Perbedaan Many dan Much Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Perbedaan many dan much
Perbedaan many dan much

Hi English learners! Apakah kamu sedang kesulitan untuk mempelajari bahasa Inggris? Tentu saja belajar bahasa asing tidak semudah yang kita kira, karena kita sudah terbiasa dengan bahasa ibu kita, yaitu bahasa Indonesia. Nah buat kamu yang lagi belajar bahasa Inggris dan sedang kesulitan, hal itu sebenarnya wajar aja, lho. Jadi yang penting kamu terus mencoba memahami materi-materi bahasa Inggris.

Yang harus kamu yakini, memahami bahasa Inggris adalah kunci utama untuk menguasai bahasa Inggris dan menggunakannya dengan baik. Mungkin kamu saat ini sedang mempelajari tentang penggunaan “many” dan “much”, terus kebingungan apa sih perbedaan di antara keduanya. Tapi kamu nggak perlu khawatir. Karena bukan kamu saja sebagai pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Nyatanya banyak juga para native speaker yang kesulitan untuk membedakan keduanya.

Nah, di artikel kali ini, kamu akan mempelajari, apa aja sih perbedaan antara “many” dan “much” di dalam bahasa Inggris, serta bagaimana penggunaannya di dalam kalimat. Yuk simak sama-sama artikel berikut ini!

Perbedaan Penggunaan Many dan Much

Bahasa Inggris terkadang bisa membuat pembelajarnya kebingungan, terlebih kali ini pada konteks menentukan kuantitas, volume atau jumlah dari sesuatu. Tapi tentu saja, kalau kamu bingung dalam bahasa Inggris hal itu dapat diwajarkan. Pasalnya, bahasa Inggris berbeda dengan bahasa ibu kita.

Misalnya saja dalam kosakata. Kata-kata bahasa Inggris nggak cuma memiliki makna-makna yang berbeda dari bagaimana kata-kata tersebut digunakan. Tapi juga terdapat kata benda yang ternyata bisa dihitung dan terdapat kata benda yang tidak bisa dihitung.

Maksudnya apa ya?

Misalnya, kita bisa menghitung jumlah buku. Bisa dihitung dengan angka, seperti satu buku, dua buku dan seterusnya. Tapi kita tidak bisa menghitung air. Kita tidak bisa menyebutkan satu air, dua air dan seterusnya. Kita hanya bisa menggunakan satuan ketika ingin menyebutkan jumlah dari suatu kata benda yang tidak bisa dihitung. Seperti segelas air, sebotol air, dan seterusnya.

Demikianlah hal tersebut juga terjadi di bahasa Inggris. Kata benda yang dapat dihitung atau countable nouns dan kata benda yang tidak dapat dihitung atau uncountable nouns menggunakan kata sifat yang berbeda. Dalam konteks ini, kata tersebut adalah many dan much.

Many dan much adalah dua kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris untuk menggambarkan jumlah atau kuantitas dari sesuatu. Kedua kata ini berfungsi sebagai determiners atau kata penentu yang menspesifikasikan kuantitas dari sebuah kata benda. Meskipun keduanya dipakai untuk mendeskripsikan jumlah, kamu mungkin bingung kapan harus menggunakan many dan kapan harus menggunakan much.

Terdapat cara yang sederhana untuk membedakan keduanya. Yaitu menentukan uncountable nouns dan countable nouns. Ketika kamu mau menggunakan many, maka kata benda yang digunakan harus bersifat countable (dapat dihitung) atau kata benda jamak. Tapi jika kamu menggunakan much, maka kata benda yang ditulis harus bersifat uncountable (tidak dapat dihitung) atau kata benda tunggal.

Misalnya seperti dalam kalimat berikut ini, “the sky has many shades of orange, but there is still too much blue.” (Langit memiliki banyak bayang-bayang oranye, tetapi masih terlalu banyak warna biru.)

Dalam konteks kalimat tersebut, bayang-bayang oranye atau shades of orange bisa dihitung. Tapi warna biru atau blue termasuk ke jenis kata benda yang tidak dapat dihitung. Sehingga, shades of oranges menggunakan kata many sedangkan blue menggunakan kata much.

Agar kamu bisa lebih memahaminya, perhatikan penjelasan-penjelasan berikut ini!

Penggunaan Many dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Kata many bisa berfungsi sebagai determiner (penentu) atau adjective (kata sifat) yang menggambarkan atau merujuk pada sesuatu yang berjumlah besar. Terlepas dari fungsinya, many digunakan untuk kata benda yang bisa dihitung atau kata benda jamak. Seperti jumlah orang, jumlah benda, atau jumlah hal-hal lainnya. Berikut contoh penggunaan kata many dalam kalimat bahasa Inggris:

  • There are many people in the park. (Ada banyak orang di taman.)
  • How many books do you have? (Ada berapa banyak buku yang kamu punya?)
  • I have eaten too many sweets. (Aku makan terlalu banyak manisan.)
  • You have too many DVDs. (Kamu punya terlalu banyak DVD.)
  • Sasha has many clothes in her closet. (Sasha memiliki banyak pakaian di lemarinya.)
  • I couldn’t believe how many people didn’t show up. (Aku tidak percaya ada banyak orang yang tidak hadir.)
  • Jerry bought many gifts. (Jerry membeli banyak hadiah.)
  • How many siblings does Andrew have? (Berapa banyak saudara yang Andrew miliki?)
  • Unfortunately, that’s one of the project’s many flaws. (Sayangnya, hal itu adalah salah satu dari banyak kekurangan proyek tersebut.)

Selain untuk berfungsi sebagai determiner atau adjective, many juga bisa berfungsi sebagai noun atau pronoun (kata ganti). Namun hal tersebut jarang. Many yang berfungsi sebagai noun biasanya merujuk pada “mayoritas orang.”

Misalnya seperti pada kalimat berikut:

Sebagai pronoun (kata ganti): Don’t leave so many. (Jangan meninggalkan terlalu banyak.)

Sebagai noun (kata benda): They decided to do what was in the best interest of the many. (Mereka memutuskan untuk melakukan apa yang terbaik bagi mayoritas orang.)

Penggunaan Much dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Seperti kata many, kata much juga bisa berfungsi sebagai determiner, adjective atau pronoun yang berarti “jumlah yang banyak atau kuantitas yang banyak.”

Much digunakan untuk menjelaskan kata benda yang jumlahnya tidak dapat dihitung atau uncountable noun. Misalnya jumlah uang, jumlah air, jumlah waktu atau konsep-konsep abstrak lainnya. Berikut adalah contoh kalimat bahasa Inggris yang menggunakan kata much:

  • I don’t have much time today. (Aku tidak punya banyak waktu hari ini.)
  • How much money do you need? (Berapa banyak uang yang kamu butuhkan?)
  • There is too much pollution in the city. (Terlalu banyak polusi di kota.)
  • How much money did you bring? (Berapa banyak uang yang kamu bawa?)
  • I gave the plant too much water, and it died. (Aku terlalu banyak menyiram tanaman dengan air, dan tanaman itu mati.)
  • How much sunlight are you exposed to in a day? (Berapa banyak sinar matahari yang terkena padamu dalam sehari?)
  • We ordered far too much food. (Kita memesan terlalu banyak makanan.)
  • My parrot doesn’t eat much. (Burung Beo milikku tidak banyak makan.)

Meskipun uang bisa dihitung jumlahnya, tapi tetap harus menggunakan much. Uang hanya dapat berubah menjadi countable noun jika uang tersebut jelas jenisnya atau jelas mata uangnya. Berikut contohnya:

I have many coins in my pocket.

Jebakan Perbedaan Many dan Much

Peraturan untuk menggunakan many dan much sebenarnya sederhana. Kita hanya harus bisa membedakan mana kata benda yang dapat dihitung dan mana kata benda yang tidak dapat dihitung. Namun sayangnya, terkadang terdapat kata benda yang berbentuk tidak beraturan dan bisa bersifat dihitung dan sekaligus tidak dapat dihitung.

Terdapat cara membedakan penggunaan many dan much untuk kata benda-kata benda seperti itu, yaitu dengan melihat dari konteksnya. Misalnya seperti pada kalimat-kalimat bahasa Inggris berikut ini:

  1. You have too much iron in your blood. (Kamu punya terlalu banyak zat besi di dalam darahmu.)
  2. Why do you have so many irons? (Kenapa kamu punya banyak sekali besi?)

Demikianlah penjelasan mengenai penggunaan many dan much. Kedua kata ini sangat penting untuk membedakan jumlah dari suatu kata benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung. Dengan memahami keduanya, kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu.

Kalau pun kamu merasa ingin tahu lebih lanjut tentang bahasa Inggris dan membutuhkan tutor yang akan membimbingmu, kamu bisa belajar bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris online terbaik bersama Fluentz dan guru-guru yang asik. Di sana juga ada banyak pilihan program yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Referensi:

Betts, Jennifer. ND. What Is the Difference Between Much and Many? Rules to Know (online) https://grammar.yourdictionary.com/vs/much-vs-many-main-difference-and-basic-rules.html [diakses pada 13 Maret 2023]

Twin English Centres. ND. How to learn the difference between much and many. (online) https://www.twinenglishcentres.com/blog/how-to-learn-the-difference-between-much-and-many [diakses pada 13 Maret 2023]

Language Tool. ND. Learning To Use “Many” or “Much”. (online) https://languagetool.org/insights/post/word-choice-many-vs-much/ [diakses pada 13 Maret 2023]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎