangan

Setelah pengalaman pribadi, review text biasanya memuat bagian tinjauan mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk/jasa yang diulas. Pada bagian ini, penulis ulasan memberikan tinjauan objektif mengenai apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan produk/jasa tersebut.

5. Kesimpulan

Bagian kesimpulan adalah bagian terakhir dari sebuah review text yang memuat rekapitulasi ulasan dan memberikan rekomendasi kepada pembaca. Pada bagian ini, penulis ulasan biasanya menyimpulkan ulasan mereka dan memberikan saran kepada pembaca tentang apakah mereka harus membeli atau tidak produk/jasa yang diulas.

6. Penilaian

Terkadang, review text juga meliputi bagian penilaian yang memberikan skor atau penilaian yang jelas mengenai produk/jasa yang diulas. Pada bagian ini, penulis ulasan biasanya memberikan skor berdasarkan kriteria tertentu seperti, kuliatas, harga, atau fungsionalitas.

Itu adalah struktur dasar dari review text. struktur ini dapat berbeda-beda tergantung pada jenis produk/jasa.

Baca Juga: 13 Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris Lengkap Beserta Contohnya

Apa Tujuan dan Fungsi Review Text?

Dalam menulis sebuah teks pasti ada tujuan, berikut ini tujuan dari review text sebagai berikut:

Review text bertujuan utama dari sebuah review text adalah memberikan informasi dan pendapat objektif mengenai produk atau jasa tertentu kepada pembaca. Review text bahasa Inggris yang bertujuan membantu pembaca memahami apa yang dapat mereka harapkan dari produk atau jasa tersebut, seperti fitur, kualitas, dan harga.

Berikut beberapa tujuan lain dari review text:

  • Memberikan rekomendasi: Review text dapat memberikan rekomendasi kepada pembaca tentang apakah produk atau jasa tersebut layak dibeli atau tidak.
  • Membandingkan produk: Review text dapat membandingkan produk atau jasa tertentu dengan produk atau jasa serupa lainnya.
  • Memberikan informasi: Review text membantu pembaca memahami spesifikasi, fitur, dan harga produk atau jasa tertentu.
  • Menentukan preferensi pribadi: Review text dapat membantu pembaca menentukan preferensi pribadi mereka terhadap produk atau jasa tertentu.
  • Meningkatkan transparansi: Review text membantu meningkatkan transparansi dalam industri, sehingga memudahkan pembaca membuat keputusan yang tepat.

Dengan membaca review text, pembaca dapat memperoleh informasi yang akurat dan objektif mengenai produk atau jasa yang sedang mereka pertimbangkan untuk membeli. Ini membantu mereka membuat keputusan yang tepat dan meminimalkan risiko membeli produk atau jasa yang tidak sesuai dengan kebutuhan mereka.

Apa Saja Ciri-ciri Review Text?

Di dalam bahasa Inggris memiliki ciri-ciri tentang review text. Berikut dalam review text ada ciri-ciri nya. Simak penjelasannya.

  • Memberikan informasi mengenai produk atau jasa: Review text harus memberikan informasi mengenai produk atau jasa, seperti fitur, kualitas, dan harga.
  • Berdasarkan pengalaman pribadi: Review text harus berdasarkan pengalaman pribadi penulis, sehingga memberikan informasi yang akurat dan objektif.
  • Berkomentar tentang aspek positif dan negatif: Review text harus memberikan komentar tentang aspek positif dan negatif dari produk atau karya, membantu pembaca memahami kelebihan dan kekurangan.
  • Berisi pendapat objektif: Review text harus memuat pendapat objektif penulis, bukan hanya memuat fakta-fakta tentang produk atau jasa.
  • Menggunakan bahasa yang baik dan sopan: Review text harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan, tanpa mengandung unsur-unsur yang tidak pantas.
  • Berisi kalimat-kalimat yang jelas dan terstruktur: Review text harus terdiri dari kalimat-kalimat yang jelas dan terstruktur, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.
  • Memuat kesimpulan akhir: Review text harus memuat kesimpulan akhir yang jelas.

Unsur Kebahasaan dalam Review Text

Berikut adalah unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam review text:

  • Kosa kata yang variatif: Review text harus menggunakan kosa kata yang variatif untuk memperjelas maksud dan pendapat penulis.
  • Penggunaan kalimat aktif: Review text harus menggunakan kalimat aktif untuk memberikan kesan yang lebih dinamis dan memotivasi pembaca.
  • Penggunaan ungkapan dan idiom: Review text harus menggunakan ungkapan dan idiom untuk memperjelas pendapat penulis dan membuat review lebih menarik.
  • Penggunaan tata bahasa yang benar: Review text harus menggunakan tata bahasa yang benar, tanpa membuat kesalahan yang mengurangi kualitas tulisan.
  • Penggunaan frasa dan kalimat ganda: Review text harus menggunakan frasa dan kalimat ganda untuk memperjelas pendapat dan memberikan kesan yang lebih kuat.
  • Penggunaan ejaan yang benar: Review text harus menggunakan ejaan yang benar, tanpa membuat kesalahan yang mengurangi kualitas tulisan.

Dengan menggunakan unsur-unsur kebahasaan tersebut, review text akan terlihat lebih menarik dan memuat informasi yang akurat dan objektif, membantu pembaca membuat keputusan yang tepat.

Contoh Review Text dalam Bahasa Inggris

Berikut ini contoh dari review text sebagai berikut:

The Avengers

The avengers is an American science fiction action film released in 2012. It is directed by Joss Whedon and produced by Marvel studios. The avengers is a film adaptation of the Marvel comic series of the same name.

This film tells the story about how Nick Fury, the leader of S.H.I.E.L.D., gathers a group of superheroes such as iron Man, captain America, Hulk, and Thor to stop the threat coming from Loki and his army. These superheroes must work together and overcome their differences to save the earth from destruction.

In the movie The Avengers, the visual effects are impressive. The fight scenes that take place between the superheroes and very riveting and their enemies are very riveting and attract the attention of the audience. In addition, he, actors in film, also managed to bring the characters they played well and stunningly.

However, on the other hand, the storyline in this film feels quite simples and predictable for audiences who are familiar with this genre. Some Marvel fans may feel that there are several characters that are not well highlighted in this film. 

Overall, The Avengers is a very interesting film and is suitable for watching by fans of science fiction action films and fans of the Marvel comic series. Even though it has its flaws, this film is still entertaining and provides an enjoyable viewing experience for the audience. 

Translate:

The Avengers

The Avengers adalah sebuah film aksi fiksi ilmiah Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2012. Film ini disutradarai oleh Joss Whedon dan diproduksi oleh Marvel Studios. The Avengers merupakan film yang diadaptasi dari serial komik Marvel dengan nama yang sama.

Film ini bercerita tentang bagaimana Nick Fury, sang pemimpin S.H.I.E.L.D., mengumpulkan sekelompok pahlawan super seperti Iron Man, Captain America, Hulk, dan Thor untuk menghentikan ancaman yang datang dari Loki dan pasukannya. Para pahlawan super tersebut harus bekerja sama dan saling mengalahkan perbedaan mereka untuk menyelamatkan bumi dari kehancuran.

Dalam film The Avengers, efek visualnya sangat mengesankan. Adegan-adegan pertarungan yang terjadi antara para pahlawan super dengan musuhnya sangat memukau dan menarik perhatian penonton. Selain itu, para pemeran dalam film ini juga berhasil membawakan karakter yang mereka perankan dengan baik dan memukau.

Namun, di sisi lain, alur cerita dalam film ini terasa cukup sederhana dan dapat ditebak oleh penonton yang sudah terbiasa dengan genre ini. Beberapa penggemar Marvel mungkin merasa bahwa ada beberapa karakter yang kurang ditonjolkan dengan baik dalam film ini.

Secara keseluruhan, The Avengers merupakan film yang sangat menarik dan cocok untuk ditonton oleh penggemar film aksi fiksi ilmiah dan penggemar serial komik Marvel. Meskipun memiliki kekurangan, tetapi film ini tetap menghibur dan memberikan pengalaman menonton yang menyenangkan bagi penontonnya.

Contoh:

Drama Film

As a fan of drama films, I was really looking forward to the release of the latest film from the famous director, John Doe. After watching the film, I was very impressed with the well-flowed storyline and the acting of the extraordinary cast. Every scene hold a particular part in my heart

Of this film is tells a love story full of twist and drama between a young man named Jack and a woman named Rose. The most stunning scene is when Jack confesses his feelings to Rose on a sinking ship.

The acting of the main cast, Tom Cruise and Emily Blunt, is stunning and makes us get carried away in the film. Beautiful costumes and settings also make this film feel real and compelling. Don’t worry because every question and every scene missed in this movie will be soon explained in the next movie.

Overall, I highly recommend this film for all drama fans. The touching storyline and stunning acting make this film really worth watching. I give this film a 9 out of 10.

Translate:

Drama Film

Sebagai penggemar film drama, saya sangat menantikan rilis film terbaru dari sutradara terkenal, John Doe. Setelah menonton film tersebut, saya sangat terkesan dengan alur cerita yang mengalir dengan baik dan akting dari para pemain yang luar biasa. Setiap adegan memiliki tempat yang spesial di hati saya.

Film ini menceritakan kisah cinta yang penuh liku dan drama antara seorang pemuda bernama Jack dan seorang wanita bernama Rose. Adegan yang paling memukau adalah saat Jack mengungkapkan perasaannya kepada Rose di atas kapal yang sedang tenggelam.

Akting dari pemeran utama, Tom Cruise dan Emily Blunt, sangat memukau dan membuat kita terbawa suasana dalam film. Kostum dan setting yang indah juga membuat film ini terasa nyata dan memikat. Jangan khawatir karena setiap pertanyaan dan adegan yang tertinggal di film ini akan dijelaskan di film selanjutnya.

Secara keseluruhan, saya sangat merekomendasikan film ini untuk semua penggemar film drama. Alur cerita yang menyentuh dan akting yang memukau membuat film ini sangat layak untuk ditonton. Saya memberikan nilai 9 dari 10 untuk film ini.

Finally, itulah penjelasan mengenai review text yang cukup lengkap. Kalau kamu ingin menulis ulasan atau karya tapi nggak tahu caranya, ikuti saja artikel ini! Siapa tahu artikel ini bisa lebih dalam membantu kamu dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sekarang yang kamu harus lakukan adalah perbanyak praktik. Cobalah untuk menulis ulasan dari film, makanan atau produk lain yang sejenis. Kemudian posting di instagram atau blog kamu. Ini tentunya akan membuat banyak variasi konten dalam social media kamu.

Kalau pun kamu merasa kurang pede dengan bahasa Inggrismu, dan ingin meningkatkan English skill, kamu bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan juga guru-guru yang asik. Sekarang sedang ada promo lho di setiap programnya diskon sampai 15%! Yuk, segera daftar supaya gak kehabisan promo nya.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎