Asal Mula Bahasa-Bahasa Di Dunia

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Sekitar dua per tiga penduduk didunia menggunakan dua bahasa internasional ialah bahasa Arab dan Inggris. Keduanya mempunyai akar sejarah yang sangat panjang dan merupakan warisan peradaban terbanyak khususnya bahasa Arab. oleh karena itu, tidak salah kalau para ahli mengatakan  bahwa , “Dengan menguasai Bahasa Arab dan Inggris, kita akan menguasai dua kehidupan dunia.”

Keberuntungan bahasa Arab terlihat berdasarkan kekayaannya seperti pengertian-pengertian niskala (abstrak) dan ketepatan makna (semantic prescision) serta kemungkinan pembentukan kata turunan (derivation). Hal ini berpengaruh terhadap munculnya superioritas sastra dan filsafat bahkan pada sains semacam ilmu matematika, kedokteran, ilmu bumi, dan tata Bahasa Arab sendiri pada masa-masa kejayaan Islam setelahnya.
Mereka membangun sekolah-sekolah bahasa, laboratorium bahasa dan beragam aktivitas kebahasaan, termasuk di antaranya lomba pidato bahasa asing di sekolah-sekolah. Pertanda kebahasaan tersebut sudah dipahami oleh para penggemar “pasar bahasa” didalam unsur pendidikan, politik, ekonomi, dan bahkan penerbitan.

Semenjak Bahasa Arab yang tersirat di dalam Al-Qur’an telah disampaikan berulang-ulang hingga sampai sekarang semua pengamat baik Barat maupun orang Muslim Arab menganggapnya sebagai bahasa yang mempunyai standar ketinggian dan keindahan linguistik yang tertinggi yang tiada taranya (the supreme of linguistic excellence and beauty).

Di sebuah universitas terkemuka di Inggris , seorang dosen linguistik  sudah menggunakan waktu selama puluhan tahun buat melihat  beberapa dokumentasi ilmiah, literatur, manuskrip, ensiklopedi, dan lain sebagainya untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. beliau ialah Prof. Dr. Tahiyya ‘Abdul ‘Aziz yang menuliskan buku berbahasa Inggris yang berjudul “Arabic Language the Origin of Languages” (Bahasa Arab, Asal-usul Bahasa-bahasa di Dunia).

Baca juga: Perbedaan Dan Contoh Kalimat Aktif Serta Kalimat Pasif 

Di dalam buku tersebut tercantum beberapa artikel dan esai serta kata-kata yang berpadanan (lafazh musytarak) seperti :

[1] antara Bahasa Arab dan Bahasa Latin,
[2] antara Bahasa Arab dan Bahasa Italia,
[3] antara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris,
[4] antara Bahasa Arab dan Bahasa Perancis,
[5] antara Bahasa Arab dan Bahasa Jerman,
[6] antara Bahasa Arab dan Bahasa Yunani,
[7] antara Bahasa Arab dan Bahasa Anglo-Saxon,
[8] antara Bahasa Arab dan Bahasa Eropa Kuno,
[9] antara Bahasa Arab dan Bahasa Hiroglypa,
[10] antara Bahasa Arab dan Bahasa Sansekerta, dan lain sebagainya.

2 alasan mengapa bahasa Arab adalah asal usul dari semua bahasa di dunia berdasarkan Prof. Dr. Tahiyya ‘Abdul ‘Aziz yakni antara lain :  setiap Huruf dalam Bahasa Arab mempunyai simbol, tanda, dan arti tersendiri misalnya adalah kata-kata huruf kha mengandung banyak arti yang tidak disukai atau dihindari, misalnya dalam kata Al-Khauf (ketakutan), Al-Khizyu (kehinaan), Al-Khajal (malu), Al-Khiyaanah (pengkhianatan), Al-Khalaa’ah (pencabulan), Al-Khinzir (babi), Al-Khizlaan (kekecewaan), dan lain sebagainya.

Contoh lainnya adalah kata-kata huruf ha’, di mana huruf tersebut memuat arti untuk sesuatu yang tajam dan panas, seperti Al-Hummaa (penyakit panas, demam), Al-Haraara (panas), Al-Hurr (yang bebas dan merdeka), Al-Hubb (kecintaan), Al-Hariiq (kebakaran), Al-Hiqd (kedengkian), Al-Hamiim (teman akrab), Al-Hamzhal (buah parai), Al-Hirriif (yang pedas), Al-Haraam (yang dilarang), Al-Hariir (kain sutera), Al-Hanaan (kasih sayang), Al-Haadd (yang tajam), Al-Haqq (kebenaran) dan sebagainya.

Kosakata Bahasa Arab amat luas dan kaya Bahasa Arab memiliki banyak sinonim (persamaan arti kata) misalnya Al-Asad yang artinya singa dan memiliki amat banyak sinonim. Di antaranya adalah Al-Laits, Al-Ghadanfar, As-Sabu’u,  Ar-Ri’baal, Al-Hizbar, Adh-Dhargaam, Ad-Dhaigam, Al-Wardu, Al-Qaswar, dan lain sebagainya.
Bahasa Arab juga memiliki banyak hal kata kegiatan, asal kata, dan urutan kalimatnya. Contohnya kata sifat  “good” dalam Bahasa Inggris dan “jayyid” dalam Bahasa Arab. Di mana keduanya terdengar sama dalam penyebutannya dan artinya adalah bagus. namun, kita akan menemukan kata lain yang merupakan derivasi (penyimpangan, yang berbeda) dari kata “jayyid” tersebut, yaitu Al-Jaud, Al-Jaudah, Al-Ijadah, Yujiidu, Yajudu, Jawaad, Jiyaad, dan lain sebagainya. Tetapi kita tidak dapat menjumpai kosakata lain yang berasal dari kata “good”. Bahasa Latin memiliki tujuh ratus akar kata dan Bahasa Saxonia mempunyai seribu akar kata saja. Sementara Bahasa Arab memilki enam belas ribu akar kata. Sementara itu bahasa-bahasa lainnya memiliki istilah yang terbatas.

Inti dari semua ini adalah, pemahaman terhadap bahasa sangatlah penting. Saat ini bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Di mana bahasa ini menjadi alat komunikasi di seluruh dunia, baik dalam kategori informal maupun bisnis. Hal ini menjadikan banyak orang-orang mempelajarinya lebih fokus lagi. Di era sekarang ini juga banyak orang yang mengikuti kursus bahasa Inggris online di mana hal ini memudahkan English learners untuk belajar.

Ada juga bahasa Jepang, Mandarin, Spanyol dan Korea yang permintaannya semakin tinggi dikarenakan pertukaran budaya. Semua ini tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing individu. Setelah memilih bahaya yang mau dipelajari, tinggal difokuskan untuk terus ditingkatkan. Yang nantinya diharapkan akan menunjang jenjang karir anda ke arah yang lebih cerah.

Saat ini bahasa Inggris masih menjadi bahasa yang memiliki demand yang tinggi di dunia. Memiliki skill bahasa Inggris adalah merupakan sebuah kewajiban. Hal ini akan meningkatkan karir anda jika bisa bebahasa Inggris. Mulailah belajar secara fokus untuk menguasai skill ini. Salah satunya anda bisa mengambil kursus bahasa Inggris online untuk membantu kamu mendapatkan skill ini.

JIka saat ini Anda memang membutuhkan lembaga kursus yang kredibel, Fluentz adalah solusi tepat.
Fluentz adalah lembaga pelatihan bahasa asing yang berkantor di Jakarta Pusat. Fluentz melayani kelas offline dan online di seluruh Indonesia. Fluentz menerapkan metode NFP (Natural, Fast and Powerful), metode yang dikembangkan dari teori language acquisition-nya Stephen Krashen, seorang fakar Bahasa yang buku-bukunya menjadi acuan dalam studi-studi tentang bahasa. Beliau menyatakan dalam mempelajari Bahasa baru harus fokus pada comprehensible input yaitu fokus pada pertukaran meaningful messages, practice and repetition. Dan Itu menjadi satu-satunya cara untuk menjadi fasih berbahasa.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program kursus Fluentz, klik disini.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎