Giving Advice And Making Offers

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Giving Advice And Making Offers

Giving Advice and Making Offers – Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang giving advice and making offers. Materi ini bisa kalian jumpai pada pelajaran bahasa Inggris SMA. Sebelum kita lanjutkan, sebaiknya mengetahui dulu apa itu learning objective atau tujuan pembelajaran pada kali ini.

Tujuan pembelajaran

  1. Identify the characteristics of advice and offers yaitu mengidentifikasi karakteristik ataupun ciri-ciri dari advice dan offers
  2. Identify the social function, structure, and language features of advice and offers yaitu kita akan mengidentifikasi fungsi sosial, struktur, dan juga ciri kebahasaan dari advice dan offers.
  3. Give advice and make offers based on the situation yaitu kita akan belajar bagaimana untuk memberikan advice ataupun membuat offers berdasarkan situasi yang nanti akan diberikan.

Definisi advice

Apa itu advice? Advice is an opinion or a suggestion about what somebody should do in a particular situation yang artinya adalah sebuah opini ataupun sebuah saran tentang apa yang seseorang seharusnya lakukan dalam suatu situasi tertentu. Nah, itulah pengertian dari advice atau singkatnya dari advice itu adalah saran. Biasanya ungkapan advice dalam bahasa Inggris itu menggunakan models yang pertama adalah should atau juga bisa menggunakan ought to.

Arti dari kedua model ini adalah bisa artinya seharusnya bisa juga artinya sebaiknya atau semestinya. Contoh kalimatnya adalah you should do some exercise artinya kamu sebaiknya melakukan olahraga inilah contoh ungkapan advice atau saran. Ada juga contoh lainnya yaitu you ought to eat more fruit and vegetables artinya kamu sebaiknya makan lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran. Itu juga contoh ungkapan advice. Jadi, advice adalah saran dan biasanya ungkapannya menggunakan kata should dan ought to.

Definisi offer

Apa itu offer? Offer is an act of saying that you are willing to do to give something for somebody yang artinya adalah sebuah tindakan mengatakan bahwa kamu itu berkemauan untuk melakukan atau memberikan sesuatu kepada seseorang. Nah, itulah pengertian offer atau singkatnya offer itu adalah penawaran misalnya kita misalnya kita menawarkan sesuatu kepada seseorang Itulah namanya offer. Untuk keterangan tambahannya biasanya memakai modals yang dipakai untung membuat ungkapan offer adalah would dan can/could.
Contoh kalimatnya adalah “would like to drink?” artinya maukah kamu minum. Kemudian contoh lainnya adalah “can I get you a glass of water?” yang berarti bisakah saya mengambilkan kamu segelas air. Itu adalah contoh ungkapan untuk menawarkan sesuatu.

Contoh advice dan offer dalam dialog

Dialog 1

Sarah : Are you OK, Bill? You look worried. Do you need any help?
Bill      : I can’t remember where I put my grammar book. I have an English class after the break. What should I do?
Sarah : You can use mine if you want to. I don’t have English today. So, I’m not going to use it.
Bill      : Thank you so much, Sarah. You’re my savior.
Sarah : You’re welcome.

Ini adalah contoh dialog pertama dan ada 3 kalimat yang di tebalkan. 3 kalimat yang di tebalkan tersebut memiliki arti:

  1. Do you need any help?
    Artinya apakah kamu butuh bantuan. Kalimat pertanyaan tersebut adalah offer yaitu kalimat yang menawarkan sesuatu itu berupa pertolongan.
  2. What should I do?
    Yang berarti apa yang seharusnya aku lakukan. Kalimat tersebut adalah kalimat yang menanyakan saran yaitu advice.
  3. You can use mine if you want to
    Artinya kamu boleh kok atau kamu bisa pakai punya saya jika kamu ingin atau jika kamu mau. Kalimat tersebut adalah kalimat penawaran atau yang disebut juga offer.

Dialog 2
Agnes : I’ve got a bad grade in English again. I think I should do something about it. Do you have any advice for me?
Taylor : I think you should try this website. It’s a fantastic website for beginners.
Agnes : I’ve heard about it, but what do you think I should start with?
Taylor : Well, you’d better start by choosing a subject. Then, you can try the activities.
Agnes : OK. Thank you for your advice.

Baca juga: 20 Kata Bahasa Inggris Yang Sering Salah Baca. No 8 Paling Populer!

Di sini ada beberapa kalimat yang di tebalkan. Artinya kalimat tersebut mengandung ungkapan advice dan ungkapan offer. Ada 4 kalimat yang ditebalkan yaitu:

  1. Do you have any advice for me?
    Artinya apakah kamu punya saran untukku. Kalimat pertanyaan tersebut adalah advice karena menanyakan saran.
  2. I think you should try this website.
    Artinya sebaiknya kamu coba pakai website ini. Kalimat tersebut merupakan advice atau saran.
  3. What do you think I should start with?
    Artinya menurut kamu aku harus mulai dari mana. Kalimat pertanyaan tersebut adalah meminta saran.
  4. You’d better start by choosing a subject.
    Artinya kamu lebih baik mulai dari memilih mata pelajarannya dahulu. Itu adalah advice juga.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang advice dan offer. Semoga kamu mengerti dan yang paling penting bisa mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari. Saat ini memang memiliki English skill merupakan hal yang sangat penting bukan hanya untuk mendapatkan nilai bagus di sekolah, melainkan untuk karir kamu di kemudian hari kelak.

Kalau kamu ingin meningkatkan bahasa Inggris dengan cepat, kamu harus membuat target dan time table yang jelas. Misalnya, dalam sebulan target kamu menghafal 100 kosakata baru, atau dalam sebulan menonton 10 film bahasa Inggris sampai kamu paham seluruh percakapannya. Hal ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Tapi, kalau seandainya kamu ingin lebih fokus belajar dan ada yang mengarahkan, kamu harus mempunyai language partner, hal ini bisa kamu dapatkan jika kamu ikut kursus bahasa Inggris.

Sekarang ini, kamu bisa belajar di rumah kapanpun kamu mau belajar. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online terbaik yang ada di kota kamu. Kriteria ini kamu bisa dapatkan dari lembaga bahasa asing Fluentz. Lembaga ini mempunyai metode khusus yang bernama NFP. Metode yang dikembangkan dari pakar bahasa Dr. Stephen Krashen, yang mengkhususkan pada comprehensible input, fokus pada praktek. Dan di kelas hanya menggunakan bahasa Inggris. Sehingga, membuat kamu terus praktik di setiap kelasnya.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap terkait program kursus Fluentz, kamu bisa menghubungi admin kami di nomor +62 813-7645-4665.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎