Determiner Bahasa Inggris: Pengertian, Jenis dan Contoh Kalimat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Determiner bahasa Inggris
This is a book.

Dalam bahasa Inggris, determiner memegang peran penting dalam membentuk frasa dan kalimat bahasa Inggris yang benar dan efektif. Mereka memiliki fungsi membantu memberikan informasi tambahan tentang noun yang ada dalam frasa atau kalimat, seperti jumlah, urutan, dan keterangan lain. Ada beberapa jenis determiner, termasuk articles, demonstratives, possessives, quantifiers, dan numbers, yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Pemahaman tentang determiner sangat penting bagi setiap orang yang ingin belajar bahasa Inggris atau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Melalui artikel ini, kita akan mempelajari tentang pengertian determiner, jenis-jenisnya, beserta contoh nya. Yuk simak pembahasan lebih lanjut tentang determiner.

Definisi Determiner

Definisi determiner adalah kata yang digunakan untuk menentukan atau mengidentifikasi jumlah, urutan, atau keterangan lain tentang noun (kata benda) yang mengikuti dalam sebuah frasa atau kalimat. Determiner dalam bahasa Inggris membantu memberikan konteks dan informasi tambahan tentang noun, membentuk frasa dan kalimat yang benar dan efektif. Contoh determiner termasuk “the”, “a”, “an”, “these”, “few”, dll. Penggunaan determiner berfungsi untuk memperjelas suatu kalimat agar menjadi kalimat yang sempurna.

Jenis-jenis Determiner

Jenis- jenis determiner dalam bahasa inggris yang akan kita bahas yaitu ada 7. Nah, apa saja ya? Berikut adalah jenis-jenis determiners dalam bahasa Inggris :

Determiner bahasa Inggris
Jenis-jenis determiner.

1. Articles

Jenis pertama dari determiner adalah articles, yaitu “the”, “a”, dan “an”. Articles digunakan untuk menentukan atau mengidentifikasi noun (kata benda) dalam frasa atau kalimat. Makna noun adalah sebuah kata yang mewakili seorang, tempat, benda, atau ide. Articles terbagi lagi menjadi dua yaitu definite article dan indefinite articles.

Definite article adalah sebuah kata yang digunakan untuk menunjukkan objek yang spesifik atau sudah dikenal oleh pembicara dan pendengar. Dalam bahasa Inggris, definite article adalah “the”. Sedangkan indefinite articles adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan objek atau benda yang belum spesifik atau belum dikenal oleh pembicara dan pendengar. Dalam bahasa Inggris, indefinite articles adalah “a” dan “an”. “A” digunakan sebelum kata benda yang dimulai dengan huruf vokal (a, e, i, o, u), sementara “an” digunakan sebelum kata benda yang dimulai dengan huruf konsonan.

Contohnya :

  • The cat is sleeping (kucing itu sedang tidur)

Articles membantu memberikan konteks dan informasi tambahan tentang noun dalam frasa atau kalimat. Mereka memainkan peran penting dalam membentuk frasa dan kalimat yang benar dan efektif.

2. Demonstratives

Penjelasan demonstratives adalah kata yang menunjukkan kedekatan atau jarak suatu benda, sepertithis”, “that”, “these”, dan“those”. Demonstratives digunakan bergantung pada jauh atau dekatnya benda dan juga digunakan pada benda yang tampak secara fisik. “This” dan “these” adalah demonstratives yang digunakan untuk menunjukkan objek yang dekat dengan pembicara. “This” digunakan untuk menunjukkan objek tunggal atau benda tunggal, sementara “these” digunakan untuk menunjukkan objek jamak. “That” dan “those” adalah demonstratives yang digunakan untuk menunjukkan objek yang jauh dari pembicara. “That” digunakan untuk menunjukkan objek tunggal, sementara “those” digunakan untuk menunjukkan objek jamak.

Contoh kalimat nya:

  • This is a book. (ini adalah sebuah buku)

Demonstratives membantu memberikan konteks spasial dan mempermudah komunikasi dengan memastikan bahwa objek yang dibicarakan jelas dan tidak salah paham.

3. Possessives

Possessives , yaitu “my”, “your”, “his”, “her”, “its”, “our”, “their”, dan beberapa bentuk lainnya. Possessives digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau hubungan kepemilikan antara objek dan subjek dalam frasa atau kalimat.

Bentuk possessives dapat berbeda sesuai dengan subjek frasa atau kalimat, misalnya your untuk “you”, “its” untuk “it”, dan “their” untuk “they”. Masing-masing bentuk possessives memiliki aturan penggunaan yang spesifik dan membutuhkan latihan dan pemahaman yang baik untuk menggunakannya dengan benar.

Possessives membantu memberikan informasi tentang hubungan kepemilikan antara objek dan subjek, mempermudah komunikasi, dan membuat frasa atau kalimat lebih terdengar jelas dan efektif.

Contoh kalimat nya:

  • That girl is our friend. (perempuan itu adalah teman kita)

4. Quantifiers

Quantifiers dalam bahasa indonesia nya berarti pembilang, yang menunjukkan kuantitas dari suatu kata benda. Yang termasuk ke quantifiers yaitu a/an”, “the”, “each”, “every”, “some”, “any”, “no”, “many”, “few”, “much”, dan “little”. Quantifiers digunakan untuk menunjukkan jumlah atau proporsi objek yang dibicarakan. A atau an adalah quantifier yang digunakan untuk menunjukkan objek tunggal dan bersifat non-spesifik. The adalah quantifier yang digunakan untuk menunjukkan objek spesifik.

Each dan every digunakan untuk menunjukkan bahwa setiap objek dalam suatu kelompok memiliki kualitas yang sama. Some dan any digunakan untuk menunjukkan bahwa ada beberapa objek yang menjadi pilihan dan juga memenuhi kriteria. No digunakan untuk menunjukkan bahwa tidak ada objek yang memenuhi kriteria. Many, few, much, dan little digunakan untuk menunjukkan jumlah objek secara relatif.

Contoh kalimat nya:

  • A book. (sebuah buku)

Quantifiers membantu pendengar atau pembaca mendapatkan informasi tentang jumlah objek yang dibicarakan, mempermudah komunikasi, dan membuat frasa atau kalimat lebih jelas dan efektif.

Baca Juga: Simple Present Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

Determiner bahasa Inggris
Jenis-jenis determiner.

5. Numbers

Jenis kelima dari determiner adalah numbers, yaitu angka atau nilai, baik dalam bentuk angka numerik atau nomina maupun dalam bentuk tulisan. Numerals digunakan untuk menunjukkan jumlah objek atau urutan objek dalam suatu daftar atau serangkaian, seperti halnya “8”, “10”Numerals juga dapat digunakan untuk menunjukkan urutan, misalnya “first”, “second”, “third”, dan seterusnya. Dengan menguasai numerals, pembaca dapat lebih jelas dan efektif membaca informasi tentang jumlah atau urutan objek dalam frasa atau kalimat.

Contoh kalimat nya:

  • I have three books. (aku memiliki tiga buku)

6. Difference Words

Difference words adalah jenis yang bertujuan untuk memberitahu jika ada hal lain dari noun (kata benda) yang sedang di bicarakan saat itu. Difference words meliputi another”, “else”, “any else”, dan “other”. Penggunaan difference words membantu memperjelas perbedaan kata-kata antara dua hal atau lebih dan mempermudah komunikasi.

Contoh kalimat nya:

  • Is there anything else to order? (apakah ada lagi yang mau di pesan?)

7. Introgratives

Pasti sudah nggak asing lagi sama jenis yang ini. Yap, jenis determiner yang ini sangat sering digunakan untuk menanyakan suatu hal. Introgatives hanya meliputi which, what” dan whose”. Which di gunakan untuk menanyakan suatu hal yang spesifik, khusus pada orang atau benda. What digunakan untuk menanyakan suatu hal yang umum seperti kesukaan. Whose digunakan untuk menanyakan tentang kepemilikan.

Contoh kalimat nya:

  • Whose doll you grab it? (Boneka milik siapa yang kamu ambil?)

Contoh-contoh Kalimat Determiner

  • I saw a cat. (Aku melihat seekor kucing.)
  • A dog barked at me this morning. (Seekor anjing menggonggong kepadaku tadi pagi.)
  • The city has many tall buildings. (Kota ini memiliki banyak gedung tinggi.)
  • An elephant is a large animal. (Gajah adalah hewan yang besar.)
  • These are books. (Ini adalah buku-buku.)
  • That is a car. (Ini adalah mobil.)
  • Those are cars. (Ini adalah mobil-mobil.)
  • My bag is over there. (Tas ku ada di sebelah sana.)
  • Their is my classmate (Mereka adalah teman kelas ku.)
  • Jonny is also her favorite idol. (Jonny juga idol favorit nya.)
  • His favorite food is same like me. (Makanan kesukaan dia juga sama dengan ku.)
  • The book. (Buku itu)
  • Each student has a book. (Setiap murid memiliki buku.)
  • I have some books. (Aku memiliki beberapa buku.)
  • Do you have any books? (Apakah kamu memiliki beberapa buku?)
  • I have no books. (Aku tidak memiliki buku.)
  • I have many books. (Aku memiliki banyak buku.)
  • This is the first book. (Ini adalah buku pertama.)
  • She is my favorite teacher. (Dia adalah guru favorit ku.)
  • My sister has five motor cycle. (Kakak perempuan ku memiliki lima sepeda motor.)
  • This is my third certificate of merit. (Ini adalah piagam penghargaan ku yang ketiga.)
  • The first chapter of the book is interesting. (Bab pertama dari buku ini sangat menarik.)
  • The cat is sleeping on the couch. (Kuing tidur di atas sofa.)
  • My sister has three cats. (Kakak ku memiliki tiga kucing.)
  • There are many people in the park. (Banyak orang di taman.)
  • This book is my english book. (Buku ini adalah buku bahasa inggris ku.)
  • That movie was really boring. (Film nya sangat membosankan.)
  • These cookies look delicious. (Biskuit ini terlihat enak.)
  • Those flowers are beautiful. (Bunga bunga itu cantik.)
  • This pencil is sharp. (Pensil ini tajam.)
  • Which one you love? (Mana yang kamu suka.)
  • Another glasses is more cute. (Kacamata yang lain lebih lucu.)

Nah, setelah pembahasan kita soal determiner sekarang kamu jadi paham kan. Sebenarnya materi determiner nggak terlalu sulit kok karena termasuk ke dalam basic grammar dan juga kita sering menjumpai nya di percakapan sehari-hari loh. Kalau kamu cari di internet materi ini nggak akan ada habisnya karena banyak banget referensi dan contoh-contoh kalimatnya, mungkin kamu juga akan bingung ya karena saking banyaknya referensi determiner.

Yuk, mulai untuk memahami, mengenal struktur kalimat yang wajib dan pelajari menyusun kalimat menggunakan determiner. Kalau kamu membutuhkan bimbingan dalam mempelajarinya, kamu bisa coba untuk mengikuti kursus di Fluentz, yang merupakan salah satu lembaga kursus bahasa Inggris online terbaik.  

 

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎