Mulailah Berpikir Dalam Bahasa Inggris. Stop Menerjemahkan Di Kepalamu!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Mulailah Berpikir Dalam Bahasa Inggris. Stop Menerjemahkan Di Kepalamu!

Mulailah Berpikir Dalam Bahasa Inggris. Tanpa menerjemahkan! Apakah kamu pernah mengalami masalah saat menerjemahkan semua yang ada di kepala kamu dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris? Dan apakah kamu pernah berharap dapat berpikir dalam bahasa inggris? Kalau iya, artikel ini akan membahas hal tersebut berikut tips dan triknya. Karena masalah ini sudah menjadi masalah klasik bagi English learners di Indonesia. Berpikir tanpa adanya proses penerjemahan, langsung berbicara bahasa Inggris secara natural adalah tanda bahwa bahasa Inggrismu sudah ada di level fasih. Namun, memang ini bukanlah hal yang mudah. Harus ada effort dan komitmen untuk mencapai level tersebut. Yang paling penting adalah, kamu harus mengikuti jalan orang yang sudah lebih dulu sampai di level itu.

Berikut adalah langkah-langkah atau tips yang bisa kalian ikuti agar kamu bisa berpikir dalam bahasa Inggris.

Tips pertama dan utama

Tips pertama sebenarnya adalah salah satu hal terpenting yang bisa kamu lakukan sebagai pembelajar bahasa inggris. Ketika kamu melihat sebuah objek atau seseorang, beri nama objek atau seseorang tersebut dalam bahasa Inggris.

Kamu bisa lihat masalahnya adalah ketika kamu belajar bahasa Inggris di sekolah, mereka memberi tahu kamu “backpack” dan kemudian mereka mengatakan kata dalam bahasa Indonesia yang mengacu pada “backpack”. Jadi, kamu tidak mempelajari konsepnya, tetapi kamu sedang mempelajari terjemahan.

Dan inilah yang akan terjadi, kamu akan menerjemahkan semua yang ada di dalam kepalamu. Mulai sekarang, kamu akan mengajari diri kamu sendiri. Kamu harus melakukan hal ini terus menerus, yaitu ketika kamu melihat objek dan kamu menamainya dalam bahasa Inggris tanpa menerjemahkannya di kepala kamu sehingga kamu akan berbicara kepada diri kamu sendiri.

Mulailah berbicara kepada dirimu sendiri

Setelah menamai objek dalam bahasa Inggris, mulailah berbicara kepada dirimu sendiri. Kamu bisa mengatakan apa yang sedang kamu lakukan sekarang, hal-hal yang akan kamu lakukan selanjutnya, atau sekedar mengomentari lingkungan di sekitarmu. Intinya kalian mempraktekkan bahasa Inggrismu secara langsung, walaupun tidak ada partner. Kalau pun ada orang yang menganggapmu gila, abaikan saja! Dengan begitu kebiasaan berpikir dalam bahasa Inggris akan terbentuk.

Tunjukkan versi terbaik kamu

Salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan dalam bahasa Inggris yang mana itu bagus dalam hal motivasi dan juga bagus dalam hal pembelajaran. Mulailah menggunakan sebagai instrumen untuk mencapai tujuan kamu. Rubah mindset kamu bahasa Inggris itu sulit, rubah menjadi bahasa Inggris itu mudah, dan dengan bahasa Inggris kamu bisa mendapatkan banyak ilmu dan informasi.

Dan juga daripada mengikuti kelas yang murni tentang bahasa Inggris, ikutilah kelas tentang hal-hal yang menarik minat kamu, dan mulailah mempelajarinya dalam bahasa Inggris. Karena kamu akan langsung mempelajari konsepnya langsung dalam bahasa inggris, tanpa menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia.

Ganti salah satu aktivitas rutin ke dalam bahasa Inggris

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengalihkan salah satu rutinitas harian kamu ke dalam bahasa Inggris. Sebagai contoh, kamu dapat menonton video/film atau mendengarkan lagu dalam bahasa Inggris. Dan juga ketika kamu menulis sebuah konten, ini akan menjadi latihan yang bagus. Contohnya saat kamu sedang ingin menulis daftar belanja, terkadang ada kata-kata yang sudah biasa kita gunakan dalam bahasa ibu kita. Dan pada saat kamu membuat daftar belanja, cobalah tulis dengan bahasa Inggris. Dan juga pelajari pengucapannya dalam bahasa Inggris.

Jadi, tugas kamu sekarang yang harus kamu lakukan adalah memilih salah satu dari hal-hal yang kamu biasa kamu lakukan sehari-hari, lalu mengubah sepenuhnya dalam bahasa Inggris.

Mulailah membuat konten berbahasa Inggris

Banyak dari orang menyarankan untuk menulis sebuah blog atau sebuah sosial media dalam bahasa Inggris. Salah satu platform yang bagus adalah tiktok. Kamu bisa mulai membuat video dan berbicara beberapa kalimat.

Jika kamu tidak ingin berada di depan kamera atau kamu tidak menyukai media sosial. Cobalah membuat grup WhatsApp dengan teman-teman kamu dan beritahu mereka untuk berbicara bahasa Inggris di grup itu.

Dan dengan melakukan hal yang ada di atas, kamu akan mempelajari dua hal. Yang pertama, kamu akan belajar menggunakan bahasa Inggris secara spontan. Lalu yang kedua, dengan memiliki komunitas dimana kamu berbicara tentang hal-hal yang penting bagi kamu, kamu akan belajar bagaimana mengungkapkan pikiran kamu, kamu akan belajar bagaimana cara bernegosiasi, kamu akan belajar bagaimana cara menanggapi ketika seseorang mengkritik kamu. Semua skill ini sangat penting bagi kamu seumur hidup.

Shadowing

Teknik ini bagus untuk meningkatkan kemampuan pengucapan kalian. Kamu bisa memilih seseorang yang kamu sukai, orang yang memiliki aksen menarik, bisa jadi artis atau youtuber. Lalu kamu mulai untuk mengikuti dan mengulangi omongan dia. Tonton semua video tentang dia, nanti lama-lama kamu akan memulai memakai frasa atau kosakata yang biasa dia pakai. Karena, masing-masing orang biasanya ada kecenderungan memakai kosakata atau frasa tertentu. Dari situ juga kalian akan memperoleh aksen, intonasi dan cara berbicara. Jadi, pastikan dalam memilih seseorang yang mau kamu tiru, dia adalah orang yang memiliki aksen British, Amerika, atau Kanada.

Demikianlah tips agar kamu bisa berpikir dalam bahasa Inggris dan berhenti menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Kamu bisa mulai menyusun strategi dan goal yang jelas agar nantinya kamu bisa cepat meningkatkan bahasa Inggrismu. Atau kalau perlu pendamping, kamu bisa mulai mencari kursus bahasa Inggris online terbaik. Dengan belajar online, kamu bisa lebih santai dan flexible dalam belajar. Carilah lembaga yang menyediakan pembelajaran full bahasa Inggris. Fluentz bisa jadi pilihan yang bagus, karena lembaga ini mempunyai metode sendiri yang memastikan kamu menggunakan bahasa Inggris sejak kelas pertama. Silahkan kunjungi websitenya dengan mengklik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎