Penggunaan On In At pada Tempat

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Aturan penggunaan preposisi
“The dog is on the table”

Kebanyakan dari kita pasti sudah tahu jika bahasa Inggris adalah bahasa yang bisa kita bilang melekat di kehidupan kita sehari-hari. Walaupun tidak di semua percakapan kita menggunakan bahasa Inggris, tetapi, di setiap harinya pasti kita akan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Mengapa bahasa Inggris bisa dibilang sangat melekat di kehidupan kita? Jawabannya sangat simple, karena bahasa inggris adalah bahasa universal yang digunakan oleh 20 negara yaitu seperti Amerika Serikat, Australia, Irlandia, Irlandia Utara, Skotlandia, Wales, Selandia Baru, Singapura, India, Nigeria, Ghana, Liberia, Guyana, dan Kanada. Maka dari itu, kemungkinan besar kita pasti akan menemukan bahasa Inggris di berbagai aspek.

Tetapi apakah kalian tahu? Ternyata berbicara menggunakan bahasa Inggris bukan hanya ceplas-ceplos saja lho! Tetapi ada tata caranya agar kalimat yang kalian bicarakan menjadi kalimat sempurna.

Seperti di artikel kali ini, kami akan membahas tentang preposition. Apa itu preposition? Saya yakin kebanyakan dari kalian sudah pernah mendengar seperti in, at, atau juga at. Dalam menggunakan preposition ini bisa kita bilang lumayan membuat kalian rumit/ struggle dalam membuat kalimatnya. Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang aturan dasar dalam menggunakan preposition agar kalian tidak bingung lagi dalam membuat kalimat yang megandung preposition di dalamnya.

Apakah makna sebenarnya dari preposisi?

Preposisi adalah kata kecil dan biasanya sangat umum, yang menunjukkan arah (contohnya “to” dalam kalimat “a letter to you”), lokasi (contohnya “at” dalam kalimat “at the door”), atau waktu (contohnya “by” dalam kalimat “by noon”), atau memperkenalkan sebuah objek (contohnya “of” dalam kalimat “a basket of apples”). Biasanya, preposisi diikuti oleh sebuah objek, yang bisa berupa kata benda (seperti “noon”), frasa kata benda (seperti “the door”), atau kata ganti (seperti “you”).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, preposisi ada beberapa tipe, namun kali ini kita akan fokus penggunaan atau aturan dasar penggunaan preposisi untuk tempat. Lebih jelasnya, yuk simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Aturan penggunaan preposition of place

Preposition of place adalah preposisi yang digunakan untuk menunjukkan di mana sesuatu atau seseorang berada. Meskipun hanya ada tiga jenis preposisi tempat, tetapi preposisi tersebut bisa digunakan untuk membicarakan hampir tak terbatas tempat.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya, beserta contoh kalimat yang akan membuatmu lebih mengerti.

1. In

Biasanya kata ini digunakan ketika ada benda di dalam atau disebuah ruangan yang dikelilingi oleh sesuatu.
Berikut contoh kalimatnya:

  • “I have a key. The key is in my pocket.” (Saya mempunyai sebuah kunci. Kuncinya ada di dalam saku saya.
  • I have coffee in my mug. Unfortunately, I don’t have coffee in my mug.” (Saya mempunyai kopi di cangkir saya, tetapi sayangnya saya tidak mempunyai kopi di cangkir saya.)

Sebenarnya preposisi “in” juga bisa digunakan ketika kita ingin menerangkan sesuatu yang ada di dalam sebuah ruangan.

Berikut contoh kalimatnya:

  • “I left my bag in your office.” (Saya meninggalkan tas saya di ruang kerjamu.)

Dan juga kata “in” bisa digunakan ketika kita ingin menerangkan tentang area, provinsi, atau kota.
Contoh kalimatnya:

  • “I live in Bali” (Saya tinggal di Bali)

2. On

Jika kita ingin menerangkan kata ini, biasanya didefinisakan untuk sebuah benda yang berada di atas sebuah permukaan.

Contoh kalimatnya:

  • “This mug is on the table.” (Cangkar ini ada di atas meja.)

Tetapi permukaannya tidak harus horizontal bisa jadi jika permukaannya vertical juga bisa. Seperti contoh di bawah ini:

  • “My wall. I don’t have a painting on my wall. Do you have a painting on your wall?” (Dinding saya. Saya tidak memiliki lukisan di dinding saya. Apakah kamu mempunyai lukisan di dindingmu?)

Selain itu kata “on” juga bisa digunakan ketika merujuk kepada nama alamat. Dapat terlihat pada contoh di bawah ini:

  • I live on Arjuna Street” (Saya tinggal di jalan Arjuna.)
  • “My campus is on Udayana street” (Kampus saya ada di jalan Udayana.)

Kata “on” juga bisa digunakan untuk menunjuk ke TV, radio, atau channel. Seperti contoh berikut ini:

  • I saw her on TV last night, she looked stunning.” (Saya melihat dia di televisi tadi malam, dia terlihat cantik sekali.)
  • “I hear this song on the radio all the time.” (Saya mendengarkan lagu ini di radio setiap saat.)

Baca Juga: Apa Itu Nevertheless? Yuk Belajar Tentang Contrastive Conjunction!

3. At

Kata ini biasanya digunakan pada tempat / waktu yang spesifik.
Contoh kalimatnya:

  • “I will meet you at the gate.” (Nanti saya akan menemuimu di gerbang.)
  • “She is still at school.” (Dia tetap berada di sekolah.)

Selain itu, kata “at” juga biasa kamu gunakan untuk merujuk ke tempat publik. Seperti contoh ini:

  • “We need to stop at the supermarket on the way home.” (Kita harus berhenti di supermarket pada saat perjalanan pulang.)

Itu tadi materi tentang aturan dasar penggunaan preposition dari kita, semoga bisa menjadi bermanfaat dan menambah semangat dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Terus belajar dan jangan berhenti sampai kamu mencapai goal kamu. Di era sekarang, kamu bisa belajar secara otodidak memanfaatkan source yang ada di internet. Namun memang kalau kamu ingin belajar dan ada yang mendampingi, kamu harus punya tutor yang akan membantumu di semua hal. Jadi, kamu bisa mulai mencari kursus bahasa Inggris online terbaik di kotamu. Kenapa online, karena bagi saya belajar online lebih simple dan flexible. Salah satu Lembaga yang menyediakan hal tersebuat adalah Fluentz. Lembaga ini memiliki metode yang membuat kamu aktif di kelas, karena tutor hanya menggunakan bahasa Inggris di dalam kelas.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website Fluentz dengan mengklik link ini.

 

Referensi:

Merriam-Webster. Preposition. Online. Available at https://www.merriam-webster.com/dictionary/preposition. [Accessed on 5 December 2022]

Ginger. Preposition of Place. Online. Available at https://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/preposition/preposition-place/. [Accessed on 6 December 2022]

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎