Rekomendasi 5 Games Seru untuk Belajar Bahasa Inggris dan Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

game bahasa inggris

Siapa bilang mempelajari bahasa Inggris harus selalu belajar melalui buku pelajaran atau artikel pelajaran? Belajar bahasa Inggris tentunya bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja.

Melalui berbagai macam media, tentunya kamu bisa mempelajari bahasa Inggris, bahkan melalui hal yang kamu suka. Misalnya kamu suka membaca komik. Nah, kamu bisa mencari komik-komik terbitan negara berbahasa Inggris supaya mempelajari bahasanya.

Selain dari buku pelajaran, kalau hobimu adalah membaca cerita, tentu hal ini bisa membantumu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Kamu bisa mencari cerita pendek atau novel berbahasa Inggris yang sekiranya bahasa Inggrisnya masih bisa kamu pahami. Misalnya jika cerita pendek atau novel bahasa Inggris ditulis untuk anak-anak, karya tulis tersebut cocok untukmu sebagai pembelajar bahasa Inggris pemula.

Tapi kalau kamu merasa kamu membutuhkan kosakata bahasa Inggris advance, kamu bisa memilih novel atau cerpen yang ditujukan untuk orang-orang berusia 18 tahun ke atas. Dengan begitu kamu akan mempelajari beragam kosakata bahasa Inggris yang berada di tingkat lebih mahir.

Atau misalnya aktivitas yang sangat kamu sukai adalah menonton film dan serial televisi. Kamu bisa mengakses Netflix, HBO, atau OTT lainnya untuk menonton film dan serial televisi favoritmu. Kemudian kamu bisa mempelajari bahasa Inggris melalui tontonan tersebut.

Kalau kamu merupakan pembelajar bahasa Inggris tingkat pemula, kamu bisa menonton film anak-anak atau film keluarga, yang cocok untuk ditonton oleh semua umur. Lalu kamu bisa menyalakan takarir atau subtitle bahasa Indonesia agar bisa memahami terjemahan dari apa yang diucapkan.

Kalaupun kamu ingin meningkatkan tantangan, kamu bisa mengatur takarir ke dalam bahasa Inggris atau English subtitle. Dengan begitu kamu akan mempelajari sendiri arti-arti dari apa yang diucapkan di film atau serial televisi, tetapi tetap tidak tertinggal dalam menangkap percakapan di film tersebut.

Nah, mempelajari bahasa Inggris melalui film dan serial televisi juga baik untukmu karena kamu tidak hanya mempelajari dan memperkaya kosakata atau English grammar saja.

Tapi kamu juga akan belajar bagaimana penggunaan kalimat-kalimat bahasa Inggris, pronunciation bahasa Inggris, listening bahkan hingga penggunaan slang dan idioms. Tidak hanya itu. Berbagai macam penggunaan expressions juga akan kamu pelajari.

Karena film dan serial televisi merupakan cerminan dari kehidupan di dunia nyata. Kalau kamu menonton film Harry Potter, Lord of The Rings dan Sherlock, misalnya, kamu akan mempelajari penggunaan bahasa Inggris di UK.

Tapi kalau kamu menonton film-film seperti Princess Diaries, Home Alone atau The Avengers, kamu akan mempelajari penggunaan bahasa Inggris di Amerika Serikat.

Sehingga beragam film yang kamu tonton tidak hanya akan meningkatkan kemampuanmu dalam listening saja. Tapi kamu juga akan memperluas wawasanmu karena kamu secara tidak langsung mempelajari beragam budaya.

Kalau kamu tipe yang kurang suka membaca buku cerita, komik atau menonton film dan serial televisi, tapi kamu suka bermain game, kamu tetap bisa mempelajari bahasa Inggris, lho!

Di artikel kali ini, kamu akan mempelajari berbagai macam game di PC yang bisa kamu mainkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Tertarik untuk mengetahui apa saja game yang direkomendasikan? Yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Baca Juga : Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

Alasan Menggunakan Video Game untuk Latihan Bahasa Inggris

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, mempelajari bahasa Inggris bisa melalui berbagai macam media. Tentu saja masing-masing media memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Seperti buku pelajaran atau artikel pelajaran tentu akan memberikan pembelajaran bahasa Inggris yang terarah.

Buku cerita dan komik bahasa Inggris secara tidak langsung memberikan pembelajaran tentang kemampuan reading, berbagai macam vocabulary beserta grammar. Namun tidak memberikan pembelajaran secara terarah.

Film dan serial televisi bahasa Inggris secara tidak langsung memebrikan pembelajaran tentang listening dan budaya. Video game juga memberikan hal yang serupa. Mulai dari vocabulary, grammar dan kemampuan berbahasa.

Tapi mengapa kira-kira video game bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran bahasa Inggris? Nah simak alasan-alasan berikut ini:

1.       Media yang Interaktif

Salah satu keuntungan video game adalah media pembelajaran bahasa Inggris yang terbaik karena media video game merupakan media interaktif. Berbeda dengan buku cerita, novel, film dan serial televisi yang hanya memberikan informasi secara satu arah saja.

Video game memberikanmu kesempatan untuk melakukan sebuah aksi dalam kata lain memberikan keterlibatan yang aktif. Dengan begitu kamu bisa memperhatikan apa yang sedang terjadi, kalimat-kalimat yang diucapkan, serta informasi yang diberikan secara lebih mendalam.

Hal ini dapat membantumu memahami bahasa Inggris lebih dalam karena sifat video game merupakan hubungan dua arah, yaitu antara program di komputer dengan pemainnya sendiri.

2.       Mencerminkan Situasi Dunia Nyata

Semakin berkembangnya zaman, video game semakin dirancang untuk menjadi sebuah simulasi. Dalam kata lain, setiap video game yang saat ini dibuat sudah mulai mengimitasi realita. Atau mencerminkan situasi di dunia nyata.

Video game juga dibuat sedemikian rupa agar memiliki beragam aktivitas yang serupa dengan apa yang kita jalani dalam kehidupan sehari-hari. Seperti bangun tidur, siap-siap keluar rumah, makan, bekerja, bermain dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan kosakata bahasa Inggris di setiap kegiatan yang terdapat dalam video game yang aktivitasnya mirip dengan apa yang kita lakukan di kehidupan sehari-hari dapat membuatmu memahami bahasa Inggris lebih baik.

Karena kamu akan menambah kosakata umum apa saja yang digunakan pada aktivitas sehari-hari.

3.       Media yang Membuat Kita Adiktif

Video games adalah media yang mengajakmu untuk melakukan sebuah aksi. Kemudian kamu akan diberikan hukuman atau hadiah berdasarkan aksi yang kamu perbuat. Hal ini tentunya dapat membuat para pemain menjadi adiktif.

Tentu terdengar tidak baik jika penggunaan video game ini berlebihan. Namun kalau kamu perhatikan lebih dalam, program yang dijalankan pada video game bisa membuat pembelajaran bahasa Inggris yang membosankan menjadi jauh lebih menarik.

Hal ini dapat membuatmu ingin semakin sering bermain dan akhirnya kamu akan semakin sering latihan bahasa Inggris secara tidak langsung.

4.       Bisa Memilih Respons yang Berbeda dalam Situasi yang Sama

Salah satu elemen penting yang terdapat pada video game adalah elemen memilih respon. Terlebih jika video game yang kamu mainkan ceritanya akan bergerak sesuai dengan pilihan yang kamu buat.

Jika kamu memainkan video game dengan fitur demikian, kamu bisa saja mencoba-coba berbagai macam pilihan sambil mencoba memahami apa makna setiap pilihan yang kamu buat ke dalam bahasa Indonesia.

Karena setiap pilihan yang diberikan akan menggunakan berbagai macam frasa dan vocabulary yang berbeda-beda.

5.       Kamu Bisa Bermain Sesuai Gaya Belajar Sendiri

Selain video game yang berdasarkan alur cerita waktu, banyak video games bahasa Inggris seru yang memberikanmu pilihan untuk mengeksplorasi dunia video game tersebut dan memberikanmu opsi untuk menemukan berbagai macam hal sesuai dengan kecepatanmu bermain.

Dengan begitu kamu bisa bermain sesuai dengan gaya belajar bahasa Inggrismu sendiri. Misalnya kamu adalah pembelajar bahasa Inggris tingkat pemula, kamu bisa saja mengambil misi-misi sampingan sambil sesekali membuka kamus untuk memahami maksud misi tersebut.

Kamu tidak perlu terburu-buru menyelesaikan misi jika memang tidak mengerti apa maksud misi tersebut dalam bahasa Inggris. Jadi kamu bisa mengambil waktumu sebentar saja untuk benar-benar memahami permintaan dari misi tersebut dengan menggunakan kamus.

Rekomendasi 5 Games Seru Belajar Bahasa Inggris yang Cocok untukmu

Nah, berikut ini adalah beberapa video games terbaik untuk belajar bahasa Inggris:

1.       Avenue Flo

Avenue Flo adalah video game tentang petualangan Flo di kota tempat tinggalnya. Ia bertetangga dengan baik dengan orang-orang sekitar. Ketika orang-orang di sekitarnya membutuhkan bantuan, dengan senang hati Flo akan membantu mereka.

Pada video game ini, kamu akan mempelajari English conversation dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu terdapat berbagai macam expression yang digunakan, seperti misalnya asking and offering for help dan thank you expression.

Kamu akan memainkan karakter Flo untuk membantu berbagai macam persoalan yang dialami oleh para tetangganya hingga masalah yang mereka hadapi selesai, misalnya mencari barang yang hilang.

Nah, video game ini dibuat dengan menggunakan banyak percakapan dalam bahasa Inggris dan kosakata bahasa Inggris terkait barang-barang. Sehingga kamu akan belajar tentang wawasan vocabulary serta penggunaan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

2.       The Sims

Salah satu video game yang sangat cocok untuk pembelajaran bahasa Inggris adalah The Sims. Video game The Sims pada dasarnya merupakan game simulasi kehidupan nyata. Bagaimana kamu mengatur karakter di dalamnya untuk hidup, menjalankan karir dan lain sebagainya.

Di dalam game ini kamu bisa mengatur, mengarahkan karaktermu untuk melakukan sesuatu. Bahkan mulai dari membangun rumah dan membeli barang-barang.

Game ini sangat cocok untuk pembelajaran vocabulary dan menghafal kosakata mengenai benda-benda yang ada di rumah. Selain itu setiap kali kamu berinteraksi dengan barang di rumah, terdapat kata kerja atau verb yang disesuaikan dengan aksi yang dapat kamu lakukan dengan barang tersebut.

Sehingga kamus kosakata bahasa Inggrismu akan sangat berkembang di game ini.

3.       Cooking Academy

Video game bahasa Inggris yang satu ini akan membantumu meningkatkan kemampuan dan kosakata bahasa Inggris di ranah kuliner. Permainan ini mengajakmu untuk membuat masakan dari berbagai negara.

Kamu akan mempelajari bumbu-bumbu, makanan dan cara memasak dalam bahasa Inggris. Dengan instruksi yang diberikan, kamu akan mempelajari seperti apa membuat masakan menggunakan bahasa Inggris.

Sehingga kamu bisa mempelajari cara membuat teks prosedur dalam bahasa Inggris untuk membuat makanan dan wawasanmu terkait kosakata di bidang kuliner akan berkembang.

4.       Bookworm Adventures

Video game Bookworm Adventures memiliki permainan yang mirip dengan Scrabble. Hanya saja bedanya kamu tidak menyusun kata-kata menggunakan papan permainan.

Di dalam game ini kamu akan melawan beberapa musuh dengan menyusun kata-kata dari huruf-huruf yang disediakan. Game ini akan menguji wawasan kosakata bahasa Inggrismu.

Semakin kamu banyak membaca, maka semakin banyak kamus kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki.

5.       Hangaroo

Game ini memiliki cara bermain yang sama dengan permainan Hangman. Kamu akan diberikan satu buah petunjuk untuk menebak kata, frasa atau kalimat umum dalam bahasa Inggris.

Kamu akan diminta untuk menebak teka-teki tersebut menggunakan sebuah petunjuk dan akan diberikan lima kali kesempatan. Jika kamu tidak mampu menebak teka-teki tersebut dengan benar dalam lima kali percobaan, maka kamu akan kalah.

Permainan ini menguji pemahamanmu menebak petunjuk yang diberikan serta menguji wawasan umum terkait bahasa Inggris yang kamu miliki.

Nah, demikianlah alasan mengapa bermain video game merupakan media alternatif yang cocok untuk dijadikan media pembelajaran bahasa Inggris, serta lima rekomendasi video game yang bisa kamu mainkan di komputer atau di laptopmu sambil belajar bahasa Inggris.

Tentu saja setiap media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Video game bisa jadi memberikan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan. Hanya saja pembelajarannya tidak terarah.

Jadi jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan benar, kamu bisa belajar secara langsung dari media pembelajaran umum, seperti buku pelajaran atau artikel pelajaran.

Oh iya, jangan lupa untuk mempraktekkan apa yang sudah kamu pelajari agar kemampuan bahasa Inggrismu semakin berkembang.

Kalau pun kamu merasa ingin tahu lebih lanjut tentang bahasa Inggris dan membutuhkan tutor yang akan membimbingmu, kamu bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan guru-guru yang asik. Di sana juga ada banyak pilihan program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Referensi:

Ray, Dhiritman. ND. 13 Best English Video Games for Leveling Up Your Language Skills (online at) https://www.fluentu.com/blog/english/english-video-game/ [accessed on 21 August 2023]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎