14 Kata Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan. Berhenti Menggunakannya, Gunakan Alternatif Ini!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

14 Kata Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan. Berhenti Menggunakannya, Gunakan Alternatif Ini!

14 Kata Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan

 

14 Kata Bahasa Inggris Yang Sering Digunakan. Berhenti Menggunakannya! Gunakan Alternatif Ini – Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional sejak lama. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris tentunya akan meningkatkan value kamu. Sekarang, orang Indonesia cukup terlihat sering menggunakan bahasa Inggris. Dapat terlihat dari socmed, dan media lainnya. Dan kita tahu bahwa dalam bahasa Inggris banyak sekali kata-kata yang sering digunakan. Tapi, pernah nggak sih kamu berpikir kalau kata-kata tersebut banyak orang yang menggunakannya. Dan kesannya jadi terlalu sering. Apakah ada alternatif kata lain yang memiliki kata yang berbeda tetapi artinya tetap sama? Jawabannya ada! Dan ini akan membuatmu terdengar lebih advanced!

Maka dari itu, aku akan membagikan beberapa kata alternatif untuk kosakata yang terlalu sering muncul. Yuk, simak ulasan di bawah ini!

1. Like

Kata yang pertama adalah like. Daripada mengatakan “I like this” Kamu bisa mengatakan “I admire this” atau “I adore this”. Itu akan membuatmu sedikit lebih kuat yang berarti kamu benar-benar terpesona oleh sesuatu yang kamu kagumi.

Kamu juga bisa bilang “cherish” yang artinya adalah ada sesuatu yang penting bagi kamu.
Jika kamu berbicara tentang seseorang, misalnya kamu sedang jatuh cinta dengan seorang laki-laki atau dengan perempuan. Daripada mengatakan “I like her” kamu bisa bilang “I fancy her

2. Important

Yang selanjutnya adalah Important. Kata ini sering digunakan pada saat kamu memulai bahasa Inggris. Tetapi kamu dapat mengatakan “vital” yang berarti kamu tidak bisa hidup tanpanya. Misalnya “My salary is vital to me, because without it I would not survive”

Kamu juga bisa menggunakan kata “significant”. Misalnya, jika kamu berbicara tentang seseorang yang penting bagi kamu seperti orang yang kamu cintai, kamu bisa bilang “a significant other” dan frasa ini banyak digunakan di Amerika Serikat karena ketika kamu mengundang pasangan, kamu bisa mengatakan “Please come over and bring you a significant other” karena kamu tidak tahu apakah mereka sudah menikah atau mungkin masih berkencan sehingga kamu bisa mengatakan “a significant other” yang artinya bahwa seseorang itu penting bagi kamu.

Kamu juga bisa menggunakan kata “essential”. Misalnya untuk hal-hal yang penting bagi kamu untuk menjaga rutinitas harian kamu. Contohnya seperti “My phone is an essential part of my life because I need it for my business and for calling my parents

3. New

Kata ini sering digunakan berulang-ulang dalam bahasa Inggris, seperti new product, new day, new week, dan lain sebagainya. Tetapi ada beberapa kata yang dapat kamu gunakan, misalnya “update”. Contohnya seperti daripada mengatakan “This is a new version of an iPhone” lebih baik mengatakan “This is an updated version of an iPhone”. Karena kata “update” terlihat lebih akurat karena kamu sedang berbicara tentang peningkatan yang mereka bawa ke versi baru.

4. Really

Kata berikutnya adalah Really. Kita sering menggunakannya berulang-kali. Daripada mengatakan “I really love you” kamu bisa mengatakan “I love you to the moon and back” sehingga ada ekspresi berbeda yang dapat kamu gunakan untuk menggantikan kata really.

5. And

Selanjutnya adalah And. Daripada mengatakan “and’ dan dapat mengatakan moreover, in addition to, atau furthermore. Kata seperti ini dapat membuat cara bicaramu lebih beragam. Dan terlihat lebih keren tentunya. Jadi, mulai sekarang pakai kata alternatif ini!

6. Interesting

Kata ini juga sangat sering digunakan dan bisa diganti dengan banyak kata-kata, seperti cool dan mesmerizing. Misalnya kamu bisa mengatakan “This is cool” dan “This is mesmerizing” daripada mengatakan “This is interesting

7. Good

Jika kamu benar-benar ingin memberitahu seseorang bahwa kamu terkesan dengan hasilnya, jangan katakan “good result” kamu bisa mengatakan amazing, fascinating, mesmerizing, ataupun impressive. Ada banyak kata yang terlihat lebih kuat daripada “good

Baca Juga: Tips Percaya Diri Ngomong Menggunakan Bahasa Inggris

8. Smart

Banyak orang menggunakan kata smart sepanjang waktu, tetapi kamu bisa menggantinya dengan kata lain. Misalnya, kamu bisa bilang clever, brilliant, quick-witted, wise, dan genius. Kamu bisa menggunakan kata ini daripada menggunakan kata “smart

9. Explain

Kata ini juga sering digunakan, tetapi kamu juga dapat menggantinya dengan kata “elaborate”. Kamu bisa mengatakan “Could you please elaborate on that little more” daripada mengatakan “Could you explain this once again

Kamu juga dapat menggantinya dengan “clarify”, misalnya kamu dapat mengatakan “Could you clarify that for me”.

10. Thing

Kata berikutnya adalah thing, kata ini sering digunakan seperti “I like this thing” atau “This is a really interesting thing”. Daripada mengatakan “thing” kamu dapat menggantinya dengan “concept”, tetapi kamu harus benar-benar berada dalam konteks dan melihat sinonim lain yang dapat kamu gunakan selain kata “thing”. Karena kata “thing” terdengar sedikit awkward karena itu berarti kamu seperti tidak memahami apa konteks yang kamu bicarakan karena kamu sering mengatakan kata “thing”

11. See

Kata ini memiliki banyak sinonim yang bisa digunakan untuk menggantikan kata tersebut. Misalnya adalah glimpse, kamu bisa mengatakan glimpse at someone” daripada “see at someone”. Ada juga stare yang artinya kamu melihat seseorang dengan lama.
Observe juga bisa menggantikan kata see, seperti “I’m observing something” .
Dan juga notice, kamu bisa mengatakan “You notice something” daripada “You see something

12. Also

Ini sama seperti kata and, kamu dapat mengganti kata ini dengan furthermore, in addition to, dan moreover. 

13. Change

Adanya banyak sinonim dari kata Change. Kamu bisa menggantinya dengan kata adjust, seperti “Can you adjust my shirt a little bit so it fits better”.
Transform juga bisa menggantikan kata change, misalnya “This company has completely transformed the market” dan juga modify. 

14. Said

Pasti kamu sering menggunakan kata said seperti I said, she said, he said, dan lain sebagainya, padahal ada banyak sekali kata yang dapat menggantinya. Misalnya adalah claimed, seperti “I claim that I was complete the project by some date”.
Ada juga kata state, kamu bisa mengatakan “In his speech he stated that this will take over year”. Kamu bisa juga menggunakan declare, argue, suggest, dan explain.

Itulah beberapa kata yang sering orang-orang gunakan, mulai sekarang coba untuk mengubah beberapa kata di setiap kalimatmu agar cara bicaramu terlihat beragam. Hal ini penting untuk dilakukan, untung menambah perbendaharaan kosakata. Apalagi jika kamu ingin mengikuti ujian IELTS atau TOEFL, orang benar-benar memperhatikannya dan jika kamu tidak cukup menggunakan kata-kata itu, mereka akan benar benar mengurangi nilai kamu, jadi ubahlah cara bicaramu agar lebih terlihat beragam.

Nah, itulah kosakata alternatif yang bisa kamu pakai dalam percakapan sehari-harimu. Namun, akan lebih bagus lagi jika kamu terus untuk meningkatkan bahasa Inggrismu dengan memiliki tutor berbayar. Karena hal ini akan membuatmu lebih bertanggung jawab akan biaya yang sudah kamu keluarkan. Coba cari kursus bahasa Inggris online terbaik di kotamu. Lembaga kursus yang menyediakan active environment class. Fluentz adalah lembaga bahasa asing yang memiliki metode tersendiri, yang disebut NFP (natural, fast, powerful). Di kelas hanya menggunakan bahasa Inggris bersama tutor bersertifikat C1 dari CEFR. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website Fluentz atau menghubungi CS-nya di nomor +62 813-7645-4665.

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎