10 Kosakata Bahasa Inggris Advanced Untuk Menggantikan Kata “Very”

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

 

10 Kosakata Bahasa Inggris Advanced Untuk Menggantikan Kata “Very"
She’s undeniably beautiful

Halo English learner! Di artikel kali kita akan membantu kamu untuk memperkaya pembendaharaan kosakata kamu sehingga nantinya bisa berbicara bahasa Inggris lebih aktif lagi dengan membagikan beberapa kosakata untuk bahasa Inggris advanced. Kosakata yang bisa menggantikan kata very.

Contohnya, dari pada bilang, “I was very tired”, kamu bisa bilang “I was utterly exhausted”. Atau contoh lain, “It was very difficult” kamu bisa bilang, “It was exceedingly difficult”. Dan tambahan juga, di artikel ini kita juga akan menyertakan beberapa contoh kalimat yang bisa kamu terapkan di berbagai situasi.

Mungkin banyak yang bilang, kenapa kita harus menggunakan advanved vocabulary, padahal dengan menggunakan kosakata yang simple saja sudah cukup. Sebenarnya ini tergantung dengan tujuanmu dalam belajar bahasa Inggris. Kalau hanya untuk berbicara di kehidupan sehari-hari memang cukup, namun dengan memiliki pembedaharaan kosakata bahasa Inggris yang kaya kamu akan mendapatkan banyak benefit, beberapa di antaranya, kamu akan menjadi komunikator yang lebih efektif, kamu bisa mengekspresikan ide dengan lebih jelas dan dengan memiliki pembendaharaan kosakata bahasa Inggris advanced akan membantu kesuksesan karirmu.

Perbedaan Bahasa Inggris standar dan advanced

Sebelum kita membahas beberapa contoh advanced English untuk kata very, ada baiknya kita bahas dulu apa sih bedanya standar English dan advanced English? bahasa Inggris Standar memberikan kemampuan untuk membaca dan meninjau berbagai teks. Ini membantu kita berinteraksi dengan efektif. Bahasa Inggris advanced mengembangkan kecakapan dalam bahasa Inggris dan membantu menganalisis teks kompleks dan membahasnya secara detail. Nah, kalau kamu berbicara dalam bahasa Inggris advanced, kamu bisa dengan mudah meninggalkan kesan “well-educated” pada seseorang.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa kalimat bahasa Inggris advanced.

  • Standard English: She got married.
  • Advanced English: She got hitched.

Kalimat di atas sama-sama berarti “Dia sudah menikah” namun ditulis berbeda. Kamu mungkin familiar dengan kalimat yang pertama, tapi native speaker kemungkinan sering menggunakan advanced English dalam kehidupan sehari-harinya.

  • Standard English: Let’s make things more exciting.
  • Advanced English: Let’s spice things up.

Pada contoh di atas, frasa ‘membuat hal-hal menjadi lebih menarik’ diganti dengan frasa ‘menambahkan bumbu pada hal-hal tersebut’. Kata ‘bumbu’ di sini mengacu pada kegembiraan. Begitulah penggunaan advanced English yang cukup esensial. Sekarang, yuk kita bahas kata advanced untuk menggatikan kata very.

1. Woefully

Kata yang pertama adalah woefully yang mana kata ini biasanya digunakan untuk sesuatu yang negatif. Contohnya, dari pada bilang, “I was very unprepared for the test.” Lebih baik bilang, “I was woefully unprepared for the test” (Saya sangat tidak siap untuk menghadapi ujian).”

Kata woefully sendiri berasal dari kata benda woe yang berarti great sadness, trouble atau kesengsaraan. Ketika sesuatu yang buruk yang tidak kita inginkan terjadi kita pakai woefully. Seperti contoh frasa dan kalimat di bawah ini.

  • Woefully inadequate. (Sangat tidak memadai.)
  • Woefully inefficient. (Sangat tidak efisien.)
  • Woefully uninformed. (Sangat tidak terinformasi.)
  • Woefully unprepared. (Sangat tidak siap.)
  • Those employees are woefully underpaid. (Para karyawan tersebut dibayar sangat rendah.)
  • The school’s textbooks are woefully out-of-date. (Buku teks sekolah tersebut sangat ketinggalan zaman.)

Saya juga pernah membaca dalam majalah forbes, yang bunyinya. “That country has woefully inadequate roads, telecommunications and educational facilities”. (Sumber dari majalah forbes, Des. 21 1992, Stewart Pinkerton)

2. Exceedingly

Dari pada bilang “You did very well in that class” Kamu bisa bilang “You did exceedingly well in that class” Kata “exceed” memiliki arti unggul atau melampaui/lebih baik dari standar yang ada. Kamu bisa bilang “This restaurant exceeded my expectations (Restoran ini melampaui ekspektasi saya)” Dan sangat sering kata exceedingly dipasangkan dengan beberapa kata sifat, berikut contoh frasa dan kalimatnya di bawah ini.

  • Exceedingly difficult. (Sangat sulit.)
  • Exceedingly complex. (Sangat kompleks.)
  • Exceedingly rare. (Sangat jarang.)
  • Exceedingly smart. (Sangat pintar.)
  • He had a long and exceedingly happy career. (Dia memiliki karir yang panjang dan sangat bahagia.)

Saya juga pernah menemukan penggunaan kata ini dalam ulasan online yang bunyinya, storage space in the cabins is exceedingly generous and well-thought out (Ruangan penyimpanan di kabin sangat luas dan dirancang dengan baik).

3. Undeniably

Dari pada bilang “He’s very talented”, lebih baik bilang “He’s undeniably talented” Kata “undeniably” sendiri berasal dari kata “deny” yang berarti menyangkal. Jadi undeniably berarti sepenuhnya benar, tidak bisa dibantah atau secara jelas.

Contoh dalam kalimat lengkapnya.

  • He’s undeniably qualified for the job. (Dia secara jelas memenuhi syarat untuk pekerjaan itu.)
  • She’s undeniably beautiful. (Dia secara jelas cantik.)
  • These events will have an undeniably profound effect on the economy. (Kejadian-kejadian ini akan memberikan efek yang sangat dalam pada ekonomi.)
  • Her eyes were undeniably stunning. (Matanya secara jelas memukau.)

4. Utterly

Dari pada kamu bilang “That’s completely crazy!”, lebih baik bilang “That’s utterly absurd!”. Kata utter digunakan untuk menekankan sesuatu secara menyeluruh (complete). Contohnya, “That’s utter nonsense! (Itu sama sekali tidak masuk akal!)”. Dan kata “utterly” memiliki arti yang sama dengan “completely”.

Berikut contoh frasa dan kalimat lengkapnya.

  • Utterly amazed. (Sangat kagum.)
  • Utterly convinced. (Sangat yakin.)
  • Utterly confused. (Sangat bingung.)
  • I find their writing utterly repulsive. (Saya merasa tulisan mereka sangat menjijikkan.)

Kata repulsive artinya menjijikan, digunakan ketika kamu sangat tidak suka, benci terhadap sesuatu. Dari pada bilang “I hate their writing”, lebih baik bilang “I find their writing utterly repulsive”.

5. Dramatically

Dari pada bilang “Your English has improved a lot”, kamu bisa bilang “Your English has dramatically improved”. Kata dramatically sendiri memiliki arti secara dramatis, dipakai ketika kamu menemukan suatu hal yang bagus, atau mencapai tingkatan yang jauh lebih baik secara tiba-tiba yang membuat orang terkagum-kagum atau sebaliknya. Mungkin kalau diterjamahkan ke dalam bahasa Indonesia secara literal akan terdengar sedikit aneh, namun begitulah kata ini dipakai dalam bahasa Inggris advanced.

Berikut contoh penggunaan dalam frasa dan kalimat.

  • Dramatically different. (Secara dramatis berbeda)
  • Dramatically worse. (Jauh lebih buruk secara dramatis.)
  • Dramatically better. (Jauh lebih baik secara dramatis.)
  • Knowing and being passionate about your goals will dramatically increase your productivity. (Mengetahui dan memiliki gairah terhadap tujuanmu akan meningkatkan produktivitasmu secara dramatis.)
  • Most soldiers experienced dramatically altered lives when they returned. (Kebanyakan prajurit mengalami perubahan hidup secara dramatis ketika mereka kembali.)

Baca Juga: 10 Kosakata Bahasa Inggris Advanced untuk IELTS, Kerja dan Kuliah

6. Unimaginably

Kata selanjutnya yang bisa kamu pakai untuk menggantikan kata very adalah unimaginably. Kata tersebut berasal dari kata imagine. Dan kata unimaginable artinya adalah sulit untuk dibayangkan dan dimengerti. Betuk adverb-nya adalah unimaginably. Berikut contoh penggunaanya dalam kalimat.

  • It makes me unimaginably sad. (Hal ini membuat saya sangat sedih, hampir tak terbayangkan.)
  • It is unimaginably hard to do this. (Sangat sulit untuk melakukan ini, hampir tak terbayangkan.)
  • Human vision is made possible by an almost unimaginably complex biological system. (Penglihatan manusia dimungkinkan oleh sistem biologis yang hampir tak terbayangkan kompleksnya.)
  • You are unimaginably naïve! (Kamu sangat polos, hampir tak terbayangkan!)

7. Inconceivably

Dari pada bilang “It was very difficult”, lebih baik bilang “It was inconceivably difficult”. Dan kata conceive memiliki arti imagine atau membayangkan sesuatu. Jadi adverb “inconceivably” artinya secara masuk akal. Berikut beberapa contohnya.

  • The tickets were not cheap. In fact, they were almost inconceivably expensive. (Tiket-tiket itu tidak murah. Bahkan, harganya hampir tidak terbayangkan mahalnya.)
  • He’s an inconceivably wealthy and powerful person. (Dia adalah orang yang kaya dan berkuasa dengan jumlah yang hampir tidak terbayangkan.)

8. Extremely

Kata “extremely” mungkin kata yang paling sering kamu temui dari daftar ini. Kata ini memiliki arti sangat, terlalu atau benar-benar. Untuk lebih jelas tentang penggunaannya, mari kita lihat beberapa contoh berikut.

  • I was extremely tired after the long hike. (Saya sangat lelah setelah pendakian yang panjang.)
  • This problem is extremely difficult to understand. (Masalah ini sangat sulit untuk dipahami.)
  • The process of applying for any loans was extremely straight-forward and easy. (Proses pengajuan pinjaman sangat mudah dan langsung ke depan.)

9. Particularly

Kata “particularly” juga mungkin terdengar umum untuk kalian. Kata ini memiliki arti especially atau lebih dari biasanya. Dari pada bilang, “That’s a very dangerous job” lebih baik bilang “That’s a particularly dangerous job”. Dan kata particularly biasanya orang-orang gunakan pada hal yang memiliki kecenderungan negatif, seperti pada contoh berikut:

  • I wasn’t particularly happy with that. (Saya tidak terlalu senang dengan itu.)
  • It wasn’t particularly surprising. (Itu tidak terlalu mengejutkan.)
  • There’s nothing particularly exciting about it. (Tidak ada yang terlalu menyenangkan tentang itu.)

10. Vastly

Kalau sesuatu diketegorikan vast artinya luas sekali atau sangat banyak. Jadi kata vastly berarti sangat, sangat/melampaui dari standar. Berikut contoh penggunaannya dalam frasa dan kalimat:

  • Vastly different. (Sangat berbeda.)
  • Vastly superior. (Jauh lebih unggul.)
  • Vastly inferior. (Jauh lebih rendah.)
  • Vastly improved. (Jauh lebih baik.)
  • Humans are vastly more social than most other mammals. (Manusia jauh lebih sosial daripada sebagian besar mamalia lainnya.)
  • Foreign laws and legal systems can be vastly different than our own. (Hukum dan sistem hukum asing bisa jauh berbeda dengan milik kita sendiri.)

Demikianlah kosakata advanced bahasa Inggris yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan level bahasamu. Teruslah manfaatkan source yang ada di internet. Kamu bisa gunakan secara gratis dalam pembelajaran secara mandiri. Tapi kalau kamu ingin belajar secara terarah, bisa kamu pertimbangkan untuk mendaftar kursus bahasa Inggris yang nantinya kamu akan ada tutor professional yang membimbingmu.

Dengan adanya tutor yang sekaligus sebagai language partnermu, akan sangat membantu untuk meningkatkan kefasihanmu. Saya pribadi menyarankan untuk belajar online saja, dengan belajar online belajar jadi lebih flexible dari segi tempat dan waktu. Jadi mulai sekarang coba untuk mencari kursus bahasa Inggris online terbaik yang ada di kotamu. Dan salah Lembaga kursus yang menyediakan hal tersebut adalah Fluentz. Lembaga ini hadir dengan metode berbeda dari yang lain. Mereka mempunyai metode yang disebut NFP (natural, fast, powerful). Di kelas hanya menggunakan bahasa Inggris dengan tutor sudah memiliki sertifikat dari British Council. Praktek adalah kunci dari metode ini. Untuk informasi leboh lanjut silahkan untuk mengunjungi websitenya dengan mengklik link ini.

 

Referensi:

Oxford school of English. Difference between Standard English and Advanced English. Online. Available at https://www.oxfordschoolofenglish.in/difference-between-standard-and-advanced-english.php. [Accessed on 25 November 2022]

 

Fluentz perfect for online courses and other institutes. It’s a complete solution with lms features and functionalities.

Contact Us

STC Senayan Lantai 2 Ruang 89 Jalan Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270.

0813-9176-8718

 

Chat Sekarang
Hari ini sedang ada Promo bonus sampai 5 sesi! Yuk, langsung chat Mimintz 😎