Contrastive Conjunction: Pengertian dan Contoh Kalimat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

 

Contrastive conjunction
“I can’t buy a new laptop unless I get a job”.

Halo English learners! Pasti teman-teman sudah tahu apa itu conjunction, di mana kalau dalam bahasa Indonesia disebut juga kata sambung. Nah, di dalam conjunction atau kata penghubung itu sendiri fungsinya menghubungkan dua kalimat bahasa Inggris. Conjunction juga mempunyai beberapa jenis. Salah satunya yang akan kita bahas di artikel ini yaitu contrastive conjunctionContrastive conjunction sendiri adalah bagian dari materi bahasa Inggris yang memainkan peran penting dalam membangun kalimat yang sifatnya tepat dan efektif. Kata-kata ini digunakan untuk menunjukkan perbandingan atau kontras antara dua atau lebih ide atau konsep. Dalam penggunaan sehari-hari, contrastive conjunction biasanya digunakan untuk mengutarakan perbedaan antara ungkapan dengan ungkapan, ide atau pernyataan.

Contrastive conjunction  membantu dalam membentuk struktur kalimat yang jelas dan efektif, dengan mengkombinasikan dua bagian kalimat yang memiliki makna yang berbeda. Kata-kata ini seperti “although”, “but”, “however” adalah beberapa contoh dari contrastive conjunction yang sering digunakan dalam bahasa Inggris.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian contrastive conjunction secara lebih detail, serta memberikan beberapa contoh kalimat contrastive conjunction yang menggunakan kata-kata ini untuk membantu pemahaman kamu. Melalui contoh-contoh yang akan kita bahas, kita akan melihat bagaimana kata-kata ini dapat membantu dalam menyampaikan maksud dan membentuk kalimat yang jelas dan efektif.

 

Pengertian Contrastive Conjunction

Contrastive conjunction adalah konjungsi atau kata sambung yang berfungsi untuk menghubungkan dua kalimat atau gagasan yang maknanya berbeda atau berlawanan (showing contrast). Hal-hal yang bersifat kontra. Jadi, konjungsi contrastive populer dan dikenal juga dengan istilah contrast conjunction.

Konjungsi yang bersifat kontra atau berlawanan memang sering digunakan dalam arah percapakan informal maupun formal. Maka dari itu, kamu pastinya familiar banget. Konjungsi seperti “though”, “although”, “even though”, “yet”, “but”, “however”, “despite”, “in spite of”, “even so”, “on the contrary”, “whereas”, “nevertheless”, dan “in contrast” adalah beberapa konjungsi dengan sifat ini. Konjungsi ini bisa digunakan untuk menghubungkan dua klausa atau dua kalimat yang berbeda.

Selanjutnya kita akan membahas contoh-contoh dari contrastive conjunction beserta contoh kalimatnya. Dan sekarang yuk lihat lebih jelas penggunaan dalam kalimatnya!

Even If

Even if ini jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah bahkan jika/walaupun/meskipun. Kata even if ini bisa diletakkan di awal kalimat atau juga bisa diletakkan di tengah kalimat, seperti contoh jika diletakkan di tengah kalimat:

      • “I will go to the hill even if it rains tomorrow.” (Aku akan pergi ke bukit walaupun akan turun hujan besok.)
      • “My boyfriend and I will see the concert even if my dad forbids me to.” (Pacarku dan aku akan pergi ke konser bahkan jika ayahku melarangku.)

Lalu jika kita ingin meletakkan kata even if di awal kalimat kalian harus meletakkan tanda koma sebelum kalimat kedua, seperti contoh:

      • Even if you never love me, I will always love you forever.” (Bahkan jika kamu tidak pernah mencintaiku, aku akan menyayangimu selamanya.)
      • “Even if only one person shows up, the speaker will still give their presentation as planned.” (Meskipun hanya 1 orang yang datang, pemateri masih akan memberikan presentasinya seperti yang direncanakan.)

Unless

Conjuctio yang satu ini mirip dengan except dan kata sambung unless artinya kecuali atau kecuali kalau. Sebenarnya sama seperti even if tadi, kata ini bisa diletakkan di awal kalimat atau juga tengah kalimat. Jika ditengah kalimat, seperti contohnya berikut ini:

      • “I can’t buy a new laptop unless I get a job”. (Aku tidak bisa membeli laptop baru kecuali jika aku dapat pekerjaan.)
      • “I will be mad unless you start to talk to me.” (Aku akan marah kecuali jika kamu yang berbicara terlebih dahulu kepadaku.)

Jika contoh kata di awal kalimat, seperti:

      • Unless it doesn’t rain, we will go for swimming.” (Kecuali jika tidak hujan, kami akan pergi berenang.)
      • Unless something unexpected happens, I will see you tomorrow.” (Kecuali kalau sesuatu yang diduga tidak terjadi, aku akan menemuimu esok hari.)

Baca Juga: Gerund: Pengertian dan Contoh Kalimatnya

However

Kata however jika diartikan didalam bahasa Indonesia adalah namun/akan tetapi. Tidak sama seperti kedua kata di atas, kata however ini biasanya terdapat di tengah kalimat. Memang mungkin di beberapa kalimat ada tetapi umumnya berada di tengah kalimat, seperti contoh:

      • “The weather was really bad. However, they still went on camping”. (Cuacanya sangat buruk. Akan tetapi, mereka tetap pergi berkemah.)
      • “That girl has much money. However, she isn’t happy at all.” (Gadis itu memiliki banyak uang. Akan tetapi, dia tidak bahagia sama sekali.)
      • “I admit that he is smart guy. However, I don’t like his personality.” (Aku akui dia adalah orang pintar. Akan tetapi, aku tidak suka dengan kepribadiannya.)

Though

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, though berarti meskipun/walaupun/namun/tetapi tergantung dengan kalimatnya. Kata though sering sekali disingkat menjadi tho. Walaupun ada huruf yang menghilang, namun artinya tetap sama. Kata though bisa berada di awal kalimat, di tengah kalimat serta di akhir kalimat.

Contoh kalimat dari kata though :

      • “Though she is young, she is very independent and capable of making her own decisions.” (Meskipun dia masih muda, dia sangat independen dan mampu membuat keputusan sendiri.)
      • “Though I’m sick, I always write an email for my sister.” (Meskipun aku sakit, aku menulis email untuk adikku.)
      • “He still climb mountain though he once broke his leg.” (Dia tetap mendaki gunung walaupun kaki nya pernah patah.)
      • “Though she was not initially interested in English literature, she fell in love with the subject after taking a class.” (Meskipun awalnya dia tidak tertarik pada sastra Inggris, dia jatuh cinta pada mata pelajaran tersebut setelah mengikuti kelas.)

Although / Even Though

Arti kata although dan even though sama dengan though, namun although dan even though tidak bisa disingkat. Penggunaan although dan even though hanya bisa di awal kalimat dan tengah kalimat, tidak bisa digunakan di akhir kalimat.

Contoh kalimat although dan even though di awal kalimat:

      • “Although they had a small chance of success, they decided to take the risk and go for it.” (Meskipun mereka hanya memiliki kesempatan kecil untuk sukses, mereka memutuskan untuk mengambil risiko dan mencoba.)
      • “Even though it is a fact, she has a hard time accepting that the relationship is no longer real.” (Meskipun itu fakta, dia kesulitan menerima bahwa hubungan itu sudah tidak nyata lagi.)

Contoh kalimat although dan even though di tengah kalimat:

      • “I will meet you at the park, although the weather is not good.” (Aku akan menemui mu di taman, walaupun cuacanya tidak bagus.)
      • “I won the competition, even though I’m the younger in this competition.” (Aku memenangkan kompetisi, meskipun aku yang paling muda di kompetisi ini.)

On the other hand

Frasa ini jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti di sisi lain/sebaliknya dan memiliki makna sama dengan while. Penempatan on other hand ini umumnya berada di tengah kalimat. Seperti contoh:

      • “On the other hand, while writing is a more formal form of communication, speaking allows for greater flexibility and creativity in expression.” (Di sisi lain, meskipun menulis adalah bentuk komunikasi yang lebih formal, berbicara memungkinkan fleksibilitas dan kreativitas yang lebih besar dalam ekspresi.)
      • “I want to go to the movie with my friends. But on the other hand, I also need to study for my exam.” (Aku ingin pergi ke bioskop dengan teman-teman. Tetapi di sisi lain, aku harus belajar untuk ujian.)
contrastive conjunction
Contoh kalimat contrastive conjunction

Yet / But

Kata ini yang paling sering digunakan, terutama kata but yang artinya tetapi, namun, akan tetapi. Penggunaan kata nya berada di tengah kalimat. Seperti ini contohnya:

      • “Though they are strangers, they quickly found a common ground in their interests and their conversation became less formal, yet still enjoyable.” (Meskipun mereka adalah orang asing, mereka dengan cepat menemukan titik kesamaan dalam minat mereka dan percakapan mereka ke arah percakapan informal, namun tetap menyenangkan.)
      • “They have had their differences, yet their relationship remains strong.” (Mereka memiliki perbedaan, namun hubungan mereka tetap kuat.)

Despite / In Spite Of

Penggunaan despite dan in spite of di ikuti juga dengan kata benda, kata ganti dan juga present participle. Despite dan in spite of memiliki arti yang sama yaitu meskipun, bagaimana pun, walaupun. Remember, penggunaan in dan of hanya pada spite saja.

Contoh kalimat :

      • I can’t enjoy my life despite now I live in comfortable home.” (Aku tidak bisa santai dengan hidupku meskipun sekarang aku tinggal di rumah yang nyaman.)
      • “In spite of the challenging circumstances, she has still managed to have a positive attitude.” (Meskipun dalam keadaan sulit, dia masih berhasil memiliki sikap positif.)

Nevertheless

Kata kata ini beberapa waktu lalu sering diperbincangkan karena menjadi judul dalam sebuah drama Nevertheless. Apa sih nevertheless itu? Nevertheless adalah meskipun demikian. Kata ini digunakan sebelum kalimat baru atau muncul setelah titik koma (;), seperti contoh:

      • “The examination was so hard. Nevertheless, I still managed to pass.” (Ujian itu begitu sulit. Meskipun demikian, aku masih bisa lulus.)
      • “The girl is annoyed with my attitude; Nevertheless, she still cares of me.” (Gadis itu tidak suka dengan kelakuanku; meskipun demikian, dia tetap peduli denganku.)

Itu tadi sedikit penjelasan tentang contrastive conjunction, yaitu jenis kata penghubung yang di gunakan dalam kalimat kalimat bahasa Inggris yang bersifat kontra. Semoga materi ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa Inggris. Teruslah semangat dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Karena di era sekarang ini hal itu sangatlah penting sekali. Untuk karir ataupun lifestyle.

Ada banyak cara dalam mempelajari bahasa Inggris, namun salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu adalah dengan mengikuti pelatihan bahasa atau kursus. Mulailah untuk mencari kursus bahasa Inggris online terbaik dari sekarang. Kenapa online? Karena belajar secara online membuat proses belajar jadi lebih simple dan efisien dari segi waktu dan tempat. Salah satu lembaga yang menyediakan hal tersebut adalah Fluentz. Dengan tutor professional dengan hanya menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas, akan lebih cepat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Karena praktik adalah kunci utama dari metode dari Fluentz ini. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website nya dengan mengklik link ini.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎